Angka Kriminalitas di Musi Rawas Tahun 2020 Menurun

MUSI RAWAS, SH – Angka kasus kriminalitas di wilayah Kabupaten Musi Rawas selama tahun 2020 menurun sekitar 53 persen dari tahun sebelumnya 2019. Hal ini disampaikan Kapolres Musi Rawas AKBP Efrannedy dalam pers rilis akhir tahun 2020, di Mapolres Musi Rawas, Kamis (31/12/2020).

“Untuk dibidang kriminalitas, selama tahun 2020 apabila dibandingkan tahun 2019, alhamdulilah terjadi penurunan kejadian, dimana di tahun 2019 jumlah kejadian sebanyak 537 kasus dengan penyelesaian sebanyak 420 kasus. Sementara angka kasus di 2020 sebanyak 281 kasus berarti turun sebesar 256 kasus atau sekitar 53 persen,” jelas Kapolres.

Untuk kasus yang berhasil diselesaikan mengalami peningkatan yakni sebanyak 312 kasus, artinya lanjut Kapolres menerangkan, terjadi kelebihan penanganan kasus sebanyak 31 kasus atau meningkat sebesar 108 persen.

“Ini merupakan prestasi dari tim penyidik kita serta kerja keras dari masing-masing kasat dalam melakukan imbauan secara preventif dan kegiatan pencegahan oleh Polres Musi Rawas,” terangnya.

Sementara dibidang narkoba mengalami penurunan kasus, hal ini dinilai cukup berhasil terutama dalam melakukan upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba dan  keberhasilan personil dalam pengungkapan kasus.

“Untuk kasus narkoba yang sangat menonjol yakni di bulan Agustus, kita berhasil mengungkap kasus dengan barang bukti 100 butir pil ekstasi. Kemudian di bulan September dengan barang bukti ekstasi di atas 100 butir dan di bulan Oktober berhasil mengungkap peredaran sabu-sabu seberat 10,13 gram,” urainya.

Dalam pers rilis yang di hadiri Wakapolres dan kasat tersebut, Kapolres juga menyampaikan upaya yang telah dilakukan Satlantas Polres Musi Rawas dalam menekan angka lakalantas di wilayah Musi Rawas. Dimana, pada 2019 terdapat 96 kasus lakalantas dengan jumlah korban meninggal sebanyak 63 orang.

Sementara di tahun 2020 kasus lakalantas mengalami penurunan sebesar 53 persen dengan jumlah kasus sebanyak 45 kasus dan angka korban meninggal sebesar 52,38 persen.

“Menurunnya angka lakalantas ini juga atas upaya pencegahan, imbauan dan patroli rutin yang dilakukan personil dilapangan,” katanya.

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat Musi Rawas, menjelang malam tahun baru untuk tidak melakukan aktivitas perayaan dengan berkumpul yang menyebabkan kerumunan, dalam situasi Pandemi Covid-19 ini, menaati protokol kesehatan yang ketat harus dilakukan.

“Mari sama-sama kita menjaga, memelihara keamanan dan ketertiban agar terciptanya Musi Rawas yang kondusif, aman dan sehat,” ringkasnya.

Editor: J. Silitonga

sumateraheadline

Portal berita sumateraheadline.com akan selalu berusaha menyajikan informasi terkini secara cepat dan akurat. Dikemas dalam sebuah berita yang berimbang dan terpercaya dan beralaskan pada rambu-rambu kode etik jurnalistik dan pedoman media siber. Kami harapkan kritikan dan masukan yang positif dari para pembaca dan pengikut portal berita sumateraheadline.com yang mengarah kepada penyempurnaan situs berita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *