Rapat Paripurna HUT Kabupaten Muratara Ke 5 Berlangsung Sukses

MURATARA, Sumatera Headline – Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) ke 5 tahun, ditandai dengan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Muratara. Acara yang dilangsungkan di Gedung DPRD, Senin (11/6/2018) itu berjalan dengan cukup khidmat dan sukses.

Tampak hadir Gubernur Sumatera Selatan, H Alez Noerdin, beberapa perwakilan dari DPR RI, kepala daerah dari kabupaten/kota tetangga, tokoh agama, jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dan forum OPD serta para undangan lainnya.

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Muratara, Efriyansah S.sos, didampingi oleh Wakil Ketua I, Hendri, Ketua II, H A Sadak dan dahadiri juga oleh Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat, Wakil Bupati Muratara, H Devi Suhartoni, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.

Dengan mengambil tema ‘Semangat Peringatan Hari Jadi ke-5 Kabupaten Muratara, Kita Wujudkan Kerja Sama, Nyata, Berkualitas dan Transparan Menuju Muratara Bangkit serta Kita Sukseskan Pelaksanaan Pilkada Serentak dan Asian Games XVIII’.

Bupati Muratara, H Syarif Hidayat dalam sambutannya menyampaikan, dengan di usia nya yang ke lima tahun ini, komitmen dan semangat bersama akan membenahi kabupaten ini menjadi lebih baik lagi sehingga nantinya akan sejajar dengan kabupaten lain yang ada di Sumsel.

Dengan komitmen yang kuat dari semua stekholder katanya, tingkat pengangguran di daerah ini akan di turunkan untuk saat ini angka tingkat pengganguran terbuka 6.11 persen tertinggi ke-3 dari kabupaten/kota se Sumsel.

Sementara angka indek pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Muratara 62.32 persen yang mengalami peningkatan 0.73 persen sejak tahun 2016.

Untuk angka kemiskinan jelasnya mengalami penurunan 0.1 persen dari tahun 2016, tentu capaian ini masih peringkat ke 16 dari kabupaten/kota se Sumatera Selatan.

“Untuk itu pada saat ini kami fokus pada insfratruktur dasar, jalan, jembatan, air bersih, sinitasi dan listrik lingkungan, serta Keseshatan dan Pendidikan,” ujarnya.

Dalam sambutannya itu bupati juga menguraikan pencapaian pembangunan jalan yang telah dilakukan hingga awal tahun 2018 ini yakni sepanjang 524 kilometer jalan aspal.

“Sementara pembangunan jaringan listrik awal 2016 terdapat 64 desa telah dialiri listrik dan awal 2018 tinggal 1 desa yang belum dialiri listrik dari 82 desa 7 kelurahan dan 7 kecamatan, target kami akhir 2018 setiap desa semua sudah masuk listrik,” terangnya.

Selain infrastruktur, pemerintah juga fokus pada bidang pertanian, dimana pemanpaatan lahan tidur atau lahan terlantar masyarakat menjadi prioritas sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan pertanian masyarakat.

“Disisi lain pemerintah juga telah membangun SDM Muratara yang berakhlakul karimah dengan mengirim 300 putra-putri Muratara agar hafiz quraan di pondok-pondok pesantren ternama di pulau Jawa,” urainya.

Sementara itu lanjutnya, pemerintah juga memberikan perhatian penuh kepada anak-anak suku dalam yang ada di daerah ini dengan memberikan kesempatan bersekolah dimana akan baru dimulai pembangunan asrama SAD.

“Termasuk pembangunan dalam bidang pelayanan pada masyarakat juga kita fokuskan seperti kesehatan,” ucapnya.

Oleh karena itu, keberhasilanan pembangunan tidak lain adalah untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat menuju Muratara Bangkit 2021.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam sambutanya menyampaikan pada 2018 ini Jakarta dan Palembang terpilih menjadi tuan rumah ajang perhelatan Asian Games ke XVIII, untuk itu dirinya meminta dukungan semua masyarakat untuk ikut menyukseskan event internasional tersebut.

“Asian Games 2018 ini merupakan event terbesar dibidang olah raga se Asia Tenggara, sehingga kita berharap daerah kita harus zero konflik,” katanya.

Selain itu, pada tahun politik ini juga mengingatkan masyarakat pada Pilkada serentak untuk datang ke TPS menggunakan hak suara untuk memilih dan jangan sampai salah pilih pemimpin.

Di usai ke lima tahun ini ungkap gubernur, semoga Kabupaten Muratara bisa secepatnya bangkit sehingga mampu mensejajarkan diri dengan kabupaten lainnya.

“Semoga menjadi kabupaten lebih baik lagi kedepan dan masyarakatnya yang makmur, aman, cerdas dan bermartabat,” katanya. Adv (Jhuan)

sumateraheadline

Portal berita sumateraheadline.com akan selalu berusaha menyajikan informasi terkini secara cepat dan akurat. Dikemas dalam sebuah berita yang berimbang dan terpercaya dan beralaskan pada rambu-rambu kode etik jurnalistik dan pedoman media siber. Kami harapkan kritikan dan masukan yang positif dari para pembaca dan pengikut portal berita sumateraheadline.com yang mengarah kepada penyempurnaan situs berita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *