Home / Musi Rawas / New Normal / PWI / Sumsel

Kamis, 16 Juli 2020 - 10:17 WIB

Menuju Tatanan New Normal, PWI Musi Rawas Laksanakan Rapid Test

Tahap pertama lima anggota PWI Mura di Rapid Test, hasilnya tidak reaktif

MUSI RAWAS, SH – Guna mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas (Mura) melakukan repid test untuk anggotanya yang dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan (Dinkes) Mura di Muara Beliti, Kamis (16/7/2020).

Repid test ini dilakukan secara bertahap dengan target sebanyak 50 wartawan yang bertugas di Kabupaten Mura. Sedangkan untuk tahap pertama dilakukan untuk lima wartawan yang semua hasilnya non reaktif.

Ketua PWI Kabupaten Mura, Noviansyah mengatakan, kegiatan rapid test sendiri menindak lanjuti intruksi dari PWI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan tujuan untuk mencegah penularan Covid-19 pada profesi Pers.

Pengurus PWI Musi Rawas, Firmansyah saat melakukan Rapid Test

“Hari ini ada lima anggota PWI Mura yang dirapid test. Ahlamdulillah semua hasilnya non reaktif. Ini baru tahap pertama sebanyak lima orang, karena target kita 50 orang,” kata Novi.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Sumsel, 478 Orang Sembuh dan 703 Orang Masa Penyembuhan

Dikatakannya, untuk selanjutnya bagi anggota PWI Kabupaten Mura yang ingin melakukan Rapid Test, maka dipersilahkan dan berkoordinasi dengan Dinkes Mura. Menurutnya, rapid test bagi wartawan ini sangat penting, mengingat profesi wartawan merupakan profesi yang riskan tertular Covid-19.

“Apalagi kegiatan seorang wartawan yang turun langsung dan bertemu dengan masyarakat yang tidak kita ketahui apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak. Terlebih, saat ini di luar Kabupaten Mura banyak wartawan yang terpapar,” pungkasnya.

Baca juga:

Sementara itu, Kepala Dinkes Mura, Hj Mifta Hulmmi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Edwar Ziliyar menyampaikan apresiasi kepada PWI Kabupaten Mura yang sudah ikut serta mencegah Covid-19 dilingkungan Pers dengan melakukan Rapid Test.

Baca Juga :  Media Gathering Bersama Bawaslu Musi Rawas, Peran Pers Dalam Menyukseskan Pilkada Musi Rawas

“Sebelumnya PWI Kabupaten Mura mendapat bantuan rapid test dari Gubernur Sumsel sebanyak 50 alat rapid. Hari ini tahap pertama lima orang melakukan tes. Hasilnya semuanya non reaktif,” ungkapnya.

Anggota PWI Musi Rawas, wartawan Harian Musi Rawas Ekspres, Eko saat melakukan Rapid Test

Menurutnya, hal ini penting dilakukan bagi seorang wartawan, karena pekerjaannya yang menuntut langsung bertatap muka dengan masyarakat luas.

“Setelah ini, kami Dinkes Mura akan menerbitkan surat keterangan bebas Covid-19 bagi yang negatif. Sedangkan nanti jika memang ada wartawan yang reaktif, kita tindak lanjuti dengan swab. Kalau positif langsung kita berikan tindakan,” tutupnya.

Editor: J. Silitonga

Sumber: PWI Mura

Share :

Baca Juga

Lubuklinggau

Lubuklinggau Utara II Juara Umum MTQ ke 15 Tingkat Kota Lubuklinggau

Covid-19

PDIP Sumsel Serahkan Bantuan APD dan Masker Kepada Pemkab Musi Rawas

Musi Rawas

Tactikal Floor Games, Kapolres: Salah Satu Bentuk Pengamanan Operasi Mantap Praja

Pagar Alam

Wako Pagar Alam Lantik 212 Pejabat Struktural

Muratara

H Syarif Hidayat : Camat Harus Mampu Mendengar Aspirasi Masyarakat

Kriminal

Polisi Bekuk Bandar Narkoba di Rawas Ilir

Musi Rawas

Gubernur Sumsel Apresiasi Kebijakan Anggaran Covid-19 Kabupaten Musi Rawas

Hukum

Tersangka Kasus AKN ‘Nginap’ di Lapas Lubuklinggau, M Naimulla : Kemungkinan Akan Ada Tersangka Lain