Home / Musi Rawas / Pariwisata

Senin, 22 Oktober 2018 - 04:40 WIB

Menggali Eksotisme Curug Panjang Durian Remuk Hingga Menjadi Destinasi Wisata Daerah

MUSI RAWAS, Sumatera Headline – ‘Curug Panjang’, demikian sebutan salah satu lokasi wisata alam air terjun yang di miliki Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Terletak di Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti, lokasi wisata ini bisa di tempuh melalui jalur darat dengan akses jalan yang telah dihampar aspal.

Jika melalui pusat perkantoran Pemkab Musi Rawas di Muara Beliti, untuk menuju ke lokasi tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Sepanjang perjalanan untuk menuju kesana, akan disuguhi dengan lingkungan desa yang asri dan alami, perkebunan sawit dan karet serta udara yang segar jauh dari polusi udara perkotaan.

Setelah 25 menit perjalanan terlihat kawasan pemukiman rumah warga, kawasan pemukiman ini disebut Desa Durian Remuk. Masyarakatnya begitu bersahabat dan pengunjung yang kesana akan di sambut dengan hangat.

Usai memarkirkan kendaraan, dengan berjalan kaki tak jauh dari lokasi parkir, terlihat hamparan sungai dengan air yang jernih, mata pun dibuat terpanah melihat sungai terbelah menjadi dua bagian, yang membentuk sebuah kawah dengan ketinggian kurang lebih 4 meter dan belahan tersebut terbelah dengan panjang hampir 30 meter.

Air sungai yang mengalir di setiap bibir belahan sungai tersebut membentuk sebuah air terjun. Selintas mata memandang mirip seperti air terjun Niagara.

Baca Juga :  Hadiri GMSC, Bupati Fokus Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan di Musi Rawas

Inilah Eksotisme Curug Panjang Durian Remuk, begitu indahnya, dengan diselimuti alam sekitar yang masih hijau dan sejuk, gemericik air yang mengalir begitu menggelitik telinga memberikan ketenangan dan decak kagum, kenyamanan dan kepuasan batin para pengunjung.

Namun, keindahan alam tersebut harus di iringi dengan sarana dan prasarana pendukung serta fasilitas penunjang lainnya, karena masih banyak spot atau tempat yang perlu disiapkan dengan latar belakang alam, untuk pengunjung berswafoto atau istilah kerennya berselfie ria.

Menilik daerah lain, kreatifitas pemuda dan Dinas Pariwisatanya dalam menciptakan potensi wisata alam harus menjadi referensi pemerintah daerah ini, untuk bisa memoles dan menyiapkan Curug Panjang sebagai salah satu destinasi wisata alam yang patut di eksplore secara nasional maupun internasional.

Beberapa fasilitas yang patut disiapkan adalah tempat kuliner, pondok santai, rumah pohon, perahu gantung, sarana dan prasarana pengaman di sekitar tempat wisata, lokasi pemandian baik dewasa maupun anak-anak dan lainnya.

Air Terjun Curug Panjang Durian Remuk

Dengan harapan Air Terjun Curug Panjang nantinya akan menjadi pilihan pencinta wisata alam baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Guna mendukung potensi wisata alam yang dimiliki daerah ini, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan mengintruksikan instansi terkait untuk membuat perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang agar objek wisata ini dapat lebih baik lagi.

Baca Juga :  Usai Terbakar, Pembangunan Masjid Mujahidin Mulai Dilaksanakan

“Saya meminta instansi terkait agar segera membuat perencanaan pengelolaan obyek wisata Curug Panjang ini, dengan melibatkan pemerintah desa, pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna dan masyarakat setempat,” ungkapnya, Sabtu (14/7/2018) lalu.

Bupati optimistis, Air Terjun Curug Panjang Durian Remuk ini akan menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Musi Rawas yang nantinya akan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Dengan begitu katanya, jika potensi wisata yang ada di daerah ini dapat dikelolah dengan baik maka nama Musi Rawas akan membahana keseluruh persada nusantara.

Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk dapat menjaga dan memelihara fasilitas dan keindahan alam yang ada karena apabila pengunjung yang mendatangi lokasi wisata ini meningkat maka akan berimbas pada perekonomian masyarakat sekitar.

“Diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga alam dan fasilitas yang ada. Salah satunya air terjun Curug Panjang sebagai wisata alam yang berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Musirawas,” katanya.

Naskah : Redaksi

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Hendra Gunawan : Persiapkan Generasi Ini Menjadi Generasi Yang di Ridhoi Allah SWT

Musi Rawas

Bupati Harapkan Peningkatan Status UKK Imigrasi Menjadi Kantor Imigrasi Kelas III Segera Terealisasi

Musi Rawas

Penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri sebagai kado Terindah HUT Kabupaten Musi Rawas

Musi Rawas

Musi Rawas Raih Rekor MURI, 3.162 Peserta Tahfidz Alquran Juz 30

Kesehatan

Terkendala Kesehatan, Hanya Empat Pejabat Musi Rawas yang di Suntik Vaksin Sinovac

Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Lounching Gernas Baku

Musi Rawas

Dua Desa di Jayaloka Menjadi Target Dibentuknya LEM

Musi Rawas

LDN Seri Kabupaten Musi Rawas Dimulai