Home / Musi Rawas / Sumsel

Sabtu, 11 Maret 2023 - 17:17 WIB

Sungai Musi Meluap, Puluhan Rumah di Dua Kecamatan di Musi Rawas Terendam

Luapan Sungai Musi menggenangi rumah warga yang berada di pinggiran aliran sungai dengan ketinggian 50 hingga 100 centimeter, (11/3) - Dok Foto Polsek Muara Kelingi

Luapan Sungai Musi menggenangi rumah warga yang berada di pinggiran aliran sungai dengan ketinggian 50 hingga 100 centimeter, (11/3) - Dok Foto Polsek Muara Kelingi

MUSI RAWAS – Curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Musi Rawas dengan intensitas sedang dan lebat dalam beberapa hari ini mengakibatkan Sungai Musi meluap, Sabtu (11/3/2023).

Puluhan rumah warga terutama yang berada di pinggiran aliran Sungai Musi dan Sungai Kelingi di Kecamatan BTS Ulu Cecar dan Kecamatan Muara Kelingi terendam, dengan ketinggian air mencapai 50 hingga 100 centimeter.

Update Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Musi Rawas hari ini, Sabtu (11/3) menyebutkan, tiga desa di Kecamatan BTS Ulu Cecar terendam dengan ketinggian air kurang lebih 100 centimeter, diantaranya, Dusun Kertoya Desa Mulyoharjo. Ketinggian air di Desa ini mencapai -/± 100 centimeter yang mengakibatkan, 16 rumah warga dan satu tempat ibadah terendam.

Baca Juga :  Danrem 044/ Gapo Tinjau Lokasi Banjir di Musi Rawas, Salurkan Bantuan dan Penanganan Pasca Banjir

Sementara, di Desa Pangkalan Tarum, sebanyak 60 rumah, 1 kantor desa dan 1 sekolah dasar turut terendam dengan ketinggian muka air mencapai 70-100 cm.

Luapan Sungai Musi juga melanda Desa Pelawe mengakibatkan 60 rumah di wilayah itu ikut terendam dengan ketinggian muka air hingga mencapai 100 cm.

Banjir juga melanda Kelurahan Muara Kelingi, Kecamatan Muara Kelingi. Dari data sementara BPBD Kabupaten Musi Rawas, luapan Sungai Musi di kelurahan ini menggenang sejumlah rumah warga diantaranya,
– Rt 01 ada 85 kk dan 1 Mushola dengan ketinggian mencapai 50-100 cm
– Rt 02 ada 50 kk dan 1 Mushola dan 1 Polindes dengan ketinggian mencapai  50-100 cm
– Rt 03 sekitar 80 KK terendam banjir dengan ketinggian muka air mencapai 50-100 cm
– Rt 05 sekitar 30 KK terendam banjir dengan ketinggian muka air mencapai 50-100 cm

Baca Juga :  Banjir Rendam 243 Rumah di Desa Sukamana Setelah Diguyuri Hujan Deras

Adapun upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Musi Rawas seperti, melakukan peninjauan dan pendataan serta mengevakuasi warga ke tempat pengungsian di dataran yang lebih tinggi. Imbauan kepada masyarakat juga dilakukan untuk tetap waspada, siaga dan jangan panik, mengingat curah hujan masih mengguyur di wilayah ini. (SH-02)

Share :

Baca Juga

Covid-19

Warga Apresiasi Kepedulian Binda Sumsel

Musi Rawas

Sebulan Mengalir, Tanggul Irigasi D.I Lakitan Jebol

Kriminal

Diduga Hamili Anak Kandung, Pria ini diamankan Polisi

Hukum

Terindikasi Langgar UU No 13 Tahun 2003, LSM Forpeks Laporkan PT GSSL

Musi Rawas

Pengabdian di Polri, Kapolsek Purwodadi Naik Pangkat Menjadi Kompol

Lubuklinggau

Gubernur Sumsel Resmikan Taman Olahraga Megang

Lubuklinggau

ISSI Lubuklinggau akan Gelar Silampari Cycling 2022

Musi Rawas

Polres Musi Rawas Gelar Sidang BP4R