Home / Empat Lawang

Jumat, 12 Januari 2018 - 11:33 WIB

Petani Karet Keluhkan Harga Getah Karet yang Belum Naik

EMPAT LAWANG, Sumatera Headline РPetani karet di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan mengeluhkan harga getah karet yang belum juga merangkak naik yang masih mantap di harga Rp 6 ribu perkilo. Sementara harga bahan pokok terutama beras di pasar tradisional masih belum stabil dikisaran harga Rp 10 ribu perkilo.

Seperti diungkapkan Sakri (40) ,warga Desa Mekar Jaya mengaku bahwa harga getah karet hingga saat ini belum ada kenaikan harga. Dari tahun 2017 kemarin masih dibawah kata cukup, sebab menurutnya kebutuhan bahan pokok di pasar semakin merangkak naik tetapi harga getah tidak mengalami kenaikan.

“Sampai sekarang harga getah karet untuk di Tebing ini belum ada kenaikan masih di kisaran Rp.6 Ribu per kilogram nya, dan ini masih belum bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kalau 1 kilogram para(getah karet) sama dengan 1 kilo beras enak, masih imbang tapi ini 2 kilo para 1 kilo beras,” ucapnya dengan pasrah.

Baca Juga :  PWI Empat Lawang Gelar Seminar dengan Tema 'Membangkitkan Dunia Pers di Era Digital'

Senada dengan Ilham (25) warga lainnya, dirinya berharap pada pemerintah untuk bisa memikirkan masyarakat petani karet, sebab mayoritas masyarakat di Tebing Tinggi khususnya masih banyak yang bergantung dari penghasilan getah karet.

“Kami berharap kepada pemerintah agar kiranya bisa memperhatikan kami petani karet ini, yang makan atau tidak makannya keluarga kami tergantung di penghasilan getah karet, karena itulah pekerjaan yang sudah menjadi turun temurun dari orang tua,” harapnya.

Baca Juga :  Kopi Robusta Lintang Masuk 16 Terbaik, Bupati Empat Lawang Ajak Insan Pers Coffee Break

Sementara Jon (39) pengepul atau touke karet yang biasa keliling dengan mobil Pick up mengatakan, harga yang ia tawarkan ke pada pihak petani itu sudah harga yang tinggi sesuai pasaran dari pabrik di Palembang.

“Harga yang kami tawarkan kepada masyarakat petani karet ini sudah harga tinggi, memang sudah standar pabrik yang ada di Palembang, tidak bisa untuk di tambah lagi, biso rugi di minyak mobil kito kalau lebih dari itu.” ujarnya.

Naskah : Kayan. M

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Empat Lawang

Dua Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang Terima Nomor Urut

Empat Lawang

Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo Gelap Gulita

Empat Lawang

Satu Kepala Dinas dan Tiga Kades Terkena OTT

Empat Lawang

Warga Lubuklinggau Tewas di Desa Saling

Empat Lawang

Dua Kubu Timses Paslon Kepala Daerah Empat Lawang Bentrok, Satu Orang Tewas dan Dua Orang Luka Berat

Empat Lawang

Kopi Robusta Lintang Masuk 16 Terbaik, Bupati Empat Lawang Ajak Insan Pers Coffee Break

Empat Lawang

Pengurus PWI Kabupaten Empat Lawang Dikukuhkan

Empat Lawang

Tingkatkan Kreativitas Pemuda, PWI dan Polres Empat Lawang Gelar Lomba Fotografi