Timsus Sat Reskrim Polres Lahat Amankan 39 Ton Beras “Oplosan”

LAHAT, Sumatera Headline – Sebanyak 39.330 kilogram beras yang disinyalir oplosan berhasil diamankan Satuan Unit II Pidana Khusus Satuan Reserse Kriminal Polres Lahat yang dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Lahat AKP Ginanjar bersama dengan Subditidagsi Polda Sumsel AKBP Ferry Harahap di gudang penyimpanan GBB (Gudang Beras Bulog) Desa Manggul Kecamatan Lahat, Minggu (23/07/2017) sekitar pukul 17.30 Wib.

Dikatakannya, berdasarkan informasi masyarakat salah satu kecamatan di wilayah bulog divre Kabupaten Lahat telah menerima beras raskin atau rastra yang tidak layak. Menanggapi hal ini Kapolda Sumsel perintahkan tim satuan tugas (satgas) beras turun untuk segera langsung mengecek dan menyelidiki kebenarannya.

“Pada hari Selasa, (18/07/17) lalu, sekitar pukul 10.30 Wib, menemukan dugaan pengoplosan beras raskin, yang tidak sesuai mutu dengan beras pengadaan Ad-Dn 2017 Divre Sumsel Babel,” terangnya.

Dugaan mengarah ke Bulog Subdivre wilayah Lahat, Muara Enim, Empat Lawang, Pagar Alam, Pali dan Prabumulih yang berkantor di Jalan Jaksa Agung R Suprapto, Kabupaten Lahat. Informasi terhimpun dugaan praktek curang ini terjadi di gudang GBB yang beralamat di Desa Manggul, Kabupaten Lahat.

Kemudian hari ini, Senin (24/07/2017) ungkapnya, tim dari Polda Sumsel sudah berada di gudang beras bulog Lahat dan memasang garis polisi (Police Line) guna dilakukan pemeriksaan intensif.

Beberapa barang bukti yang berhasil diamankan jelasnya diantaranya, 39.330 kilogram beras oplosan, 2 unit drum modifikasi alat oplos, 2 unit timbangan @ 500 kilogram, 1 unit mesin jahit, 25 karung kemasan 15 kilogram, dan 25 karung kemasan 50 kilogram.

“Di duga melanggar Pasal 62 (1) jo pasal 8 (1) huruf a Undang Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, kita masih melakukan pemeriksaan Fbr (kepala gudang GGB Bulog Manggul) juga Adt (Staf pelaksana Perum BULOG). Kasus ini masih kita dalami dan kita kembangkan lebih lanjut,” tegasnya.

Sementara pihak dari gudang bulog saat ditemui belum bisa diminta keterangan, karena kepala gudang dan penanggung jawab pelaksana reproses juga Kasubdivre Lahat, masih di periksa intensif oleh tim dari Kepolisian Daerah Sumatera Selatan.

Kendati demikian, Kepala Sub-Divree Bulog Lahat, AK saat dikonfirmasi via aplikasi WhatsApp membenarkan adanya pemanggilan dan pemeriksaan terhadap sejumlah karyawan Bulog Lahat serta pemeriksaan di gudang beras milik badan usaha logistik tersebut.

“Kita ikuti saja prosesnya,” ujarnya, singkat.

Sumber : lahathotline

Editor : J. Silitonga

sumateraheadline

Portal berita sumateraheadline.com akan selalu berusaha menyajikan informasi terkini secara cepat dan akurat. Dikemas dalam sebuah berita yang berimbang dan terpercaya dan beralaskan pada rambu-rambu kode etik jurnalistik dan pedoman media siber. Kami harapkan kritikan dan masukan yang positif dari para pembaca dan pengikut portal berita sumateraheadline.com yang mengarah kepada penyempurnaan situs berita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *