Home / Musi Rawas / Nusantara / Sumsel

Kamis, 10 Juni 2021 - 23:38 WIB

Temui Mentan RI, Bupati Sampaikan Usulan Program Pertanian dan Perkebunan

JAKARTA, SH – Menteri Pertanian H Syahrul Yasin Limpo mendukung penuh upaya Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat  melalui beberapa program di sektor pertanian dan perkebunan.

Beberapa program yang menjadi usulan Pemkab Musi Rawas ke Kementerian Pertanian (Kementan RI) yakni program replanting tanaman sawit dan karet serta pemberian bantuan bibit jagung dan kedelai bagi petani selama 4 bulan masa pengeringan rehabilitasi irigasi.

Aksi cepat yang dilakukan Pemkab Musi Rawas ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para petani. Dimana hampir 70 persen masyarakat Musi Rawas bermata pencaharian petani.

“Saya mewakili Mentan RI akan mendukung program di Kabupaten Musi Rawas di sektor pertanian dan perkebunan apalagi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Pertanian H Syahrul Yasin Limpo saat menyambut Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud beserta rombongan, Kamis (10/6/2021) di Ruang Kerja Mentan RI.

Baca Juga :  Dittipidkor Bareskrim Polri Tetapkan Tersangka Suap Pengurusan DID Pemkot Balikpapan

Dikatakan, para petani Musi Rawas harus diberikan solusi dan bantuan selama masa pengeringan adanya rehabilitasi irigasi. Pemberian bantuan bibit jagung dan kedelai sebagai upaya untuk mempertahankan penghasilan para petani.

“Saya akan bantu usulan yang disampaikan diantaranya, program replanting tanaman sawit dan karet, kedua bantuan bibit jagung, kedelai dan lainnya yang dapat dipanen dalam waktu dekat bagi para petani selama irigasi dikeringkan,” ujar Yasin Limpo.

Sementara Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengatakan, hampir 70 persen masyarakat Musi Rawas adalah petani yang menggantungkan mata pencahariannya di sektor pertanian dan perkebunan.

Peningkatan dan perbaikan saluran irigasi menjadi hal utama yang akan dikerjakan, guna memenuhi kebutuhan air bagi para petani Musi Rawas.

Baca Juga :  Pelaku Begal Wartawan Ditangkap, Akui Hasil Kejahatan untuk Bayar Utang dan Main Slot

Namun, Pemerintah Daerah juga harus dapat memberikan solusi bagi petani Musi Rawas terutama selama masa pengeringan akibat rehabilitasi irigasi, melalui pemberian bibit jagung dan kedelai.

Sehingga kesejahteraan para petani dapat terjaga dan sektor pertanian akan meningkat.

“Kami berharap dimasa pengeringan tersebut petani masih dapat menanam jagung maupun kedelai yang bibitnya dapat diperoleh dari bantuan Kementrian Pertanian RI,” kata bupati.

Turut mendampingi Bupati Musi Rawas, Kadis Pertanian dan Peternakan Zuhri Syawal, Kadis Ketahanan Pangan Hayatun Nofrida, Plt Kadis Perkebunan Adi Winata, Kaban Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Freewan Novio dan Kabid Kominfo P Silitonga.

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Pagar Alam

Sat Res Narkoba Polres Pagar Alam Bekuk Dua Pelaku Pengedar Narkoba

Palembang

Kunjungi Sekretariat PWI, Kapolda Sumsel Ajak Pers Berkontribusi Bagi Pembangunan Daerah

Ekonomi

Jokowi Terima Presiden Bank Dunia Bahas Reformasi Sistem Keuangan Global

Lahat

Tinjau Jalan Amblas, Bupati Lahat Himbau Masyarakat Berhati-hati

Hukum

Polres Musi Rawas Musnahkan 116,60 Gram Sabu dan 25 Butir Ekstasi Hasil Ungkap Kasus

Kesehatan

Konsisten Berikan Perlindungan untuk Masyarakat

Musi Rawas

Kapolres Musi Rawas Kagum Melihat Curug Tinggi Selangit

Musi Rawas

Dua Tahun, 1.339 Rumah Layak Huni Dibangun