Home / Musi Rawas / Nusantara / Sumsel

Kamis, 10 Juni 2021 - 23:38 WIB

Temui Mentan RI, Bupati Sampaikan Usulan Program Pertanian dan Perkebunan

JAKARTA, SH – Menteri Pertanian H Syahrul Yasin Limpo mendukung penuh upaya Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat  melalui beberapa program di sektor pertanian dan perkebunan.

Beberapa program yang menjadi usulan Pemkab Musi Rawas ke Kementerian Pertanian (Kementan RI) yakni program replanting tanaman sawit dan karet serta pemberian bantuan bibit jagung dan kedelai bagi petani selama 4 bulan masa pengeringan rehabilitasi irigasi.

Aksi cepat yang dilakukan Pemkab Musi Rawas ini sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama para petani. Dimana hampir 70 persen masyarakat Musi Rawas bermata pencaharian petani.

“Saya mewakili Mentan RI akan mendukung program di Kabupaten Musi Rawas di sektor pertanian dan perkebunan apalagi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Pertanian H Syahrul Yasin Limpo saat menyambut Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud beserta rombongan, Kamis (10/6/2021) di Ruang Kerja Mentan RI.

Baca Juga :  Bupati Lantik Edi Iswanto sebagai Pj Sekda Musi Rawas

Dikatakan, para petani Musi Rawas harus diberikan solusi dan bantuan selama masa pengeringan adanya rehabilitasi irigasi. Pemberian bantuan bibit jagung dan kedelai sebagai upaya untuk mempertahankan penghasilan para petani.

“Saya akan bantu usulan yang disampaikan diantaranya, program replanting tanaman sawit dan karet, kedua bantuan bibit jagung, kedelai dan lainnya yang dapat dipanen dalam waktu dekat bagi para petani selama irigasi dikeringkan,” ujar Yasin Limpo.

Sementara Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengatakan, hampir 70 persen masyarakat Musi Rawas adalah petani yang menggantungkan mata pencahariannya di sektor pertanian dan perkebunan.

Peningkatan dan perbaikan saluran irigasi menjadi hal utama yang akan dikerjakan, guna memenuhi kebutuhan air bagi para petani Musi Rawas.

Baca Juga :  Anggota Komisi IV DPR RI Serahkan Bantuan Bibit Karet, Riezky Aprilia Berharap Petani Musi Rawas Bangkit Kembali

Namun, Pemerintah Daerah juga harus dapat memberikan solusi bagi petani Musi Rawas terutama selama masa pengeringan akibat rehabilitasi irigasi, melalui pemberian bibit jagung dan kedelai.

Sehingga kesejahteraan para petani dapat terjaga dan sektor pertanian akan meningkat.

“Kami berharap dimasa pengeringan tersebut petani masih dapat menanam jagung maupun kedelai yang bibitnya dapat diperoleh dari bantuan Kementrian Pertanian RI,” kata bupati.

Turut mendampingi Bupati Musi Rawas, Kadis Pertanian dan Peternakan Zuhri Syawal, Kadis Ketahanan Pangan Hayatun Nofrida, Plt Kadis Perkebunan Adi Winata, Kaban Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Freewan Novio dan Kabid Kominfo P Silitonga.

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Jelang Pilgub Sumsel, 86 Personil Linmas Muara Lakitan Mendapat Pelatihan

Nusantara

Pemerintah akan Bangun 34 ‘Tower’ Rusun Ponpes dan Pendidikan Tinggi di 2020

Musi Rawas

Kunker di Muratara, Bayu Dewantoro : Perbaiki Mental Dengan Meningkatkan Pengajian

Nusantara

Presiden Apresiasi Kinerja Gugus Tugas dari Pusat hingga Daerah

Musi Rawas

Tim Penilai Smesco Award Kunjungi Uma Inovasi Selangit

Nusantara

Presiden Jokowi Beserta Ibu Negara Iriana Menunaikan Ibadah Umroh

Kriminal

Timsus Sat Reskrim Polres Lahat Amankan 39 Ton Beras “Oplosan”

Ekonomi

Pastikan Ketersediaan dan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan, Disperindag Musi Rawas Sidak Pasar