Home / Hukum / Kriminal / Muratara

Selasa, 2 Februari 2021 - 07:22 WIB

Satu Pelaku Pembakaran Camp PT MAP ‘Dipelor’ Tim Beruang Satreskrim Polres Muratara

MURATARA, SH – Satu orang terduga pelaku pembakaran Camp PT MAP inisial TI, tumbang dan menyerah setelah Tim Opsnal Beruang Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Musi Rawas Utara (Muratara) menghadiahkan timah panas di kaki tersangka.

Pelaku yang merupakan warga Desa Embacang Kecamatan Karang Jaya ini, langsung digelandang ke Polres Muratara.
Sementara belasan terduga pelaku lainnya masih sedang dilakukan pengembangan penyelidikan.

Kapolres Muratara AKBP Eko Suharyanto melalui Kasat Reskrim AKP Dedi Rahmad dalam pesan singkat, Selasa (2/2/2021) membenarkan adanya penangkapan terhadap pelaku tersebut.

“Berdasarkan laporan LP/B-01 /I/2020/Sumsel/Res Muratara tanggal 19 Januari 2020, Tim Opsnal Beruang Sat Reskrim Polres Muratara telah menangkap satu orang pelaku pembakaran Camp PT MAP inisial TI,” kata Kasat.

Dia mengungkapkan, petugas terpaksa memberikan tembakan terukur di kaki tersangka setelah mencoba melarikan diri saat petugas ingin mengamankan nya.

“Saat di lakukan penangkapan, tersangka mencoba melarikan diri dari tim Beruang Muratara, setelah di berikan peringatan tembakan tiga kali ke atas oleh petugas, tersangka tetap mencoba melarikan diri. Kemudian petugas melakukan tembakan tepat dan terukur dan berhasil menangkap tersangka pelaku tindak pidana pembakaran serta barang bukti,” ulasnya.

Baca Juga :  Motor Terparkir di Kebun Karet Raib Di Curi Maling

Dijelaskan, kronologi kejadian bermula pada Minggu (19/1/2020) sekitar jam 15.00 WIB setahun yang lalu. Pelaku lebih kurang sebanyak 13 orang mendatangi Camp PT MAP.

Dalam keterangan pelapor, satu orang pelaku atas nama Dinul menghampiri saksi Sugeng yang merupakan karyawan PT MAP dan mengatakan, ‘ kau yang nelpon polisi itu lalu Sugeng menjawab, ‘tidak, tanyolah samo Jahul (karyawan PT MAP)’.

Namun dari aksi tersebut, terang Kasat, pembakaran terhadap camp sudah terjadi dari arah belakang, terlihat api mulai membesar dan menjalar kebagian depan serta menyambar mobil Toyota Kijang BE 1542 KY tahun 1994 warna hitam metalik.

Selain itu lanjutnya, pelaku juga merusak kaca mobil Hiline warna biru dan Truck Mitsubishi warna kuning dan tiga unit motor trail yang ada di dalam camp tersebut turut terbakar.

Baca Juga :  Dua Kubu Timses Paslon Kepala Daerah Empat Lawang Bentrok, Satu Orang Tewas dan Dua Orang Luka Berat

Kasat menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku TI, dan keterangan saksi Sugeng, pelaku pembakar pertama kali dari bagian belakang camp adalah TI.

Sementara dalam keterangan TI, pelaku diajak oleh Dinul dan anaknya Ade untuk membakar camp tersebut. Ajakan tersebut di setujui TI yang kemudian mereka menemui HOR dan kawan kawan, dengan membawa 5 liter bensin menuju Camp PT MAP.

“Setelah tiba di TKP terjadi pengancaman terhadap saksi dan para pelaku langsung membakar camp serta merusak kendaraan yg ada di TKP,” ungkap Kasat.

Atas peristiwa tersebut, lanjutnya, petugas kemudian menangkap TI dan mengamankan beberapa barang bukti lainnya seperti, tiga unit handphone, arang dan kayu yang terbakar, kayu sepanjang 1,2 meter yang digunakan untuk merusak kendaraan dan hasil labfor Polda Sumsel yang telah diterbitkan.

“Tersangka dan barang bukti telah diamankan dan akan dilakukan penyelidikan dan penyidikan serta proses hukum selanjutnya,” tandas Kasat dalam keterangan singkatnya.

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Kriminal

Polres Lubuklinggau Gagalkan 14 Kilogram Ganja Siap Edar

Hukum

Pra Operasi Keselamatan Musi 2018, Satlantas Polres Mura Gelar Apel Kesiapan

Hukum

KPK Tetapkan Sjamsul Nursalim sebagai Tersangka

Hukum

Ilham Fatahilah Nilai Bukti Rekaman Mengungkap Adanya Dugaan Rekayasa OTT

Hukum

Penasehat Hukum Serahkan Bukti Rekaman Percakapan, Kasus OTT Oknum Pejabat Muratara Mulai Terang Benderang

Kriminal

Hitungan Jam, Pencuri Mobil Avanza di Muara Lakitan Berhasil Ditangkap

Kriminal

Polisi Ungkap Kasus Pencurian di Dinas Pariwisata Lubuklinggau

Kriminal

Polisi Ringkus Bandar Narkoba, 80 Gram Shabu Diamankan