Home / Musi Rawas / Sumsel

Senin, 17 Februari 2020 - 08:42 WIB

Sampaikan Kondisi Banjir di Musi Rawas, Gubernur Sumsel Bantu Benahi Infrastruktur

PALEMBANG, SH – Gubernur Sumsel H Herman Deru prihatin atas situasi banjir yang dialami masyarakat di sebagian wilayah di Kabupaten Musi Rawas beberapa waktu yang lalu. Dan sebagai bentuk perhatiannya, Pemerintah Provinsi Sumsel akan segera memberikan bantuan berupa pembangunan dan pembenahan beberapa infrastruktur yang rusak akibat terdampak banjir yang melanda wilayah di Kabupaten Musi Rawas.

Hal itu disampaikan gubernur saat menerima audiensi Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan beserta jajaran di Ruang Kerja Gubernur, Senin (17/2/2020).

“Yang namanya kebutuhan rakyat apalagi musibah, kita harus cepat tanggap,” ucap gubernur.

Sementara Bupati Musi Rawas mengatakan, Gubernur Sumsel telah memberikan respon yang sangat luar biasa terkait musibah bencana alam yang terjadi di Kabupaten Musi Rawas.

“Alhamdulillah Pak Gubernur sangat responsive. Setelah hasil cek lapangan banjir di Musi Rawas kita laporkan, beliau (Gubernur) langsung menegaskan untuk membantu pasca banjir di Musi Rawas,” kata Bupati.

Menurut bupati, hasil pertemuan ini sangat luar biasa dan pastinya benar-benar menjadi kabar menggembirakan bagi masyarakat khususnya yang baru saja terdampak musibah bencana banjir.

Baca Juga :  Jalankan Program Musi Rawas Bersadaqoh, Desa Marga Baru Patut Dicontoh Desa Lainnya di Musi Rawas

“Pak Gubernur memberikan respon cepat untuk membantu perbaikan fasilitas bencana banjir. Mulai dari perbaikan lima jembatan gantung, membantu alat berat untuk normalisasi sungai, bantuan bronjong, ada juga bantuan kapal atau perahu penyeberangan untuk anak-anak sekolah, peningkatan jalan dan lainnya,” urai Bupati.

Sementara, Plt Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Mura, H Azhari yang mendampingi Bupati menyampaikan, ada sekitar delapan item bantuan Gubernur Sumsel untuk Musi Rawas.

Baca juga:

“Diantaranya yang sangat mendesak yakni perbaikan lima jembatan gantung yang rusak akibat terdampak banjir,” papar H Azhari.

Kelima jembatan tersebut yakni Jembatan Gantung Desa Semangus dibantu Rp 2.400.000.000,-, Jembatan Desa Bingin Jungut (Rp 2.000.000.000,-), Jembatan Gantung Desa Tanjung (Rp 800.000.000,-). Selanjutnya Jembatan Gantung Pulau Panggung (Rp 2.000.000.000,-) dan Jembatan Gantung Desa Suka Menang (Rp 800.000.000,-).

Gubernur juga membantu peningkatan jalan di tiga titik sepanjang 5,50 KM dengan anggaran hampir senilai 13 Milyar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Diwanti-Wanti, Ibu-Ibu Persit Harus Maksimal di TMMD Cikuya

Rinciannya, peningkatan jalan akses Jembatan Prabumulih – Desa Prabumulih sepanjang 1, 50 KM dengan anggaran Rp 3.500.000.000,-. Kemudian peningkatan Jalan Megang Sakti – Dangku sepanjang 2,30 KM senilai Rp 5.000.000.000,- serta peningkatan Jalan Sumberharta – Sumber Sari sepanjang 1,70 KM senilai Rp 4.437.000.000,-.

Sebagai bentuk upaya meminimalisir bencana banjir, Gubernur juga membantu dua unit alat berat untuk normalisasi sungai di Mura. Ada juga bantuan bronjong serta bantuan transfortasi air melalui Dinas Perhubungan berbentuk bantuan perahu untuk sarana penyeberangan anak sekolah.

“Satu lagi bantuan untuk pembangunan RS Muara Beliti senilai Rp 5.000.000.000 dimana Insha Allah akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunannya oleh Gubernur Sumsel saat peringatan Hari Jadi Kabupaten Mura ke-77 pada 20 April nanti,” papar H Azhari.

Untuk realisasi semua bantuan menurut H Azhari dalam waktu dekat dimana saat ini masih dalam proses, tapi bisa dipastikan dalam tahun 2020 ini.

“Sesuai permintaan bapak gubernur semuanya harus selesai tahun ini (2020),” tegasnya.

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Tingkatkan Wawasan Personil Polisi, Polres Musi Rawas Gelar Cerdas Cermat

Musi Rawas

Jelang Pilkada, Kapolres: Doa Bersama Agar Terwujudnya Pilkada Musi Rawas Aman, Damai dan Sehat

Musi Rawas

“SIMANTAN” Hadir Layani Masyarakat Musi Rawas

Musi Rawas

Tinjau 5 Puskesmas, Bupati Musi Rawas Pastikan Kesiapan Antisipasi Covid-19

Sumsel

Plt Bupati Muba Apresiasi Kerja PWI se-Sumsel

Lubuklinggau

Antisipasi Covid-19, Pemkot Lubuklinggau Siapkan Isolasi Wilayah dan Posko

Lubuklinggau

Masyarakat Moneng Sepati Rasakan Aman dan Nyaman Adanya Patroli

Kriminal

Curi 10 Kubik Kayu Racuk Suwono Ditangkap Polisi