Home / Lahat / Pendidikan

Sabtu, 12 Agustus 2017 - 10:54 WIB

Rutinitas Penurunan Bendera di Sekolah Wajib Dilakukan Guna Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

LAHAT, Sumatera Headline – Perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang bangsa ini dalam memerdekakan Bangsa Indonesia dengan semangat persatuan dan kesatuan merupakan hal yang harus bisa kita tanamkan dalam mempertahankan kemerdekaan ini dengan menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Lahat, Pranoto saat memberikan kata sambutannya dalam rutinitas penurunan bendera merah putih, Sabtu (12/08/2017) di halaman SMPN 1 Lahat.

“Setiap Sabtu sore sekolah melaksanakan penurunan bendera, ini bukan hanya sebagai rutinitas kegiatan saja namun kepada anak-anak dapat memahami arti pentingnya perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang kita dahulunya,” ucap Pranoto dalam sambutannya.

Baca Juga :  Lagi Konsumsi Sabu, Tenaga Honorer KPU Lahat Diringkus Tim Satnarkoba

Untuk itu, katanya diharapkan kepada anak-anak untuk dapat memahami apa itu Pancasila dan UUD 1945 bukan untuk dihafal saja melainkan lebih menghargainya sehingga akan menumbuhkan rasa nasionalisme pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Upacara bendera mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera maupun penurunan bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya,” ujar Pranoto singkat saat di sambangi usai acara penurunan bendera usai.

Baca Juga :  Nekat Curi Uang Toko, Ibu Muda ini Diringkus Polisi

Di sanalah akan terlihat tambahnya bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

“Kegiatan ini harus terus kita lakukan dan tugas kita sebagai pendidik bukan hanya memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada anak murid namun bisa menanamkan akhlak dan sikap anak-anak terutama menumbuhkan rasa nasionalismenya pada bangsa ini,” pungkasnya.***

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Lahat

Dihajar Massa, Anggota DPRD Lahat Lapor Polisi

Lahat

Pesan Kapolres Lahat, Gunakan Helm Baik Siang atau Malam

Lahat

KPU Lahat akan Dahulukan Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Pemilihan Terjauh

Lahat

Menuju Sumsel Satu, Aswari Rivai Pamit Cuti

Lahat

Warga Dua Desa di Lahat Unjuk Rasa Tuntut PT BSP

Kriminal

Terkait OTT di Dinas Dukcapil Lahat, Polisi Tetapkan Tiga Orang Tersangka

Lahat

Warga Berlakukan Jam Malam Bagi Angkutan Batubara Yang Melintasi Jalinsum Lahat – Muara Enim

Advertorial

Sidang Paripurna HUT Kabupaten Lahat ke-149 Berlangsung Sukses