Rutinitas Penurunan Bendera di Sekolah Wajib Dilakukan Guna Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

LAHAT, Sumatera Headline – Perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang bangsa ini dalam memerdekakan Bangsa Indonesia dengan semangat persatuan dan kesatuan merupakan hal yang harus bisa kita tanamkan dalam mempertahankan kemerdekaan ini dengan menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia dan Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Lahat, Pranoto saat memberikan kata sambutannya dalam rutinitas penurunan bendera merah putih, Sabtu (12/08/2017) di halaman SMPN 1 Lahat.

“Setiap Sabtu sore sekolah melaksanakan penurunan bendera, ini bukan hanya sebagai rutinitas kegiatan saja namun kepada anak-anak dapat memahami arti pentingnya perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang kita dahulunya,” ucap Pranoto dalam sambutannya.

Untuk itu, katanya diharapkan kepada anak-anak untuk dapat memahami apa itu Pancasila dan UUD 1945 bukan untuk dihafal saja melainkan lebih menghargainya sehingga akan menumbuhkan rasa nasionalisme pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Upacara bendera mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera maupun penurunan bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya,” ujar Pranoto singkat saat di sambangi usai acara penurunan bendera usai.

Di sanalah akan terlihat tambahnya bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

“Kegiatan ini harus terus kita lakukan dan tugas kita sebagai pendidik bukan hanya memberikan pendidikan dan pengetahuan kepada anak murid namun bisa menanamkan akhlak dan sikap anak-anak terutama menumbuhkan rasa nasionalismenya pada bangsa ini,” pungkasnya.***

Editor : J. Silitonga

sumateraheadline

Portal berita sumateraheadline.com akan selalu berusaha menyajikan informasi terkini secara cepat dan akurat. Dikemas dalam sebuah berita yang berimbang dan terpercaya dan beralaskan pada rambu-rambu kode etik jurnalistik dan pedoman media siber. Kami harapkan kritikan dan masukan yang positif dari para pembaca dan pengikut portal berita sumateraheadline.com yang mengarah kepada penyempurnaan situs berita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *