Home / Palembang / PWI / Sumsel

Minggu, 18 Oktober 2020 - 00:21 WIB

PWI Sumsel Kampanyekan Prokes Covid-19 dan Menggelar Lomba Gaplek di Peringatan Hari Sumpah Pemuda

PALEMBANG, SH – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan di acara rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2020 nanti telah memulai menggelar kegiatan lomba gaplek sekaligus menyatakan untuk menjadi bagian dalam mengkampanyekan perubahan tingkah laku dalam mengahadapi pandemi Covid-19 dengan mensosialisasikan protokol kesehatan atau Prokes.

Kegiatan lomba gaplek Danrem 044 Gapo- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumsel dan PWI Sumsel tersebut digelar di Kedai Ngopi (Ngobrol Pintar) Caro Wartawan (COW) Koperasi PWI Sumsel, Sekretariat PWI Sumsel, Palembang.

Ketua Koperasi PWI Sumsel, Rizal dan penangguing jawab kegiatan, Firdaus Komar, Minggu (18/10), menjelaskan semarak Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum dalam perjuangan bangsa Indonesia, dalam mencapai kemerdekaan. Kegiatan akan dimulai pada Selasa (20/10), di Kedai Ngopi Cow PWI Sumsel.

Menurut Firdaus, seiring dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, selaras dengan tujuan PWI, yaitu tercapainya cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945, yakni, terwujudnya kehidupan Pers Nasional yang merdeka, profesional, bermartabat, dan beradab, terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat, dan benar;, juga terwujudnya tugas pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Atas dasar tujuan tersebut, upaya yang dilakukan PWI, ke dalam, yakni, berupaya,  memupuk kepribadian wartawan Indonesia sebagai warga negara yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan taat pada konstitusi.

Baca Juga :  Pilkada Usai, Kapolres Minta Semua Pihak Menjaga Kondusifitas di Musi Rawas

Selain itu, juga memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan serta di dalam pembangunan bangsa dan negara dan meningkatkan ketaatan wartawan pada Kode Etik Jurnalistik, demi citra, kredibilitas, dan integritas wartawan dan PWI serta mengembangkan kemampuan profesional wartawan.

Kemudian, memberikan bantuan dan perlindungan hukum kepada wartawan dalam melaksanakan tugas profesinya dan memperjuangkan kesejahteraan wartawan.

Secara eksternal upaya PWI adalah,  memperjuangkan terlaksananya peraturan perundang-undangan serta kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang menjamin pertumbuhan dan pengembangan pers yang merdeka, profesional, dan bermartabat.

“Menjalin kerja sama dengan unsur pemerintah, masyarakat, dan organisasi pers di dalam dan di luar negeri, memperjuangkan keadilan dan kebenaran berdasarkan supremasi hukum,” urainya.

Baca Juga :  "SIMANTAN" Hadir Layani Masyarakat Musi Rawas

Selain itu, Firdaus menjelaskan, PWI sebagai organisasi wartawan juga menjadi bagian dalam kampanye dengan bersinergi ke BNPB terkait dengan kampanye atau sosialisasi perubahan tingkah laku, untuk mencegah pandemic covid 19.

Dalam menyelenggarakan kegitan tersebut, terangnya, peserta lomba terdiri dari wartawan, pekerja pers, umum dan mahasiswa.

“Tujuannya selain mengingatkan kembali makna perjuangan dan menginternalisasi nilai-nilai saat Hari Sumpah Pemuda yang menjadi bagian sejarah Indonesia yang tidak terlepas dari sejarah perjuangan wartawan Indonesia,”

“Juga nenjadi tugas PWI Sumsel sebagai bagian kerja sama dengan BNPB Pusat untuk menjadi motor mengkampanyekan protokol kesehatan atau perubahan tingkah laku di tengah Covid 19 ini,” dia menambahkan.

Sementara yang tidak kalah pentingnya, lanjut Firdaus, juga untuk mempererat tali silaturahmi dengan anggota wartawan dan media. 

“Adapun hadiah bagi pemenang 1, 2 dan 3 akan diberi hadiah sesuai dengan bantuan sponsor dari berbagai pihak yang tidak mengikat dan halal,” kata Firko panggilan singkat nya.

Editor: J. Silitonga

Sumber: PWI Sumsel

Share :

Baca Juga

Kriminal

Miliki Narkoba, IRT Diringkus Polisi

Palembang

Herman Deru Terharu, Dua Tahun Memimpin Sumsel Kinerjanya Disorot Awak Media

Muara Enim

Bupati Muara Enim Serahkan SK Pengangkatan 239 CPNS Formasi 2019

Lahat

Rutinitas Penurunan Bendera di Sekolah Wajib Dilakukan Guna Menumbuhkan Rasa Nasionalisme Pada Anak

Musi Rawas

Tuntut PT SAS Ditutup, Ratusan Massa ‘Geruduk’ Kantor Bupati

Palembang

Pemprov Sumsel Sambut Baik FGD IDI 2016

Lahat

KPU Lahat akan Dahulukan Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Pemilihan Terjauh

Lahat

Aswari Cup Prix Championship Menghadirkan 19 Kelas