Home / Musi Rawas

Senin, 28 Oktober 2019 - 12:02 WIB

Kenakan Pakaian Adat Papua, Bupati Musi Rawas Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda

MUSI RAWAS, SH – Ada yang spesial dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019 di Kabupaten Musi Rawas kali ini. Di mulai dari Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan dan Wakil Bupati Hj Suwarti tampak mengenakan pakaian adat.

Bahkan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Musi Rawas juga mengenakan pakaian adat saat melaksanakan upacara hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Musi Rawas, Muara Beliti, Senin (28/10/2019).

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan saat menjadi inspektur upacara terlihat mengenakan pakaian adat Papua. Dalam sambutannya dia menyampaikan isi pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Hari ini peringatan sumpah pemuda mengambil tema ‘Bersatu Kita Maju’ tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita bisa mewujudkan cita-cita bangsa,” kata dia.

Baca juga:

Baca Juga :  FKUB Musi Rawas Kunjungi Banyuwangi

Bupati menyampaikan, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa berintegritas tinggi, jujur, santun dan bertanggung jawab.

Juga, lanjut nya, memiliki karakter disiplin kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

“Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Personel Polres Musi Rawas Gelar Latihan Menembak

Pada kesempatan tersebut, bupati juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Karya Inovatif Kabupaten Musi Rawas tahun 2019. Dimana sebagai juara 1 dimenangkan oleh tim KPH Lakitan dengan inovasi Madu Hutan KPH Lakitan.

Juara 2 Puskesmas Pian Raya (Dinas Kesehatan) dengan Inovasi (Gerpu Genting) Gerakan Peduli Stunting, juara 3 diraih oleh DPMPTSP inovasi Pojok Online. Harapan 1 KPH Lakitan inovasi Pengolahan Asap Cair, harapan 2 Puskesmas Terawas inovasi Aksi Mesra TB(Tubercolosis), harapan 3 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil inovasi Sentuh Aku Dengan Jarimu (Sejahai).

Upacara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Hj. Suwarti, Kapolres Mura AKBP Suhendro, Dandim 0406 Letkol Inf M A’an Setiawan, seluruh jajaran OPD dan para pimpinan OKP Kabupaten Musi Rawas.

Juga diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, mahasiswa serta pelajar SD hingga SMA Sederajat, mengangkat tema, . Uniknya, Kepala OPD dan peserta upacara menggunakan pakaian adat dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Naskah : Ferdi

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Hari Kedua Posko Dibuka, Satu Lagi Pelapor Siapkan Pengaduan ke DKPP

Musi Rawas

Guna Terciptanya Organisasi yang Mandiri, 90 Pengurus DWP Musi Rawas Ikuti Pelatihan E-Reporting

Musi Rawas

Pemberlakuan PPKM Berskala Mikro, Masuk ke Desa Margoyoso Dicek Suhu Tubuh

Hukum

Giat KKYD ‘Malming’ 43 Lembar Tilang Dikeluarkan

Hukum

Jajaran Polres Musi Rawas Lakukan Sosialisasi Penerimaan Anggota Polisi Bagi Suku Anak Dalam

Advertorial

Menteri Perdagangan RI Resmikan Unit Metrologi Legal Kabupaten Musi Rawas

Musi Rawas

Persiapan Verfak Dukungan Bakal Calon Perseorangan, 188 Ketua PPS Musi Rawas Ikuti Bimtek

Musi Rawas

36 Wartawan Musi Rawas Ikuti Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua