Home / Musi Rawas

Selasa, 14 Januari 2020 - 13:36 WIB

Hadir di PKM II, Wabup Mura Bahas Pemanfaatan Air D.I Kelingi

MUSI RAWAS, SH – Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti hadiri Pertemuan Konsultasi Masyarakat II (PKM II) dalam rangka membahas pengaturan alokasi air untuk sawah dan kolam ikan di daerah irigasi Ilir Kelingi Tugumulyo, dilaksanakan di Temam meeting room Dafam Hotel, Selasa (14/01/2020).

Hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Ir. Birendrajana, Walikota Lubuklinggau Drs. H. SN Prana Putra Sohe, Wakil Bupati Musi Rawas Hj. Suwarti, Kajari Musi Rawas Zairida, Dandim 0406 Letkol Inf Aan Setiawan, perwakilan Polres Musi Rawas, perwakilan Polres Lubuklinggau, OPD terkait, serta petani sawah dan ikan.

Dalam rangka meningkatkan kinerja layanan irigasi, Pemerintah merencanakan pembangunan nasional berkelanjutan yang tertuang dalam Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) berdasarkan UU No.17/2017 tentang RPJN 2005-2025, UU No.18/2012 tentang pangan, UU No.19/2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Baca juga:

Baca Juga :  Resmikan Kampung Bambu, Gubernur Sumsel akan Bangun 2 Dermaga Wisata di Musi Rawas

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII Ir. Birendrajana, MT menyampaikan, tujuan Pertemuan Konsultasi Masyarakat (PKM) ke dua ini untuk menyampaikan informasi terkait rencana rehabilitasi di daerah Ilir Kelingi Tugumulyo dan menyampaikan survei, Inventarisasi, dan Identifikasi permasalahan di lapangan serta rencana pengaturan kembali air untuk kebutuhan irigasi sawah pertanian dan kolam ikan.

Masalah yang ditemukan antara lain, terjadinya kerusakan pada bangunan utama (bendungan), bangunan sadap, bangunan bagi dan bangunan pelengkap akibat usia dan pengambilan air untuk keperluan kolam. Pembagian air yang tidak sistematis, dan belum adanya kelembagaan yang mengkordinir petani kolam ikan, sehingga terjadi konflik kepentingan antara petani kolam ikan dan petani sawah.

Baca Juga :  Audiensi, PWI Mura: Website Desa Percepat Publisitas Potensi Daerah

Sehingga nantinya akan dibuat rencana penanganan dalam merehabilitasi bangunan yang mengalami kerusakan, menganalisis kebutuhan air untuk kolam ikan agar lebih efesien, dan membuat pintu sadap untuk mengatur aliran air.

Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti Meminta agar segera diperbaiki irigasi yang tidak berfungsi maupun irigasi yang beralih fungsi dan segera mengatur petani kolam ikan yang memanfaatkan air dari saluran irigasi. Sebab, memasuki musim kemarau petani sawah kesulitan dalam memperoleh air untuk mengaliri daerah persawahan.

Wabub berharap perbaikan yang dilakukan tidak hanya di irigasi induk saja, tetapi melakukan perbaikan dari irigasi tersier sampai irigasi terkecil, sehingga area persawahan yang jauh dari irigasi induk juga bisa mendapatkan air.

Hasil pertemuan tersebut dituangkan dalam surat keputusan dan ditanda tangani oleh masing-masing pihak, kemudian akan dikerjakan perbaikannya pada awal tahun 2020.

Naskah : Iqbal

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Para Kapolsek di Jajaran Polres Musi Rawas Test Urine

Musi Rawas

SMANSIS Gelar Simulasi Kesiapsiagaan Bencana

Kriminal

Pelaku Pencuri Sapi ditangkap melalui Jejak Tapak Kaki Sapi

Musi Rawas

Kapolres Musi Rawas Beri Penghargaan kepada Personel yang Purna Bakti dan Berprestasi

Musi Rawas

1.841 KPM di Kecamatan STL Terawas Terima BPNT

Advertorial

Lantik 10 Penjabat Kades, Bupati: Berikan Yang Terbaik Bagi Masyarakat

Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Kampanyekan Imunisasi Measles Rubella

Covid-19

Positif Covid-19 di Musi Rawas Bertambah 5 Orang, Total 8 Kasus