Home / Musi Rawas

Selasa, 5 Januari 2021 - 11:18 WIB

Pembangunan JITUT Berikan Manfaat Petani Desa Air Lesing

MUSI RAWAS, SH – Pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti melalui APBD Kabupaten MusiRawas tahun 2020 dirasakan manfaatnya bagi petani di desa tersebut.

Hal ini diungkapkan Ngadino, salah seorang petani Desa Air Lesing, Selasa (5/1/2021) saat menyambut kunjungan Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan meninjau pembangunan JITUT di desa itu.

Ngadino menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kepedulian Pemkab Musi Rawas terhadap para petani. Dengan adanya pembangunan JITUT ini, kata Ngadino, sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi warga untuk melancarkan pengairan sawah, sehingga aliran air menjadi meningkat.

Baca Juga :  Kembali Luncurkan Program KWH Gratis, 2019 Direncanakan Terpasang 131 KK

“Saluran irigasi ini sangat membantu dalam meningkatkan hasil panen dan para petani tidak lagi kesulitan untuk menggarap sawah akibat kekurangan air. Jika selama ini kami hanya bisa panen padi 2 kali dalam setahun, namun sekarang kami bisa panen 3 kali bahkan ada yang 4 kali dalam setahun tergantung varietas yang digunakan petani tersebut,” ucap Ngadino.

Sementara Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan berharap, Jitut ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat khususnya untuk memberikan akses pengairan ke sawah milik petani. Peran aktif masyarakat sangat penting dalam pemeliharaan dan perawatan pembangunan yang ada.

Baca Juga :  Pemkab Musi Rawas dan Muratara Tandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemanfaatan Sistem Penyediaan Air Minum

“Pagi ini saya meninjau secara langsung Pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (Jitut) di Desa Air Lesing Kecamatan Muara Beliti, dan Pembangunan Jalan Usaha Tani (Jut) di Desa D Tegal Rejo Kecamatan Tugumulyo,”

“Alhamdulillah, pembangunan tersebut sudah dapat dinikmati masyarakat, bahkan saya tadi mendengar bahwa hasil panen petani pun meningkat karena kebutuhan air terpenuhi,” kata Bupati.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pertanian Zuhri Syahwal melaporkan, selama tahun 2020 ini, pembangunan Jitut dibangun menggunakan APBD berada di 11 lokasi, dan Jitut yang dibangun menggunakan APBN berada di 10 lokasi.

Naskah: Feri

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Kriminal

Bongkar Warung Manisan, Febri Mendekam di Tahanan

Hukum

Ini Arahan Kompol Rocky Marpaung kepada Polwan Polres Musi Rawas

Musi Rawas

Pimpin Apel Pagi, Kapolres Ingatkan Anggota Laksanakan Tugas Sebaik-baiknya

Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Salurkan Bansos Tahap III untuk 4100 KK di Dua Kecamatan

Musi Rawas

Ketua KPU Musi Rawas Bantah Tudingan Curang Rekrut Anggota PPK, PWI Mura Buka Posko Pengaduan

Kriminal

Berteman Dengan Narkoba, Pemuda Tanggung Diringkus Anggota Satres Narkoba

Musi Rawas

Menjelang Piala Gubernur Sumsel U20, Pemkab Musi Rawas Gelar Rapat Persiapan

Kriminal

Tolak Berjoget dengan Biduan, Joko Aniaya Teman Sendiri