Home / Musi Rawas / Pilkada / Politik / Sumsel

Selasa, 1 September 2020 - 12:28 WIB

Gelar Rakernis, Bawaslu Musi Rawas Persiapkan Garda Mura 2020

MUSI RAWAS, SH – Jelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas pada 9 Desember 2020 nanti, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Musi Rawas mengadakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dalam mempersiapkan Gerakan Masyarakat Kawal Pilkada (Garda) tahun 2020, Selasa (1/9/2020) di Taman Beliti Anggon, Muara Beliti.

Tujuan diadakannya kegiatan Garda Mura 2020 ini adalah kegiatan sosialisasi yang merupakan tugas pokok dari pengawasan untuk melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif.

Hal itu disampaikan Komisioner Bawaslu Musi Rawas Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP), Khoirul Anwar saat menggelar Rakernis Garda pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas tahun 2020.

“Kegiatan Garda Mura 2020 ini merupakan bagian dari sosialisasi pengawasan tahapan pemilihan dan merupakan langkah pencegahan Bawaslu,” jelas Khoirul.

Selain itu, juga dimaksudkan untuk membahas secara teknis kegiatan Garda 2020. Gerakan masyarakat kawal pilkada ini akan dilaksanakan di desa desa.

Baca Juga :  Langgar Aturan Covid-19, Polisi Bubarkan Dua Lokasi Pesta Malam

Baca juga:

“Konsep kegiatannya nanti yakni, setiap kecamatan akan merekomendasikan satu desa per kecamatan untuk ditunjuk sebagai desa percontohan Desa Garda,” terangnya.

“Di Kabupaten Musi Rawas ini terdapat 14 kecamatan yang artinya akan ada 14 desa yang siap menjadi Desa Garda Mura 2020,” Khoirul menambahkan.

Dia juga menguraikan ada 4 indikator dari Desa Garda Mura 2020, diantaranya, pertama, meningkatkan pengawasan partisipatif dengan melibatkan 10 pemuda/pemudi yang akan dijadikan kader pengawasan yang direkomendasikan dari desa yang ditunjuk Desa Garda Mura 2020.

Baca Juga :  Walikota Lubuklinggau Pimpin Penyemprotan Disinfektan

Lalu kedua, meningkatkan partisipasi pemilih di desa tersebut, target partisipasi pemilih sebesar 77,5% yang telah ditetapkan oleh KPU.

Dan indikator ketiga, tolak politik uang dan isu sara, hoax dan ujaran kebencian. Selanjutnya yang keempat yakni, menjaga dan atau mengawasi netralitas ASN, perangkat desa serta netralitas penyelenggara.

“Kita harapkan Pilkada Musi Rawas ini berjalan dengan kondusif, aman dan berkualitas,” tandas Khoirul.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Musi Rawas Oktureni Sandrha Kirana, perwakilan dari Polres Musi Rawas, KPU Musi Rawas, Kesbangpol dan camat serta Panwascam Musi Rawas.

Editor: J. Silitonga

Bagikan:

Share :

Baca Juga

Muara Enim

Si Jago Merah Beraksi, Satu Unit Gudang Daur Ulang Hangus Terbakar

Musi Rawas

Kandaskan PS Ternate, Persimura Lolos Perempat Final

Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Tinjau Lokasi Banjir dan Salurkan Bantuan di Desa Batu Gane

Muratara

DOB Muratara Dinilai Berhasil, Sumarsono : Sejahterakan Masyarakat Dengan Akselerasi Yang Ada

Musi Rawas

Pastikan Kebersihan dan Penjagaan, Kapolres Musi Rawas Kontrol Ruang Tahanan

Nusantara

DRA Optimis, di 2030 Muba Menjadi Ibu Kota Energi Berkelanjutan Berbasis Kelapa Sawit

Musi Rawas

Peduli Pers, PT Pertamina Asset 2 Pendopo Serahkan Bantuan Sembako untuk PWI Musi Rawas

Kriminal

Diduga Pesta Narkoba, 5 Anggota TNI Polri Diamankan BNN