Home / Musi Rawas / Nusantara / Sumsel

Selasa, 10 Oktober 2023 - 17:25 WIB

Bupati Musi Rawas Dampingi Menpan RB Studi Tiru ke Azerbaijan

MUSI RAWAS – Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital yang didirikan di Kabupaten Musi Rawas merupakan komitmen yang tinggi Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud dalam memberikan pelayanan publik yang optimal.

MPP Digital yang telah berdiri tersebut mendapat apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hal ini ditunjukkan dengan terpilihnya Kabupaten Musi Rawas untuk mengikuti dan mendampingi Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas dalam kunjungan kerja dan studi tiru ke Azerbaijan.

Dalam kunjungan ini, Bupati Musi Rawas didampingi oleh Ketua TP PKK Riza Novianto Gustam beserta Kadis Perizinan dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Kunjungan pertama dilakukan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Baku, Azerbaijan, Selasa (10/10).

Menteri Anas dan para Bupati beserta rombongan disambut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Azerbaijan, Hildi Hamid.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Musi Rawas, Bupati Berikan Jawaban atas Pandangan Tujuh Fraksi tentang Dua Raperda

Pada kesempatan itu, Menteri Anas menyampaikan kepada jajaran KBRI Baku untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk mendorong potensi dan mengakselerasi ekonomi dan pariwisata.

Menteri Anas yang merupakan kader PDIP itu mengapresiasi upaya KBRI Baku atas peran sertanya dalam memberikan pelayanan bagi warga negara Indonesia dan memainkan peran penting sebagai agen pemasaran produk-produk Indonesia untuk dapat di ekspor ke Azerbaijan.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ini, Menteri dan rombongan lanjut mengunjungi Asan Xidmat yang menjadi salah satu prototipe Mall Pelayanan Publik terbaik di Dunia, untuk melihat langsung bagaimana pelayanan publik yang diberikan bagi masyarakat Baku Ibu Kota Azerbaijan.

Selain memberikan pelayanan lewat loket-loket,di Asan Xidmat terdapat tempat Inkubasi bagi anak-anak usia sekolah yang diajarkan bagaimana membuat inovasi.

“Asan Xidmat menjadi insipirasi dan percontohan untuk mengembangkan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Musi Rawas dalam memberikan pelayanan publik yang terintegrasi yang merupakan kunci dalam memberikan kemudahan dan kepuasan masyarakat Kabupaten Musi Rawas,” ucap Ratna Machmud.

Baca Juga :  Dua Desa di Kecamatan BTS Ulu Terima Bantuan Mobil Ambulance

Dalam kunjungan ini, turut hadir Bupati Gowa dan Bupati Banyuwangi, Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini, Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa, Staf Ahli Menteri Bidang Budaya Kerja Abdul Hakim, Staf Khusus Menteri Bidang Organisasi, Aparatur dan Kepegawaian Donny Adityawarman, Staf Khusus Menteri Bidang Inovasi Pemerintahan M. Eri Irawan.

Selanjutnya, Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik M. Yusuf Kurniawan, dan Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Ajib Rakhmawanto. Sementara hadir dari KBRI Baku adalah Pejabat Fungsi Politik dan Ekonomi KBRI Baku Merita Yeni dan Staf Protokol KBRI. (SH-05)

Editor: Jhuan

Share :

Baca Juga

Kriminal

Pisau di Pinggang, Subroto Ditangkap Polisi

Musi Rawas

Teobosan BKPSDM Musi Rawas dalam Mempercepat Proses Kenaikan Pangkat

Ekonomi

Produktivitas Hulu Migas Tercatat Signifikan hingga Akhir 2023

Ekonomi

Bangga Buatan Indonesia, Percepat Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri

Nusantara

Fokus Pemerintah Turunkan Angka Stunting di 100 Kabupaten/Kota

Musi Rawas

Bupati Lantik H Aidil Rusman sebagai Pj Sekda Musi Rawas

Empat Lawang

Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo Gelap Gulita

Hukum

Personel Polres Musi Rawas Latihan Praops Pekat I Musi 2024 untuk Tekan Tindak Kriminalitas