Home / Musi Rawas / PWI / Sumsel

Selasa, 18 Mei 2021 - 13:12 WIB

Audiensi, PWI Mura: Website Desa Percepat Publisitas Potensi Daerah

MUSI RAWAS, SH – Tersedianya website di setiap desa dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) sebagai operator website desa akan mempercepat penyampaian informasi atau bahasa kerennya publisitas informasi baik itu potensi maupun kegiatan yang ada di desa.

Hal ini tentunya akan berimbas pada kemajuan di desa tersebut, mengingat saat ini semua lini telah memasuki era digitalisasi.

“Kita harus cepat beradaptasi dengan kemajuan zaman yang telah memasuki era digitalisasi,” ungkap Ketua PWI Musi Rawas Jhuan Silitonga beserta pengurus saat melaksanakan audiensi bersama Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti, Selasa (18/5/2021) di Ruang Kerja Wabup Mura.

Dikatakan, kehadiran pengurus PWI Mura dalam kegiatan audiensi ini, untuk menyampaikan sebuah konsep gagasan dalam menciptakan jurnalis desa dan operator website desa.

Dimana, sasaran dan tujuan dari gagasan ini yakni, memotivasi dan memberikan ruang kreasi bagi pemuda desa untuk berkontribusi membangun desa nya masing-masing melalui kreativitas.

Adapun fungsi dari website desa ini adalah sebagai sarana dan transportasi bagi pemuda desa untuk menuangkan hasil karya nya baik itu tulisan, hasil fotografi, atau pun editing video yang dijadikan sebagai sebuah konten dan diproduksi di dalam website desa.

Baca Juga :  Bupati Apresiasi Kreativitas Warga Musi Rawas Ciptakan Taman Bunga Celosia

Hasil produksi berupa konten yang ada di dalam website ini, lanjut Jhuan menjelaskan dapat di publish menggunakan sarana media sosial. Dan nantinya operator website desa dan juga jurnalis desa ini akan membentuk sebuah komunitas Medsos dan berselancar di Medsos dengan kreativitas dalam membangun desanya masing-masing.

“Selain website, desa juga harus memiliki akun Medsos baik itu facebook, twitter maupun youtube dan sebagai operator nya diharapkan para pemuda desa,” jelas Jhuan.

Sementara, PWI Musi Rawas lanjut dia menuturkan, dalam gagasan ini berfungsi sebagai konseptor, tutor dan nara sumber, memberikan pelatihan bagi para jurnalis desa serta operator desa dari masing-masing desa.

“Harapan kami, ide dan gagasan ini dapat disambut dan segera terwujud, mengingat pemanfaatan digitalisasi yang juga selaras dengan misi Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas dalam mewujudkan Musi Rawas Mantab,” ujar Jhuan.

Dalam kesempatan itu, selain menyampaikan gagasan untuk kepentingan masyarakat dan daerah, PWI Musi Rawas juga menyampaikan harapan agar terwujudnya Pers Musi Rawas yang semakin TERDEPAN.

Baca Juga :  Kolaborasi PWI dan KPU Musi Rawas Sukses Gelar Talkshow

Untuk memenuhi harapan ini, perlunya digelar dan dilaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik dan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan sehingga wartawan di Musi Rawas nantinya telah bersertifikasi dan memahami kode etik jurnalistik.

“Untuk itu, kami memohon support dan dukungan dari Pemkab Musi Rawas sehingga apa yang menjadi konsep kerja dan gagasan ini dapat terlaksana,” harap Jhuan dihadapan Wabup.

Menanggapi hal tersebut, Wabup Musi Rawas Hj Suwarti mengungkapkan terimakasih atas kontribusi PWI selama ini, dan menyambut baik visi PWI untuk masyarakat Kabupaten Musi Rawas dan Pemerintah siap membantu segala sesuatu yang diperlukan untuk mewujudkannya.

“Terimakasi kepada PWI Musi Rawas atas peran sertanya untuk ikut membangun Musi Rawas, pemerintah daerah akan siap membantu dan mendukung program kerja PWI Musi Rawas,” ucap wabup.

Hadir dalam Audiensi tersebut, Wabup Mura Hj Suwarti, Ketua PWI Mura Jhuan Silitonga, pimpinan OPD seperti DPMD, Kominfo, Dispora, Diknas, BPKAD, Kesbangpol dan Bagian Umum, juga pengurus PWI Musi Rawas.

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Lubuklinggau

PLN Sediakan Gardu Penyalaan Pelanggan TM di Kantor Walikota Lubuklinggau

Lubuklinggau

Polres Lubuklinggau Berikan Pelayanan Keamanan dan Ketertiban Berlalu Lintas Selama Pelaksanaan Shalat Idul Adha

Musi Rawas

Guna Meningkatkan Produktivitas Tanaman Karet di Musi Rawas, Bupati Mencanangkan Gardal JAP

Musi Rawas

NPHD Penyelenggaraan Pilkada Musi Rawas 2020 Ditandatangani

Musi Rawas

Tuntut PT SAS Ditutup, Ratusan Massa ‘Geruduk’ Kantor Bupati

Ekonomi

Serahkan Bantuan kepada UMKM dan Pengusaha Pemula, Bupati Berharap Perekonomian dapat Bangkit

Musi Rawas

Penandatanganan Pakta Integritas dan Sosialisasi Dipa Polres Mura 2021

Musi Rawas

10 Kecamatan di Musi Rawas Terima Bantuan Bus Sekolah