Home / Musi Rawas / Sumsel

Selasa, 1 Oktober 2019 - 08:50 WIB

55 Item Aset Pemkab Musi Rawas Diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau

MUSI RAWAS, SH – Persoalan masalah aset selama 18 tahun antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan Pemerintah Kota Lubuklinggau akhirnya menemukan sebuah kesepakatan yang ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan 55 item aset Pemkab Musi Rawas kepada Pemerintah Kota Lubuklinggau, Selasa (1/10/2019) di Bina Praja, Sekretariat Pemkab Musi Rawas.

Penandatanganan berita acara tersebut dilaksanakan oleh Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan dan Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putera Sohe yang disaksikan langsung, Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar, Koordinator Wilayah II Korsupgah Komisi Pemberantasan Korupsi RI Abdul Haris, Kakanwil BPN Sumsel Muchtar Deluma, Inspektur Provinsi Sumsel Bambang Wirawan, Ketua DPRD Musi Rawas Azandri, Kajari Lubuklinggau Zairida, Kepala BPN/ATR Musi Rawas.

Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar saat diwawancara menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya penandatanganan berita acara penyerahan 55 aset tersebut dan diharapkan aset ini dapat segera dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Selain itu kata Nasrun berharap, hubungan antara dua daerah ini dapat selalu tercipta dan tetap bersinergi, sehingga pembangunan yang ada di Musi Rawas dan Lubuklinggau dapat terlaksana sesuai yang diharapkan bersama untuk kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulilah, 18 tahun bukan waktu yang sebentar, hari ini sejarah tercatat bahwa tindaklanjut dari UU No 7 Tahun 2001 tentang pembentukan daerah otonomi baru Pemkot Lubuklinggau itu sudah ditindaklanjuti hari ini. Dan setelah ada kesepahaman yang ditindaklanjuti dengan kesepakatan yakni penandatangan berita acara penyerahan serah terima seluruh aset Pemkab Musi Rawas yang harus diserahkan kepada Pemkot Lubuklinggau pada hari ini,” kata Nasrun Umar.

Baca Juga :  Antisipasi Bertambahnya Kerusakan Jalan, Bupati Musi Rawas akan Datangi Pihak Perusahaan

Ada beberapa tahapan yang akan dilakukan, lanjut Nasrun, tahapan hari ini yakni penandatanganan penyerahan 55 Item aset Pemkab Musi Rawas kepada Pemkot Lubuklinggau kemudian Rabu besok (2/10/2019) dibawah Supervisi Koordinator Wilayah II Korsupgah KPK akan menindaklanjuti beberapa aset yang dianggap Pemkab Musi Rawas masih diperlukan untuk pembangunan Pemkab Musi Rawas.

“Yang penting adalah hari ini manifestasi itu sudah kita lakukan, semuanya kita tujukan untuk kesejahteraan masyarakat dan kedua kepala daerah ini sangat setuju dengan hal itu,” ungkap Sekda Provinsi Sumsel.

Sementara, Koordinator Wilayah II Korsupgah KPK Abdul Haris mengatakan, setelah ditandatanganinya penyerahan seluruh aset Pemkab Musi Rawas kepada Pemkot Lubuklinggau, besok (Rabu, 2 Oktober 2019) akan dilanjutkan pembahasan 12 list aset daerah yang akan diminta kembali oleh Pemkab Musi Rawas kepada Pemkot Lubuklinggau.

“Yang kemudian akan dilanjutkan dengan penandatangan berita acara kesepakatan penyerahan kembali aset tersebut pada Rabu besok (2/10/2019) di Pemkot Lubuklinggau,” ujar Haris.

Sementara Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan mengungkapkan, setelah dilakukannya penyerahan aset ini, Pemkab Musi Rawas secara bertahap telah mengikuti dan melaksanakan amanat undang undang.

Baca Juga :  Dua Kepala Daerah Sepakat Tandatangani BA Serah Terima Hibah dan Pinjam Pakai 21 Item Aset

Harapannya, ini dapat bermanfaat bagi masyarakat di dua daerah ini dan tentunya jika ada aset yang bisa di kerjasamakan oleh Pemkot Lubuklinggau secara bersama-sama dalam mengelolahnya maka hal itu akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

“Pada intinya Pemkab Musi Rawas akan melaksanakan apa yang telah disepakati hari ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” tegas Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putera Sohe menyambut baik adanya kesepakatan yang selama 18 tahun persoalan tentang aset ini akhirnya dapat terselesaikan.

Oleh para pendahulu yakni para pimpinan daerah sebelumnya, kata Nanan sebanyak 55 aset Pemkab Musi Rawas akan diserahkan kepada Pemkot Lubuklinggau dimana hari ini dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan 55 aset tersebut.

Sementara, lanjutnya menjelaskan, Rabu besok (2/10/2019) akan dilakukan pertemuan kembali di Pemkot Lubuklinggau untuk membicarakan tentang aset yang akan dipinjam pakaikan atau aset yang akan dihibahkan.

“Jadi hari ini telah disepakati 55 aset telah diserahkan dan ini belum selesai karena tahapan selanjutnya adalah besok di Kota Lubuklinggau untuk membicarakan dari 55 aset ini, mana yang akan dipinjam pakaikan dan mana yang akan dihibahkan,” ujar Nanan.

Naskah : Ferdi

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Lubuklinggau

Musda V DPD KNPI Kota Lubuklinggau Dibuka

Lubuklinggau

Pembukaan Acara Pertemuan Pokja Kampung KB

Pagar Alam

Eliza Alex Promosikan Agro Wisata Petik Jeruk

Lubuklinggau

Unit Metrologi Legal Kota Lubuklinggau Terbaik Untuk Wilayah Regional I

Musi Rawas

Selama Mudik Lebaran, Polres Musi Rawas Sediakan Pos Pelayanan dan Pengamanan

Kriminal

Pelaku Jambret di JPO Akhirnya Diringkus Polisi

Ekonomi

Sumatera Selatan Digadang Jadi Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru

Advertorial

Pemkab Muratara Serahkan Bantuan APD