Home / Palembang / Pilkada / Sumsel

Rabu, 9 September 2020 - 09:05 WIB

20 Calon Bupati dan Wakil Bupati di Sumsel Jalani Tes Kesehatan, Enam Calon Berhalangan

PALEMBANG, SH – Sebanyak 20 calon bupati dan wakil bupati dari 26 calon di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di lima kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak pada Desember 2020 ini menjalani tes kesehatan, Rabu (9/9/2020) di Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Lima kabupaten tersebut diantaranya, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara), OKU Timur, Ogan Ilir dan Penukal Abab Lematang Ilir (Pali). Sementara dua orang lainnya yakni calon Bupati PALI, Heri Amalindo dilaporkan sakit dan masih dalam perawatan, serta calon Wakil Bupati Musi Rawas Utara, Surian sedang menjalani karantina mandiri karena terkonfirmasi positif COVID-19.

“Dan satu pasangan dari OKU dan satu pasangan OKU Selatan belum ikut tes karena ada perpanjangan pendaftaran di sana,” kata Ketua Tim Medical Check Up (MCU) Pilkada Sumsel 2020, dr. Julius Anzar.

Dijelaskannya, RSMH akan mengerahkan 20 orang dokter spesialis untuk memeriksa kesehatan para calon kepala daerah dari tujuh kabupaten yang telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat yang terdiri atas spesialis saraf, psikiater, jantung, THT, mata, radiologi, penyakit dalam, obgyn, ortopedi dan urologi.

“Masing-masing spesialis ada dua dokter,” ujarnya di sela-sela tes psikotes calon kepala daerah di RSUP Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Menurut dia, tes kesehatan pada 8-9 September terpusat di RSMH Palembang yang sudah ditunjuk oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumsel sebagai lokasi tes.

Tahapan pemeriksaan pada hari pertama dimulai dari tes psikotes tertulis yang dimotori Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sumsel, lalu tes wawancara dan tes narkoba dari Badan Narkotika Nasional Provisi (BNNP) Sumsel.

Selanjutnya pada hari kedua calon kepala daerah menjalani tes kesehatan yang akan dicek masing-masing dokter spesialis dan diperkirakan selesai pada Rabu (9/9/2020) sore.

“Nanti hasilnya pemeriksaan diplenokan dulu hari Kamis (10/9/2020), baru diserahkan ke KPU,” tambahnya.

Editor: J. Silitonga

Sumber: ANTARA

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Pesona Curug Panjang Terus Memukau Wisatawan

Lahat

YLKI Lahat Minta Usut Tuntas Terkait Adanya Pegawai RSUD Lahat Diduga Keracunan Masal

Covid-19

Cegah Covid-19, Sepanjang Jalan Yos Sudarso Lubuklinggau Disemprot dengan Cairan Disinfektan

Palembang

Dinilai Batasi Kebebasan Pers, KPSS Tuntut MA Cabut Pasal 4 ayat 6 PMA Nomor 5 tahun 2020

Lahat

Juara Harapan, Laskar Merah Putih Siap Dukung Program Pemkab Lahat

Lubuklinggau

Wawako Pimpin Rapat Teknis Tentang Pelaksanaan Hajatan di Kota Lubuklinggau

Musi Rawas

Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Harus Ditingkatkan

Lubuklinggau

Musda V DPD KNPI Kota Lubuklinggau Dibuka