Home / Ekonomi / Musi Rawas / Sumsel

Senin, 21 September 2020 - 11:27 WIB

Serahkan Bantuan kepada UMKM dan Pengusaha Pemula, Bupati Berharap Perekonomian dapat Bangkit

MUSI RAWAS, SH – Ditengah situasi wabah virus corona melanda dunia hingga ke wilayah Kabupaten Musi Rawas, sektor perekonomian cukup terdampak khususnya pada sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) akan berusaha untuk membangkitkan kembali perekonomian di Kabupaten Musi Rawas.

Hal itu disampaikan Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan saat memimpin forum Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Mendorong Peningkatan Daya Beli Produk UMKM di Masa Pandemi Covid-19 dan Menghadapi New Normal Melalui Inovasi, Diversifikasi dan Pengembangan Industri Lokal. Senin (21/09/2020) di Auditorium Pemkab Musi Rawas, Muara Beliti.

Dikatakannya, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Pemkab Mura berkomitmen untuk mendorong kebangkitan ekonomi di Kabupaten Musi Rawas terutama UMKM.

Dikesempatan itu, Bupati menyerahkan bantuan sosial (Bansos) kepada UMKM dan pengusaha pemula berupa mesin jahit, peralatan bengkel motor, genset, sepeda, dandang, kompor, dan tungku.

Baca Juga :  150 Peserta Ikuti Safari Berburu

Kemudian, dilanjutkan penyerahan sertifikat Hak Cipta Motif Batik Muara Kelingi dari Kemenkumham difasilitasi Kementerian Koperasi dan UKM kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Mura.

Usai menyerahkan bantuan, Bupati menyampaikan, bansos alat ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan bila dimanfaatkan dengan baik maka juga akan meningkatkan ekonomi keluarga.

Tugas pemerintah, katanya, untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan Mura Sempurna.

“Mudah-mudahan bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan penghasilan dari usahanya. Kita harus terus bersyukur, berkat kerja keras bapak ibu sekalian dengan dibimbing oleh dinas terkait dan TP PKK Mura sehingga mendapatkan bantuan sosial berupa alat-alat sesuai kebutuhan pelaku usaha,” ucap Bupati.

Baca Juga :  Tingkatkan Wawasan Personil Polisi, Polres Musi Rawas Gelar Cerdas Cermat

Dihadapan para peserta yang hadir, Bupati juga mengimbau untuk tetap disiplin dan mentaati protokol kesehatan dalam aktivitasnya sehari-hari dan meminta untuk tetap semangat dalam mengembangkan usahanya.

“Jika masyarakatnya semangat dan pemerintah terus memberikan perhatian dan bimbingan, maka daerah kita akan semakin baik kedepannya,” ungkapnya.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 110 peserta yang terdiri dari UMKM dan pengusaha pemula di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Mura, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara materi FGD diisi oleh Dinas Ketahanan Pangan tentang Prospek Industri Melalui Inovasi, Diversifikasi Pangan Lokal. Selanjutnya materi dari Disperindag dengan pembahasan Strategi Pemasaran Produk UMKM. Dan materi ketiga dari Dinas Koperasi dan UKM tentang E Marketing untuk Peningkatan Kesejahteraan UMKM.

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Lubuklinggau

Masyarakat Lubuklinggau Serbu Bazar Murah

Kriminal

Tak Dipenuhi Permintaannya, Pemuda ini Tega Pukul Ibu Kandung

Kriminal

Diringkus Polisi, Novi Kini Mendekam di Tahanan

Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Terima Hasil Evaluasi SPBE 2018

Palembang

Wartawan Akan Terima Vaksinasi Covid-19, Gubernur Minta PWI Sumsel Melakukan Pendataan

Musi Rawas

Bansos Sempurna P2IT Tahap Kedua Mulai Diditribusukan

Palembang

HPN dan Porwada PWI Sumsel di Banyuasin akan Dihadiri Ketua Dewan Pers dan Ketum PWI Pusat

Musi Rawas

Dana Desa Tiap Tahun Meningkat, Hendra Gunawan: Jangan Diselewengkan