Home / Musi Rawas / Politik / Sumsel

Jumat, 17 Mei 2024 - 13:32 WIB

Mappilu PWI Musi Rawas Terbentuk, Jhuan: Wujudkan Pilkada yang Bersih, Berkualitas dan Berintegritas

MUSI RAWAS – PWI Musi Rawas telah menyusun formatur pengurus Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) yang legalitasnya melalui SK Mappilu PWI Provinsi Sumsel. Penyusunan struktur Mappilu ini dilaksanakan melalui rapat diskusi Pengurus PWI Musi Rawas, Jumat (17/5/2024) di Sekretariat PWI Mura, Kompleks Ruko Agropolitan.

Dalam rapat tersebut, ditunjuk sebagai Ketua Mappilu PWI Musi Rawas, Irhamudin, Wakil Ketua, Firmansyah dan Sekretaris, Rah Zainal alias Mimin Berita Lubuklinggau.

Ketua Mappilu PWI Musi Rawas, Irhamudin mengatakan, peran dan fungsi Mappilu PWI ini adalah melakukan pemantauan dan pengawasan setiap tahapan hingga pelaksanaan Pilkada di Musi Rawas pada 27 November 2024 mendatang.

Fungsi pers yakni kontrol sosial lebih dikedepankan dalam mengimplementasikan tugas Mappilu ini nantinya.

“Sebagai produk pertama, Mappilu PWI Musi Rawas akan membuka Posko Pengaduan. Melalui posko ini nanti kita akan menerima informasi dari masyarakat terkait adanya potensi kecurangan maupun indikasi pelanggaran di setiap tahapan hingga pelaksanaan Pilkada,” kata Irham.

Baca Juga :  Jhuan Silitonga Kembali Komandoi PWI Musi Rawas 2023 - 2026

” Kita harapkan peran Mappilu PWI ini dapat memberikan kontribusi yang efektif dalam menyukseskan Pilkada 2024 di Musi Rawas melalui tugas dan fungsi pers,” Irham menambahkan.

Sementara, Ketua PWI Musi Rawas Jhuan Silitonga usai memimpin rapat pembentukan Mappilu PWI Musi Rawas menjelaskan bahwa Mappilu ini merupakan produk PWI yang dibentuk untuk mengontrol, mengawasi dan memantau pelaksanaan Pemilu di seluruh daerah, dalam hal ini terkhusus di Kabupaten Musi Rawas.

“Mappilu PWI adalah lembaga yang dibentuk PWI Pusat guna mengimplementasikan peran tugas PWI dalam tanggung jawab kebangsaan,” sebutnya.

Selain itu, Mappilu PWI memiliki kekuatan sumber daya manusia yang bertugas memantau yang diisi orang-orang yang berprofesi sebagai wartawan, yang nantinya akan melaksanakan fungsi Pers nya sebagai media pendidikan, informasi dan kontrol sosial.

Baca Juga :  Dewan Pers Ingatkan, Wartawan yang Terlibat Politik Praktis Diminta Nonaktif

“Semangat Mappilu PWI yakni tercapainya Pilkada Musi Rawas pada 27 November 2024 yang Bersih, Berkualitas dan Berintegritas (3B) sehingga menghasilkan pemimpin yang diharapkan masyarakat Musi Rawas,” ungkap Jhuan.

Untuk itu, kata Jhuan, dengan aktifnya kembali Mappilu PWI di Musi Rawas diharapkan dapat memaksimalkan peran dan fungsinya terutama dalam melakukan tugas pokoknya, menampung informasi dari masyarakat, melakukan cros cek dan perimbangan untuk diinformasikan kepada masyarakat melalui peran Pers.

“Selamat bertugas, berikan yang terbaik untuk daerah, bekerja secara profesional dan berkualitas sehingga kontribusi pers melalui Mappilu ini dapat menghasilkan Pilkada yang Bersih, Berkualitas dan Berintegritas,” harap Jhuan.

Editor: Jhuan Silitonga

Struktur Koordinator Mappilu PWI Musi Rawas:

Pembina dan Penanggungjawab: Jhuan Silitonga

Ketua: Irhamudin

Wakil Ketua: Firmansyah

Sekretaris: Rah Zainal.

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Partai Demokrat Tetapkan Dukungan ke H2G di Pilkada Musi Rawas

Musi Rawas

Pergantian Jabatan Kasat Narkoba Polres Musi Rawas

Covid-19

Warga Desa Mambang Pemenang Gebyar Vaksin Presisi Polres Musi Rawas

Musi Rawas

Pendaftaran Berkas Anggota Polri Diperpanjang hingga 17 April

Hukum

AKBP Efrannedy Jabat Kapolres Musi Rawas

Hukum

Polda Sumsel OTT Sekretaris Dinas PU Bina Marga Muratara

Empat Lawang

Kopi Robusta Lintang Masuk 16 Terbaik, Bupati Empat Lawang Ajak Insan Pers Coffee Break

Lubuklinggau

Pawai Takbiran di Kota Lubuklinggau Berlangsung Meriah