Home / Musi Rawas / Palembang / Sumsel

Sabtu, 19 Desember 2020 - 05:01 WIB

Kontribusi Energi untuk Negeri dari PT Medco E&P di Masa Pandemi Covid-19

PALEMBANG, SH – PT Medco E&P Indonesia merupakan anak perusahaan PT Medco Energi Internasional (Tbk) yang sejak 1980 berusaha menyediakan ketersediaan energi bagi masyarakat.

Bersama pemerintah, perusahaan yang bergerak di Ulu Migas ini, berkomitmen mendukung setiap strategi dalam memenuhi kebutuhan energi masyarakat dan mempertahankan ketersediaan energi nasional, dan hal ini menjadi tanggung jawab bersama perusahaan lainnya yang bergerak di sektor minyak dan gas (Migas).

Menjalani tahun 2020 yang diwarnai dengan adanya wabah virus corona, menjadi tantangan bersama khususnya PT Medco E&P dalam memastikan ketersediaan energi dalam negeri.

Memenuhi target produksi dan memulai dengan perubahan dan penyesuaian baru di masa pandemi ini menjadi hal yang secara bersama harus dilakukan agar ketahanan energi terpenuhi dan secara ekonomi perusahaan tidak terganggu begitu juga kesehatan tenaga kerja wajib diprioritaskan.

“Alhamdulilah, produksi Migas memenuhi target selama masa pandemi ini, walau sempat menghadapi situasi menurunnya harga Migas namun ini merupakan sebuah tantangan bersama,” demikian di uraikan General Manager PT Medco E&P Indonesia, M Zulkifli saat menjadi pembicara dalam Webinar Media Gathering bertajuk ‘Komitmen Menjaga Ketahanan Energi Saat Pandemi’ Senin (14/12/2020) di Palembang.

Selain produksi Migas guna memenuhi ketahanan energi nasional, lanjut Zulkifli mengatakan, perusahaan juga memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup para tenaga kerja yakni dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat serta memulai adaptasi dengan perubahan baru dalam melaksanakan siklus waktu bekerja.

“Bersinergi bersama SKK Migas dalam melaksanakan beberapa kegiatan yang menjadi prioritas dalam memproduksi Migas dan yang pasti tidak ada pengurangan tenaga kerja, namun melaksanakan perubahan baru dengan menerapkan siklus waktu bekerja serta melaksanakan protokol kesehatan secara ketat yang dilakukan selama masa adaptasi pandemi ini,” ungkap Zulkifli menyampaikan kiat-kiat yang dilakukan PT Medco E&P selama masa Pandemi Covid-19.

Sementara, Officer Community Enhancement CSR PT Medco E&P Robby Wijaya dalam materinya menjelaskan, PT Medco E&P ikut serta dalam memberikan kontribusi nya di masa pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :  Ratusan Pendemo 'Geruduk' Mapolres dan Pemkab Empat Lawang

Sesuai dengan misi perusahaan yakni, mencari dan mengembangkan secara inovatif sumber daya energi untuk meningkatkan manfaat bagi semua pihak yang berkepentingan (stakeholder) sejalan dengan standar etika dan standar lingkungan energi. Dengan mengedepankan empat tata nilai yakni, profesional, etis, terbuka dan inovatif.

Berdasarkan hal tersebut, kata Robby, di masa Pandemi Covid-19 ini PT Medco E&P tetap memberikan kontribusi dalam menyalurkan bantuan CSR agar tepat sasaran dan tepat guna, melalui empat pilar pelaksanaan bantuan CSR di lakukan yakni, kesehatan, pendidikan, pengembangan ekonomi setempat dan infrastruktur.

Kontribusi PT Medco E&P Awal Pandemi berupa bantuan bahan pokok, masker, alat cuci tangan, sarung tangan dan handsinitizer

Keempat pilar ini telah dilaksanakan terutama dalam bidang kesehatan walau adanya keterbatasan barang seperti alat kesehatan berupa sarung tangan, masker dan handsanitizer serta paket bahan pokok, namun pihaknya telah menyalurkan bantuan tersebut.

“Diawal pandemi, PT Medco E&P telah menyalurkan bantuan berupa paket makanan pokok, masker, sarung tangan, Handsanitizer dan alat cuci tangan,” paparnya.

Sementara, sebagai wujud kepedulian akan wabah Covid-19, sosialisasi untuk menaati protokol kesehatan terus digalakkan terutama dalam melakukan 3M yakni, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Hal ini kata Roby sebagai komitmen bersama dalam mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.

Selain itu, sambung Roby, bantuan yang diberikan PT Medco E&P melalui CSR di masa pandemi ini tetap dilaksanakan dan telah di salurkan dibeberapa tempat melalui empat pilar tersebut.

Diantaranya, edukasi kesehatan melalui penyerahan bantuan alat cuci tangan, masker, Handsanitizer yang di barengi dengan melakukan imbauan terkait protokol kesehatan.

Selanjutnya, pada ekonomi dan ketahanan pangan. Bantuan diberikan kepada pelaku UMKM, kelompok tani, kelompok kerja baik itu, bantuan bibit ikan, mesin jahit dan pemberian bimbingan terhadap UMKM.

Adaptasi selama masa pandemi ini juga menyasar kepada kepedulian kaum rentan, yang dilakukan dengan pemberian bantuan paket bahan pokok kepada masyarakat tidak mampu yang terdampak serta pemberian bantuan sosial kepada panti jompo dan panti asuhan, serta pesantren.

Baca Juga :  Gubernur Ajak Warga Sumsel Salurkan Zakat Melalui Baznas

Sementara sebagai wujud komitmen bersama pemerintah daerah di masa adaptasi Pandemi Covid-19 ini, kata Roby, peningkatan infrastruktur juga menjadi prioritas dan bantuan di sektor ini telah dilaksanakan.

Dan yang terakhir, dia menambahkan yakni, support aktivitas masyarakat. Membangun komunitas dengan penghidupan lebih baik serta menjaga kearifan lokal juga menjadi prioritas PT Medco E&P selama adaptasi masa pandemi.

Adaptasi Pandemi, beberapa bantuan melalui dana CSR PT Medco E&P yang telah di lakukan kepada masyarakat, pemerintah daerah, kelompok tani, kelompok kerja dan UMKM

Menjunjung tinggi kearifan lokal untuk memberikan nilai tambah pemanfaatan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan serta membangun komunitas untuk penghidupan yang lebih baik menjadi pertimbangan agar dapat memberikan manfaat dan bermanfaat.

“Beberapa hal yang telah dilakukan PT Medco E&P dalam membangun komunitas dan menjaga kearifan lokal bersama kelompok tani, seperti, membangun budi daya karet organik (Bukori), budi daya Jamur Merang (Bumerang), budi daya Madu Hutan dan Kelulut (Mantanku),”

“Senyum tulus dan semangat kuat untuk hidup produktif di tengah pandemi adalah kontribusi energi kami untuk negeri,” ucap Roby.

Kegiatan webinar yang diikuti peserta dari para wartawan di wilayah Sumsel itu juga di hadiri para pengurus PWI 6 kabupaten dan 2 kota dalam wilayah Sumsel, serta para nara sumber diantaranya, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Adiyanto Agus Handoyo, Kepala Divisi Content Enrichment Media Indonesia, Ade Alawi dan Officer Of Community Enhancement SSR PT Medco E&P, Robby Wijaya.

Juga dihadiri Manager PT Medco E&P Indonesia M Zulkifli, Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, Asisten II yang diwakilkan Kabag Ekonomi Setda Kabupaten PALI, Junaidi Nurdin, Drajat Panjawi, Kepala Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Ari yang dipandu Novita dan Yulianto.

Naskah: Jhuan Silitonga

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

5.182 Rumah di Musi Rawas Tersambung Jargas

Hukum

Kapolres Musi Rawas Pimpin Sertijab 4 Kapolsek

Palembang

Bersama Singo Jalanan, PWI Sumsel Santuni Anak-anak Panti Tali Kasih

Hukum

Buntut Tak Lolos Seleksi Balonkades, Lima Orang Geruduk DPMD Musi Rawas

Kriminal

Polisi Ringkus Dua Pelaku Jambret

Advertorial

Perayaan 2 Tahun Kepemimpinan H2G – Suwarti dihadiri Tiga Tokoh Nasional

Musi Rawas

45 Anggota Polres Musi Rawas Mendapatkan Vaksin Covid-19

Musi Rawas

Jalan Desa Tri Karya Mulai di Tingkatkan