Home / Musi Rawas / Sumsel

Selasa, 12 Desember 2017 - 05:14 WIB

Kepala Desa Harus Mampu Berdayakan Anak-Anak Muda Sebagai Penyampai Informasi Desa

MUSI RAWAS, Sumatera Headline –¬†Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan sukses menggelar salah satu program kerjanya. Kegiatan tersebut di peruntukan bagi seluruh aparatur desa yang ada di Kecamatan Suka Karya yang di bungkus dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pers dan Kehumasan Menuju Aparatur Desa Lebih Kreatif dan Inovatif Membangun Desa Menyongsong Musi Rawas Sempurna.

Camat Suka Karya, Doddy Irdiawan yang sekaligus membuka kegiatan itu menyampaikan, ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan tersebut dan bangga karena Kecamatan Suka Karya akan di jadikan pilot projek dari semua program kerja PWI Musi Rawas.

“Semoga kegiatan ini dapat bermanpaat bagi aparatur desa di Kecamatan Suka Karya, silahkan diskusi dan ajukan pertanyaan sebanyak mungkin sehingga aparatur desa bisa memahami bagaimana cara dan etika kerja wartawan saat menghadapi nara sumber,” katanya di Aula Kecamatan Suka Karya, Senin (11/12/2017).

Sementara Ketua PWI Musi Rawas, Novi Yansyah dalam interaksi diskusi kepada para peserta yang hadir menjelaskan bagaimana dan apa yang harus dilakukan nara sumber saat bertemu dengan wartawan.

Dikatakannya, wartawan itu bukan mahkluk yang harus ditakuti, seharusnya masyarakat terutama aparatur desa lebih bisa membuka diri dalam memberikan informasi sehingga akan membantu wartawan tersebut dalam menyampaikan informasinya melalui tulisan dan berita tersebut akan naik cetak di media yang bersangkutan.

Baca Juga :  Jamu CJH Musi Rawas, Bupati Berpesan Untuk Saling Mendoakan

“Wartawan di dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya harus dibekali dengan identitas yang jelas, seperti bisa menunjukan kartu pers yang berlaku, namanya tercantum di dalam boks redaksi, dan jika perlu telah tergabung di dalam salah satu tiga organisasi yang menjadi konstituen Dewan Pers yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalistik Indonesia (AJI) dan Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI).

Kedepan, jelasnya dirinya inginkan di Kecamatan Suka Karya yang memiliki 8 desa bisa menyiapkan anak-anak muda yang potensial untuk berperan serta membangun desa melalui penyebaran informasi baik itu melalui website kecamatan dan kelurahan/desa atau melalui media sosial.

“Kepala desa harus bisa memberdayakan anak-anak muda di desanya sebagai penyampai informasi, sebagai humas sehingga pembangunan yang sudah dilakukan di desanya serta potensi alam yang ada dapat di sebarkan oleh komunitas anak-anak muda desa ini melalui website desa dan media sosial,” ujar Novi Yansyah yang di sambut tepukan tangan para peserta yang ada.

Dan jika mendapat dukungan dari semua pihak sambungnya, PWI Musi Rawas akan memberikan pelatihan jurnalistik bagi siswa-siswi di tiga sekolah yang ada di Kecamatan Suka Karya.

Baca Juga :  Tuntut PT SAS Ditutup, Ratusan Massa 'Geruduk' Kantor Bupati

“Sehingga anak-anak muda yang ada di desa ini nantinya bisa berperan dan ikut membangun bangsa dengan mencerdaskan kehidupan masyarakat desanya,” pungkas Novi Yansyah.

Pada kesempatan tersebut terlihat peserta yang hadir sangat antusias melontarkan pertanyaan dalam mengikuti diskusi. Dan di akhir acara panitia kegiatan memberikan bingkisan berupa 5 kg beras ke masing-masing perserta yang dinilai respektif dalam diskusi tersebut.

Selain menggelar kegiatan bimtek kata ketua panitia, Andi Salahudin yang juga wakil ketua bidang pendidikan PWI Musi Rawas, panitia juga menggelar bazar sembako murah bekerjasama dengan Bulog.

“Ada 240 kupon yang disiapkan bulog, terdiri dari 1 liter minyak sayur, 1 kg gula pasir dan 1 kg tepung terigu,” papar Andi.

Selain itu ucapan terimakasih disampaikan kepada Ketua Apdesi Kecamatan Suka Karya, Bulog, dan Pimpinan Jaman Musi Rawas, serta pegawai dan staf kecamatan yang ikut membantu dan menyukseskan kegiatan itu.

“Terimakasih atas respon dan dukungan Ketua Apdesi Kecamatan Suka Karya, Muharor, Pimpinan Jaman Musi Rawas dalam hal ini Bendaharanya, Kusni Mulyadi, Bulog dan Camat Suka Karya, kedepan bantu kami jadikan Suka Karya sebagai Pilot Projec seluruh program kerja PWI Musi Rawas,” pungkas Faisol Fanani penggagas kegiatan ini. (Red)

Editor : J. Silitonga

 

Share :

Baca Juga

Pagar Alam

Pemkot dan Polres Pagaralam Gelar Khitanan Gratis

Musi Rawas

Hari Pertama Posko Pengaduan di Buka, Pelapor Siap Membawa Bukti ke DKPP

Kriminal

Polisi Ringkus Tiga Pelaku Pencuri Buah Sawit

Kriminal

Pelaku Teror Rumah Warga di Kelurahan Rahma Berhasil Diringkus Polisi

Musi Rawas

Dinas Sosial Musi Rawas Bantu Anak KAMIS Masuk Sekolah

Musi Rawas

Kak Gun Ajak Guru Membuat Inovasi, Kreasi dan Prestasi

Musi Rawas

Menggali Eksotisme Curug Panjang Durian Remuk Hingga Menjadi Destinasi Wisata Daerah

Lubuklinggau

PMI Kota Lubuklinggau Gelar Diklat Relawan Markas