Home / Musi Rawas

Jumat, 3 November 2023 - 15:08 WIB

Bersama Stakeholder, Minamas Plantation Gelar Sosialisasi dan Siap Tanggulangi Karhutla

MUSI RAWAS— Sinergitas bersama stakeholder, menjadi kunci utama dalam penanggulangan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Karena itu Minamas Plantation melalui anak usahanya PT Bina Sains Cemerlang (PT. BSC) kembali mengadakan Sosialisasi dan pelatihan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan bersama masyarakat.

Manajemen PT BSC dan stakeholder, foto bersama.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola PT. BSC Desa Sungai Pinang, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas,pada  Kamis (02/11/2023).

Kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan serta pembekalan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan sekitar dari bahaya Karhutla.

Sehingga masyarakat dapat menyebarluaskan semangat mencegah terjadinya kebakaran dan membantu pemadaman, apabila terjadi Karhutla serta dapat menjalankan tata cara pelaporan ke satuan tugas (Satgas) jika Karhutla terjadi di sekitar lingkungannya.

Regional Controller Minamas Plantation Region RSS, Mohd. Zamri Bin Pardi mengatakan, Minamas Plantation berkomitmen dalam pencegahan dan penanggulangan karhutla dengan melibatkan masyarakat dan stakeholder.

Mengingat masyarakat memegang peranan penting dalam pencegahan karhutla.

“Apel siaga terkait upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang rutin kita laksanakan hampir setiap tahunnya sebagai bentuk kesiapan kita dalam menghadapi dan mencegah terjadinya karhutla. Selain itu, pada hari ini kita juga akan memberikan bantuan sarana prasarana berupa mesin damkar kepada desa-desa sebagai apresiasi dari kami kepada desa yang pada tahun 2022 telah berhasil menjaga wilayah desanya dari bahaya kebakaran lahan dan pada tahun 2023 ini telah bekerjasama dalam pencegahan dan pengendalian karhutla,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kodim 0406 Lubuklinggau Tetapkan Desa Q1 Tambah Asri Lokasi TMMD ke 112

Lebih lanjut dijelaskan sejak awal beroperasi, Minamas Plantation telah menerapkan zero burning policy secara ketat di seluruh area operasional. monitoring berbasis satelit untuk mencegah terjadinya kebakaran khususnya pada saat musim kemarau.

Di bidang pencegahan, Minamas Plantation membangun inisiatif berbasis masyarakat, seperti fasilitasi pembentukan masyarakat peduli api, program guru dan sekolah peduli api dan berbagai inisiatif lainnya.

Di bidang penanganan Karhutla, hingga saat ini Minamas Plantation terus memantau situasi yang berlangsung di seluruh lokasi perusahaan dengan seksama, pemantauan dilakukan setiap hari melalui sistem plantation location intelligent universal management (PLATINUM), menggunakan data-data dari satelit pada titik panas di peta area konsesi untuk mendeteksinya dengan cepat.

Seluruh titik api yang terdeteksi akan segera dilaporkan kepada  pihak berwenang dan prosedur yang sama juga diterapkan dalam standar operasional perusahaan.

Sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla dengan tema “Bersama Kita Bisa Cegah Karhutla” ini melibatkan Desa Sekitar PT. BSC, Unsur Pimpinan Kecamatan Muara Lakitan hingga tingkat kabupaten yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas.

Dalam kegiatan ini PT Bina Sains Cemerlang juga menyerahkan bantuan CSR berupa 6 unit mesin pemadam kebakaran (Damkar) kepada 6 desa sekitar perusahaan sebagai bentuk dukungan dalam hal penanggulangan Karhutla.

Baca Juga :  Masa Jabatan Berakhir, Pjs Bupati Musi Rawas H Ahmad Rizali Pamitan

Kasi Kesiapsiagaan dan Kebakaran BPBD Musi Rawas, Mariani mengapresiasi PT. Bina Sains Cemerlang yang telah melakukan sosialisasi, pelatihan dan penyerahan bantuan mesin pemadam kebakaran kepada desa sekitar perusahaan.

Menurutnya sosialisasi dan pelatihan penanggulangan karhutla itu sangat penting untuk membangun dan meningkatkan sinergi antara perusahaan dan warga yang ada di sekitar lokasi.

“Kami sangat mengapresiasi PT. Bina Sains Cemerlang yang telah melakukan kegiatan ini bersama masyarakat dan stakeholder terkait. Kita berharap hal ini dapat terus dipertahankan ke depan dan sebagai contoh bagi perusahaan-perusahaan lainnya,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolsek Muara Lakitan, Iptu Muhammad Abdul Karim mengungkapkan, melalui sosialiasi dan pelatihan ini dapat membangun kesadaran hukum dan pentingnya mengetahui tugas dan tanggungjawab masing-masing pihak dalam pencegahan Karhutla.

“Mari bersama-sama kita bahu Membahu menjaga agar tidak terjadi Karhutla dengan menjalankan tugas dan tanggungjawab kita masing-masing sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Mencegah lebih baik daripada memadamkan,” jelasnya.

Kegiatan bertambah semangat dengan materi motivasi dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang disampaikan oleh Danramil Muara Lakitan Kapten Czi Epi Sugiarto. Acara ditutup dengan simulasi pemadaman kebakaran oleh regu pemadam kebakaran PT Bina Sains Cemerlang. (SH-03)

Editor: Jhuan

Share :

Baca Juga

Covid-19

Positif Covid-19 di Musi Rawas Bertambah 5 Orang, Total 8 Kasus

Musi Rawas

Kerja Keras Polres Mura Hasilkan Situasi Kamtibmas Tetap Kondusif

Musi Rawas

Tuntut PT SAS Ditutup, Ratusan Massa ‘Geruduk’ Kantor Bupati

Hukum

Jajaran Polres Musi Rawas Lakukan Sosialisasi Penerimaan Anggota Polisi Bagi Suku Anak Dalam

Musi Rawas

Bebas Malaria, Pemkab Musi Rawas Terima Penghargaan dari Kemenkes RI

Musi Rawas

Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Bupati Musi Rawas Resmikan Program Pamsimas

Kriminal

Diduga Hamili Anak Kandung, Pria ini diamankan Polisi

Kriminal

Oknum ASN di Musi Rawas ‘Cabuli’ Balita