Home / Musi Rawas / Nusantara / Sumsel

Jumat, 11 Juni 2021 - 15:37 WIB

BATAN Keluarkan Varietas Padi Dayang Rindu Muratan 1 dan 4 Musi Rawas

JAKARTA, SH – Varietas Padi lokal Dayang Rindu yang hampir punah kini mendapat sertifikat dari Kementrian Pertanian (Kementan RI) melalui Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) sebagai varietas padi sawah unggulan dengan nama Dayang Muratan 1 dan Dayang Muratan 4.

Kepastian keluarnya sertifikasi tersebut disampaikan langsung Kepala BATAN Prof. Dr. Ir. Anhar Riza Antariksawan, di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Pair BATAN Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Dimana SK Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 90/HK.540/C/03/2021 dan Nomor : 89/HK.540/C/03/2021, tentang pelepasan calon varietas padi sawah DR-06 sebagai varietas unggul dengan nama Dayang Muratan 1 dan Dayang Muratan 4 diterima langsung Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud.

Anhar Riza mengatakan, pihak BATAN telah lama menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dalam pengembangan padi lokal yang ada di wilayah itu dan berharap kerjasama ini terus dilakukan untuk kemajuan dan kesejahteraan petani Musi Rawas.

Baca Juga :  Buka Munas IV PATRI, Tutut akan Dampingi Transmigran Memajukan Bangsa

“Suatu kehormatan dapat bersilahturahmi dengan Bupati dan kedepan kerjasama ini dapat terus berlangsung untuk kemajuan dan kesejahteraan petani Musi Rawas,” harapnya.

Anhar Riza memaparkan, banyak teknologi yang dikembangkan tersedia di BATAN, bukan hanya pada bidang pertanian saja namun ada juga bidang kesehatan, peternakan dan industri.

“Kedepannya BATAN juga ingin bekerjasama dengan Pemkab Musi Rawas dalam bidang kesehatan dan industri,” kata Anhar Riza.

Sementara Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengaku bangga dengan adanya varietas padi lokal Dayang Rindu yang dikembangkan pihak BATAN.

Dia berharap kerjasama ini dapat terus ditingkatkan, melalui pihak BATAN yang mengembangkan teknologinya di bidang pertanian juga dapat memberikan kemajuan teknologi di bidang lainnya seperti peternakan, perkebunan dan kesehatan sehingga hal ini akan memberikan kemajuan bagi masyarakat dan petani Musi Rawas untuk lebih maju, mandiri dan sejahtera.

Baca Juga :  Wakapolres Musi Rawas Cek Sikap Tampang Kelengkapan Anggota

“Padi Dayang Rindu ini sudah sangat lama, semasa kecil saya sudah mendengarnya dan sangat diminati karena rasa dan aromanya yang harum. Saya juga berharap Bapak Kepala BATAN dan jajarannya terus membantu Kabupaten Musi Rawas untuk mengembangkan pertanian, perkebunan maupun peternakan melalui teknologi di BATAN sehingga kedepan masyarakat petani di Kabupaten Musi Rawas lebih maju, mandiri dan sejahtera,” ungkap Hj Ratna Machmud.

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Nusantara

SMSI Sarankan Pemerintah Membuat Crisis Center Pengendalian Virus Corona

Nusantara

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Advertorial

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pilkada Sumsel

Hukum

Mensos dan Empat Orang Lainnya Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka

Ekonomi

PON XX Papua Diundur 2021, Kementerian PUPR Perpanjang Masa Pelaksanaan Pekerjaan Venues

Hukum

Buronan Kejari Lubuklinggau Ditangkap di Jambi

Covid-19

Ini Keterangan Pers Presiden RI Usai Tinjau Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19

Muratara

Kunjungi 2 Anak Korban KDRT, Bunda Lia Ikut Support Masa Depan Keduanya