Home / Covid-19 / Musi Rawas / Sumsel

Minggu, 26 April 2020 - 15:28 WIB

1 Kasus Postif Covid-19, 2 PDP dan 15 ODP di Musi Rawas, Masyarakat Jangan Panik Tetap Waspada

MUSI RAWAS, SH – Berdasarkan informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Selatan, terkonfirmasi satu kasus positif Covid-19 dan 2 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 15 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas, yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan (GTPP) Covid-19 Musi Rawas Hj Mifta Hulumni saat melakukan conference pers di kantor Bupati, Muara Beliti Minggu (26/04/2020).

“Satu kasus terkonfirmasi Covid-19 sebagai kasus positif 01, perempuan berumur 30 tahun warga Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas,” jelas Mifta.

Untuk kasus positif ini, pihaknya belum dapat memastikan apakah transmisi lokal atau impor. Namun sedang dilakukan penelusuran terkait riwayat perjalanan dan lainnya.

Mifta mengatakan, pihaknya telah melakukan screening lebih dari 5.000 warga yang kemudian ditindak lanjuti dengan Rapid Tes dan Swab Tes yang dikirim ke Provinsi Sumsel, diketahui berdasarkan hasil tersebut terdapat kasus terkonfirmasi positif Covid-19 ini.

“Pasien positif 01 telah dilakukan isolasi dan dilakukan pemantau secara ketat oleh tim kesehatan dan kami mengimbau kepada keluarga dan orang yang telah kontak langsung dengan pasien positif 01 untuk segera mengisolasi mandiri dan segera melaporkan bila ada gejala-gejala Covid-19,” terang Mifta.

Baca Juga :  Pjs Bupati Musi Rawas Serahkan Bansos IV dan Bansos untuk Pegawai Non ASN RSUD Dr Sobirin

Sementara untuk PDP, lanjutnya menjelaskan berjumlah 2 pasien, diantaranya PDP 01 perempuan usia 2 bulan warga Kecamatan Muara Kelingi yang dirawat di Rumah Sakit Sobirin sejak 16 April 2020.

“Hasil Rapid Test terhadap PDP 01 adalah negatif namun kita masih menunggu hasil Swab test di Palembang,” katanya.

Selanjutnya, untuk PDP 02 yakni seorang perempuan berusia 61 tahun warga Kecamatan Selangit, dirawat di RS Sobirin sejak hari Sabtu 25 April 2020 kemarin. Namun, PDP 02 meninggal dunia pada Minggu (26/04/2020) pagi ini.

“Hasil Rapid Test PDP 02 negatif dan masih menunggu hasil Swab. Untuk proses pemakaman nya tetap dilakukan secara Covid 19, dan dimakamkan di pemakaman umum Selangit dan alhamdulilah masyarakat bisa menerimanya,” ujar Mifta.

Baca juga:

Baca Juga :  H Syarif Hidayat : Camat Harus Mampu Mendengar Aspirasi Masyarakat

Sementara kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 15 orang yang terdiri dari 11 orang telah selesai dalam pemantauan dan 4 orang dalam proses pemantauan atau isolasi.

Dia mengatakan, GTPP Covid-19 Kabupaten Musi Rawas telah melakukan secara maksimal upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayah Kabupaten Musi Rawas. Dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dari kecamatan, kelurahan dan desa.

“Disetiap kecamatan, kelurahan dan desa telah disediakan posko Covid-19,” ungkapnya.

Sementara dalam mengantisipasi warga luar wilayah Kabupaten Musi Rawas terutama warga yang mudik, pihaknya telah menyediakan posko kesehatan di setiap perbatasan.

“Di posko ini akan dilakukan pengukuran suhu tubuh warga yang mudik dan bila suhunya melebihi 38 derajat celcius akan masuk dalam pemantauan. Bila suhu tubuhnya normal, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan dan desa untuk memantau warga tersebut selama 14 hari,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Musi Rawas kata Mifta, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selalu menaati anjuran pemerintah dan melakukan aktivitas di dalam rumah serta melakukan pola hidup sehat, tetap waspada dan jangan panik.

Editor: J. Silitonga

Bagikan:

Share :

Baca Juga

Sumsel

Wabup Buka Sosialisasi Analisa Standar Belanja dan E-Budgetting

Lubuklinggau

Mendadak, 35 Personil Polres Lubuklinggau di Test Urine

Musi Rawas

ASN Pemkab Musi Rawas Salurkan Bantuan Untuk Tim Medis Berupa APD dan Kelengkapannya

Musi Rawas

Diskominfo Musi Rawas Gelar Sosialisasi Persandian Kesadaran Pengamanan Informasi

Palembang

SMSI Dukung Program OBRAS Virtual Dirnarkoba Polda Sumsel

Muratara

2018 Pembangunan GI Dimulai Dengan Harapan Terwujudnya Muratara Terang Benderang

Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Lounching Gernas Baku

Palembang

PWI Sumsel Gandeng SKK Migas Gelar UKW