Home / Musi Rawas / Sumsel

Rabu, 18 Juli 2018 - 10:25 WIB

Usai Terbakar, Pembangunan Masjid Mujahidin Mulai Dilaksanakan

MUSI RAWAS, Sumatera Headline – Masyarakat Dusun II Desa Jambu Rejo, Kecamatan Sumber Harta dapat benapas lega, pasalnya satu-satunya masjid yang berada di dusun ini secara resmi, Rabu (18/7/2018) mulai dibangun yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan pondasi masjid oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan.

Masjid Mujahidin pada 29 April 2018 lalu yang hangus terbakar dan hanya menyisakan puing-puing dan dinding masjid saat ini sudah diratakan dengan tanah.

Kini, Masjid Mujahidin yang selama ini menjadi pusat peribadatan umat islam di Desa Jambu Rejo khususnya Dusun II ditargetkan dalam satu tahun sudah bisa difungsikan.

Sebelum dilakukan peletakan batu pertama, Bupati Musi Rawas mengajak seluruh pengurus Masjid Mujahidin, Pemerintah Desa dan Kecamatan serta undangan yang hadir untuk memanjatkan doa agar pembangunan Masjid yang memiliki ukuran 12×1 meter ini dapat diselesaikan sesuai dengan perencanaan.

Baca Juga :  Diskusi Bupati Musi Rawas dengan Irjen ESDM, Guna Percepatan Pembangunan di Musi Rawas

Bupati Musi Rawas dalam kesempatan itu mengungkapkan, musibah kebakaran ini merupakan ujian bagi umat islam di desa ini untuk tetap menjaga keimanan dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat desa Jambu Rejo dan Kabupaten Musi Rawas untuk menyisihkan rezeky dan bergotong royong untuk pembangunan Masjid Mujahidin ini.

Sementata Takmir Masjid Mujahidin, Hayat menceritakan kebakaran ini terjadi pada malam 29 April 2018. Ketika mengetahui Masjid di lalap api, ratusan warga Desa Jambu Rejo berlarian mengangkut ember-ember berisi air untuk memadamkan api. Namun api sudah terlanjur besar dan masyakat pasrah melihat atap masjid habis tinggal arang dan runtuh ke lantai masjid.

Dikatakannya, setelah kejadian ini, masyarakat yang sebelumnya melaksanakan sholat jum’at di masjid ini terpaksa harus berjalan sekurangnya 2 km untuk sampai ke masjid terdekat.

Baca Juga :  Penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri sebagai kado Terindah HUT Kabupaten Musi Rawas

Namun dengan dimulainya pembanguan ini, dirinya bersama masyarakat lainnya sangat bersyukur dan akan bersama-sama serta bergotong royong membangunnya kembali.

Pihaknya memperkirakan untuk pembangunan masjid ini dibutuhkan dana sebesar Rp 300 juta, saat ini sudah ada dana permulaan baik yang diberikan oleh Bupati Musi Rawas, Perangkat Desa dan Keecamatan serta masyarakat.

Namun katanya untuk dana yang terkumpul saat ini mmasih jauh dari cukup, untuk itu dirinya mengharapkan uluran tangan dari seluruh donatur untuk ikut membantu baik berupa uang maupun bahan, dengan cara mengantarkan langsung ke masjid atau menghubungi pengurus.

Mengakhir, dirinya mewakili pengurus masjid mengucapkan terimah kasih kepada Bupati Musi Rawas atas bantuan dan perhatian kepada desa jambu rejo khususnya Masjid Mujahidin ini. (*)

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Polres Musi Rawas Laksanakan Baksos dan Pengobatan Gratis

Musi Rawas

Bupati Tanda Tangani NPHD Bawaslu Musi Rawas

Musi Rawas

Bupati Musi Rawas Tinjau Lokasi Banjir dan Salurkan Bantuan di Desa Batu Gane

Hukum

Polantas Musi Rawas Gelar Giat Strong Poin

Musi Rawas

Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria, Bupati Berharap Persoalan Pertanahan Dapat Tuntas

Lubuklinggau

Nanan Tertantang Rencana GANN Siapkan 5000 Kader Anti Narkoba

Musi Rawas

Program Musi Rawas Menanam Berbuah Penghargaan Proklim Menteri LHK

Lubuklinggau

Jelang Event Gebyar Harmoni Kebangsaan, Pemkot Lubuklinggau Gelar Rapat Koordinasi Persiapan