Home / Musi Rawas / Sumsel

Kamis, 30 September 2021 - 11:32 WIB

Sosialisasi dan Penyusunan DIP bagi OPD di Musi Rawas Guna Meningkatkan Pelayanan Informasi Publik

LUBUKLINGGAU, SH – Guna meningkatkan pelayanan informasi publik di Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik daerah tersebut, mengadakan Sosialisasi dan Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kegiatan tersebut di buka langsung Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Aidil Rusman, Kamis (30/9/2021) di Ballroom Hotel Dewinda, Lubuklinggau.

Aidil Rusman menyampaikan, acara ini diadakan dalam rangka memenuhi amanat Undang-undang No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, dimana salah satu kewajiban Badan Publik adalah menyediakan daftar informasi publik agar keterbukaan informasi publik dapat berjalan efektif dan hak publik terhadap informasi berkualitas secara nyata dapat terpenuhi.

Baca Juga :  Hadiri GMSC, Bupati Fokus Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan di Musi Rawas

Dijelaskan, informasi merupakan kebutuhan dasar setiap orang sebagai pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional. PPID berpedoman terhadap 6 asas, yakni, Transparan, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak serta Keseimbangan Hak dan Kewajiban.

“Saya harap PPID dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab guna menunjang perkembangan dan pembangunan daerah. Kepada para peserta, diharapkan dapat mengikuti dan mempedomani dengan sosialisasi dan penyusunan DIP,” ungkap Asisten II M. Aidil Rusman saat membuka acara.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Musi Rawas, H Bambang Hermanto menyampaikan sosialisasi dan penyusunan DIP yakni, untuk mengoptimalkan pelayanan informasi publik di lingkungan Pemkab Musi Rawas.

Baca Juga :  Tiga Bapaslon Lubuklinggau Lolos Tes Kesehatan

“Harapan kita dengan acara ini, pelayanan informasi publik di Kabupaten Musi Rawas semakin baik. Dan dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan,” katanya.

Turut hadir, nara sumber dari Komisioner Komisi Informasi Prov. Sumsel A. Kori Kunci, Kasi Pelayanan Media Infromasi Publik Dinas Kominfo Prov. Sumsel Azim Baidillah, Pimpinan OPD serta peserta PPID Pembantu juga operator OPD di lingkungan Pemkab Musi Rawas. Dengan jumlah peserta 120 orang.

Editor: J Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Kapolres Musi Rawas Pimpin Rapat Pembentukan Tim Kerja Zona Integritas

Lubuklinggau

25 Anggota Polwan Kunjungi Tiga Sekolah

Nusantara

Di HPN Surabaya, Presiden Jokowi Harapkan Media sebagai Penjernih Informasi

Ekonomi

Serahkan Bantuan kepada UMKM dan Pengusaha Pemula, Bupati Berharap Perekonomian dapat Bangkit

Empat Lawang

Pengurus PWI Kabupaten Empat Lawang Dikukuhkan

Muratara

Bupati Muratara Didaulat Sebagai Bapak Santri Sumsel

Musi Rawas

Tinjau Jembatan Putus, Bupati Instruksikan Pemasangan Portal

Covid-19

Gubernur Cek Kesiapan 2 Dapur Umum Gugus Tugas Covid-19 Sumsel