Persiapan Mudik Lebaran, Polres Musi Rawas Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Musi Rawas, Sumatera Headline – Dalam rangka melakukan kesiapan menjelang mudik lebaran 1438 H, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Musi Rawas, Minggu (04/06/2017)  melaksanakan survey jalan dan jembatan di sepanjang jalan lintas provinsi Muara Beliti – Sekayu sebagai bagian tugas rekayasa lalu lintas.

“Tugas Kepolisian menurut pasal 4 UU 22/2009, rekayasa lalu lintas sendiri merupakan penanganan, perencanaan, perancangan geometrik dan operasi lalu lintas jalan yang berfungsi sebagai analisis Polri terkait permasalahan lalu lintas yang nantinya dijadikan rekomendasi dalam penentuan kebijakan terkait lalu lintas,” terang Kapolres Musi Rawas, AKBP Pambudi didampingi Kasat Lantas, AKP Budi H Sutrisno.

Dijelaskannya, pantauan tersebut dilakukan secara langsung dibeberapa titik jalan lintas provinsi, yakni wilayah Kecamatan Tuah Negeri, Muara Kelingi dan Muara Lakitan terutama di beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan.

“Untuk spot yang paling parah di Kecamatan Muara Lakitan, terlihat jalan bergelombang dan berlubang berdiameter 3 sampai 4 meter dengan kedalaman 30 sampai 40 cm, hal ini sangat berbahaya apalagi menjelang mudik lebaran dengan mobilitas kendaraan bermotor yang melintasi daerah ini akan semakin meningkat,” kata kapolres.

Untuk menyikapi hasil pantauan yang dilakukan jajarannya, dirinya akan mencoba melakukan komunikasi dengan Bupati Musi Rawas dan dinas terkait dalam hal ini dinas PU Bina Marga.

“Kita harus segera mengambil langkah-langkah bersama agar nantinya kecelakaan lalu lintas, kejahatan jalanan atau pungli dengan modus pak ogah tidak terjadi akibat jalan rusak di wilayah Kabupaten Musi Rawas,” ujarnya.

Sementara itu Kasat Lantas, AKP Budi H Sutrisno menerangkan, hasil dari survei yang dilakukan jajarannya tersebut akan dilakukan tugas dengan membuat analisis, evaluasi, dan laporan berdasarkan hasil data di lapangan, dan direkomendasikan ke Dinas PU Bina Marga Provinsi dalam hal ini melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan untuk segera merevitalisasi jalan tersebut.

“Kemudian nantinya kami juga akan meningkatkan kegiatan patroli dan pemasangan spanduk di beberapa titik tersebut, kemudian kami mohon bantuan awak media bersama kami untuk mensosialisasikan kondisi jalan di wilayah Jalinprov Muara Beliti – Sekayu ini secara masif baik melalui media cetak, elektronik, sosmed kepada masyarakat luas, sehingga informasi terkait kondisi jalan dapat menjadi pertimbangan pemudik untuk memilih jalur mudik yang akan dilaluinya menjelang lebaran nanti,” jelasnya.

Sumber: Tribrata Musi Rawas
Editor: J. Silitonga

sumateraheadline

Portal berita sumateraheadline.com akan selalu berusaha menyajikan informasi terkini secara cepat dan akurat. Dikemas dalam sebuah berita yang berimbang dan terpercaya dan beralaskan pada rambu-rambu kode etik jurnalistik dan pedoman media siber. Kami harapkan kritikan dan masukan yang positif dari para pembaca dan pengikut portal berita sumateraheadline.com yang mengarah kepada penyempurnaan situs berita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *