Home / Musi Rawas / Sumsel

Minggu, 10 Desember 2017 - 11:15 WIB

Musi Rawas Ditetapkan Sebagai Daerah Peduli HAM

MUSI RAWAS, Sumatera Headline – Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan ditetapkan sebagai salah satu Daerah Peduli HAM. Penetapan ini setelah Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly menyerahkan penghargaan kepada Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan pada puncak acara Peringatan Hari HAM ke-69 Tahun 2017 yang dihadiri Presiden Jokowi Minggu (10/12/2017) di Solo, Jateng.

Penghargaan ini di raih atas komitmen Pemerintah Daerah Musi Rawas dalam upaya memajukan dan pemenuhan HAM yang telah diamanatkan konstitusi dan instrumen HAM dalam rangka tercapainya keadilan sosial bagi seluruh masyarakat.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan menyampaikan rasa syukur atas pencapaian dan penghargaan yang diterima.

Menurutnya, pencapaian ini berkat kerja keras serta semangat AK5 ( Ayo, Kerja, Kerja, Kerja, Kerja dan Kerja) seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Musi Rawas dalam memberikan yang terbaik bagi daerah tercinta.

“Semua ini juga berkat do’a dan dukungan semua elemen masyarakat yang terus bersatu padu, bergotong royong untuk bersama-sama melepas status daerah tertinggal dan mewujudkan Musi Rawas Sempurna.” ucap Hendra Gunawan yang duduk dibangku barisan kedua bersama Walikota Tanggerang Selatan (Tangsel) yang juga Ketua Asosiasi Walikota se-Indonesia, Airin serta para gubernur dan kepala daerah lainnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergitas Bersama DPMD, PWI Mura Paparkan Tiga Proker

Dikatakannya, hasil kerja dan karya semua itu telah menjadikan Musi Rawas sebagai daerah yang sejajar dengan daerah maju di Indonesia. Serta juga telah menjadikan nama Musi Rawas untuk terus membahana di seluruh persada nusantara.

“Namun hasil ini tidak membuat kita jumawa dan berbangga diri. Sebab kita semua masih harus terus bekerja keras dan masih banyak harapan masyarakat yang harus kita penuhi,” katanya dengan penuh semangat.

Sementara Kabag Hukum Setda Musi Rawas, Abdul Latif didamping Aan Bastian Kasubbag Bantuan hukum dan Wahyu Saputra Kasubbag Dokumentasi mengatakan, ketetapan Musi Rawas sebagai kabupaten Peduli Hukum berdasarkan SK Kemenkum HAM Nomor : M.HH-01.HA.02.02 Tahun 2017 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli HAM pada Tahun 2016.

“Telah ditetapkan dan diundang kepala daerah dalam daftar nama kabupaten dan kota se-Indonesia yang ditetapkan sebagai penerima penghargaan Daerah Peduli dan Cukup Peduli HAM. Dimana untuk di Sumsel dari 17 kabupaten dan kota, sebelas sebagai Daerah Peduli HAM, empat sebagai Daerah Cukup Peduli HAM dan dua daerah lainnya belum dapat,” jelas Abdul Latif.

Baca Juga :  Ahmad Dani Sambut Tim Futsal Puteri Musi Rawas di Jayaloka

Untuk Daerah Peduli HAM di Sumsel jelasnya, ada sebelas daerah yakni Kabupaten Musi Rawas, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKU Selatan, Banyu Asin, OKU, Muratara serta Kota Pagar Alam dan Prabumulih.

Sementara empat Daerah Cukup Peduli HAM yakni Kabupaten OKI dan OKU Timur serta Kota Lubuklinggau dan Palembang. Sedangkan Kabupaten PALI dan Empat Lawang belum mendapatkan penghargaan.

Ditambahkannya, ada empat tingkatan penilaian yaitu Peduli HAM dengan nilai 75- 100, Cukup Peduli 65 – 75 , Mulai Peduli 50 – 65 dan Kurang Peduli di bawah 50. Dimana ada tujuh indikator penilaian yang terdiri 83 point untuk menetapan tingkatan tersebut. (*)

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Masih Berstatus Moratorium, Aktifitas Perumahan GSI dihentikan

Lubuklinggau

Tiga Pilar Kamtibmas Gelar Lomba Kelurahan Tangkal Covid

Lubuklinggau

350 Personel Gabungan Diturunkan Menjaga Rapat Pleno KPU Lubuklinggau

Palembang

Menjelang Pelantikan Pengurus PWI Sumsel, Gubernur Nyatakan Support Penuh Organisasi Wartawan Terbesar ini

Lubuklinggau

Arus Lalulintas di Sepanjang Jalan Yos Sudarso Mulai Dipadati Para Pemudik

Palembang

HPN 2021 di Lubuklinggau, SMSI Sumsel akan Gelar Berbagai Even

Musi Rawas

Jalan Desa Tri Karya Mulai di Tingkatkan

Musi Rawas

Kapolres Musi Rawas Imbau Masyarakat Cegah Karhutla