Home / Sumsel

Jumat, 14 Juli 2017 - 15:22 WIB

Layanan Administrasi Kependudukan Itu Gratis

PALEMBANG, Sumatera Headline – Masyarakat jangan ragu kalau ingin mengurus administrasi kependudukan seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E), Kartu Keluarga dan lain-lainnya karena pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Kementrian Dalam Negeri RI menegaskan layanan administrasi kependudukan itu gratis.

Hal itu disampaikan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI, Prof Dr Zudan Fakrullah saat menghadiri Rapat Teknis Pembinaan Kapasitas Sumber Daya Aparatur dilingkungan Dinas Dukcapil se Provinsi Sumatera Selatan di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Jumat (14/07/2017).

“Layanan administrasi kependudukan itu gratis. Kalau ada masyarakat yang memungut biaya atau masyarakat yang dimintai membayar pasti itu pungli jadi saya pastikan semua layanan dukcapil itu gratis,” tegasnya.

Dikatakannya, pemerintah sudah berikan banyak kemudahan yakni pelayanan gratis dan dalam satu hari sudah bisa selesai, cukup membawa kartu keluarga, buku nikah atau surat pernyataan tanggung jawab mutlak dan surat keterangan kelahiran.

Selain itu, katanya untuk seluruh Sumsel masih tersedia 118.000 keping blangko KTP Elektronik sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan blangko.

“Kita berharap juga Dinas Dukcapil lebih aktif lagi menyediakan pelayanan good life nomor WhatsApp atau HP untuk menjawab pertanyaan masyarakat. Begitu juga sebaliknya, masyarakat juga harus aktif menanyakan dan mengurus agar bisa segera selesai,” tandasnya.***

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

Titik Api di Perbatasan Kecamatan Muara Kelingi dan Megang Sakti Berhasil Dipadamkan

Musi Rawas

Kapolres Musi Rawas Shalat Jumat dan Bagikan Sembako di Kecamatan BTS Ulu Cecar

Muratara

Giatkan Pengajian akan Menumbuhkan Keimanan Anak

Hukum

Satu Pelaku Pembakaran Camp PT MAP ‘Dipelor’ Tim Beruang Satreskrim Polres Muratara

Lubuklinggau

Mau Jadi Camat Harus Kantongi Sertifikasi Profesi Kepamongprajaan

Kriminal

Curi Sawit, Wawan Dipolisikan

Lubuklinggau

Binda Makin Intensi Tunjukan Kepeduliannya Terhadap Warga

Hukum

Laporan Teregister, Tim Advokasi Ratna Mahmud Minta Polda Ungkap Dalang Penyebar Foto