Home / Musi Rawas / Sumsel

Jumat, 3 November 2017 - 16:20 WIB

Dua Desa di Jayaloka Menjadi Target Dibentuknya LEM

MUSI RAWAS, Sumatera Headline – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan, dua desa di Kecamatan Jayaloka daerah itu akan dijadikan percontohan dan target di bentuknya Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM). Kedua desa tersebut yakni Kelurahan Marga Tunggal dan Desa Marga Tani.

Pembentukan LEM ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Pulau Sumatera dan diharapkan akan dijadikan percontohan. Pembentukan LEM ini di fasilitasi oleh Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel dan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.

Demikian di ungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Rawas, Subardi saat melaksanakan sosialisasi Penguatan Kelembagaan dan Pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat desa di Kelurahan Marga Tunggal Kecamatan Jayaloka. Jum’at (03/11/2017).

Dikatakan Subardi, LEM desa bertujuan sebagai sarana untuk pemberdayaan seluruh masyarakat desa dan kelurahan.

“Tujuan lainnya dibentuk LEM ini untuk menyatukan seluruh kelembagaan masyarakat yang ada di desa dan kelurahan sehingga hanya ada satu lembaga didesa yang bisa menangungi seluruh lembaga yang ada selama ini sehingga tidak terkotak-kotak antar lembaga,” jelasnya.

Sementara Dirjen Perkebunan, Raharjo mengatakan pembentukan LEM ini dapat berjalan dengan baik, pihaknya akan terus mensuport lembaga ini sehingga dapat aktif sesuai dengan fungsi-fungsinya.

Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan pada kesempatan itu mengatakan program untuk mensejahterakan masyarakat dan harus diikuti oleh masyarakat. Kedepan, kata Bupati desa yang telah terbentuk LEM ini memiliki kelembagaan ekonomi yang kuat dan tentunya masyarakat dapat meningkat kesejahteraannya.

Selain itu, Bupati mengajak seluruh masyarakar untuk memanfaatkan potensi alam yang ada, seperti memanfaatkan setiap jengkal tanah atau perkarangan yang harus dimanfaatkan dengan menanam tanaman yang bermanfaat seperti cabe, tebu, bawang, sayur mayur, dan lainnya. Sehingga dengan pemanfaatan lahan ini diharapkan dapat mengurangi biaya keluarga.

“Atas nama pemerintah Musi Rawas mengucapkan terimah kasih dan menyambut baik kegiatan ini karena masyarakat harus di berdayakan sehingga perekonomian dapat meningkat dan pada akhirnya kesejahteraan rakyat dapat terwujud,” ungkapnya. (*)

Baca Juga :  Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Harus Ditingkatkan
Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Musi Rawas

1000 Orang Anak Musi Rawas Ikuti Sunatan Massal dan Pemeriksaan Kesehatan Gigi

Musi Rawas

FKUB Musi Rawas Kunjungi Banyuwangi

Musi Rawas

Juara Tenis KALAPAS CUP 2018, Bupati Musi Rawas Rencanakan Gelar Open Turnamen Tenis Bupati Cup

Musi Rawas

Peresmian Gedung Sekretariat IBI Musi Rawas

Lubuklinggau

49 Aset Pemkab Musi Rawas akan Diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau

Palembang

YLBH Garuda Kencana Indonesia Bantu Masyarakat Utamakan Keadilan dan Edukasi Paralegal

Covid-19

853 Kasus Covid-19 di Sumsel Selesai, Masyarakat Diminta Terus Disiplin Protokol Kesehatan

Covid-19

Cegah Covid-19, Polres Musi Rawas Dirikan Pos Sterilisasi