Bupati Musi Rawas Panen Raya Padi Varietas BATAN

MUSI RAWAS, SH – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan didampingi Wakil Bupati Hj Suwarti melakukan panen raya padi varietas Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Rabu (4/9/2019) di Desa G1 Mataram., Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Sumsel.

Dihadiri Kepala Batan, Prof Dr Ir Anhar Riza Antariksawan, Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti, rombongan Dinas Pertanian Kabupaten Polewalimandar, rombongan Dinas Pertanian Kabupaten Klaten, perwakilan dari Kabupaten Rejang Lebong, Forkopimda Kabupaten Musi Rawas, dan masyarakat Tugumulyo.

Dalam sambutannya Bupati Musi Rawas menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Kepala Batan ke Musi Rawas, tentunya melalui kerjasama dengan Batan yang sudah terjalin selama ini telah memberikan manfaat bagi Kabupaten Musi Rawas terutama para petani Musi Rawas.

Wabup Mura Hj Suwarti bersama Kepala BATAN Prof Dr Ir Anhar Riza Antariksawan didampingi Kepala Bappeda Mura saat mengunjungi stand produk petani Musi Rawas

“Hari ini telah dilakukan panen raya padi varietas Batan melalui program Agro Techno Park (ATP) dan ini merupakan kerjasama Batan untuk Musi Rawas,” ucap bupati.

Kedepan, bupati berharap, semakin banyak hasil kajian Batan melalui program ATP untuk dapat menciptakan varietas padi yang memiliki kwalitas dan keunggulan untuk para petani di Kabupaten Musi Rawas, sehingga produktivitas padi petani dapat meningkat.

“Bila produktivitas padi petani meningkat maka akan berdampak kepada peningkatan perekonomian petani dan juga akan memberikan sumbangsih nya dalam menjaga ketahanan pangan bagi Musi Rawas, daerah-daerah sekitar dan bahkan Sumsel,” katanya.

Sementara Kepala Batan, Prof Dr Ir Anhar Riza Antariksawan mengatakan, program ATP ini akan terus dilakukan dan Batan berharap setiap melakukan penelitian masing-masing daerah juga dapat ikut melakukan penelitian tersebut sehingga hasilnya dapat di berikan kepada para petani.

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan dan Wabup Mura Hj Suwarti bersama Kepala BATAN Prof Dr Ir Anhar Riza Antariksawan dan jajaran Forkopimda Musi Rawas saat melakukan panen raya Padi Varietas BATAN

“Harapan kita ATP ini akan tetap ada dan kerjasamanya nanti melalui kita punya program Pasar Jumat namanya National Science Techno Park (NSTP), jadi nanti kita akan tetap melakukan kerjasama itu terutama dalam melakukan penelitian dengan harapan dari daerah juga bisa melakukan penelitian bersama kami,” kata Anhar Riza.

Dia juga melihat ATP Batan yang ada di Kabupaten Musi Rawas dinilai cukup baik oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI dan nantinya NSTP (National Science Techno Park) yang dimiliki Batan diharapkan pada tahun 2024 dapat menjadi lebih besar daripada saat ini.

“Hubungannya dengan ATP yang ada di tiga daerah nanti tetap akan dipertahankan meskipun program-program nya akan berbeda dari yang selama ini, namun hubungan itu akan tetap ada dan nanti kita akan membentuk jejaring,” jelasnya.

Kepala Batan yang baru dilantik pada Juni 2019 lalu itu mengungkapkan, di dalam menghadapi perubahan iklim yang ekstrim seperti saat ini, pihaknya akan terus melakukan penelitian dan pengembangan (Litbang) sehingga nantinya akan didapat hasil litbang yang tahan terhadap cuaca seperti itu.

“Selama ini kita selalu konsentrasi kepada peningkatan produktivitas tinggi, tetap kondisi cuaca yang ekstrim seperti saat ini tidak akan selalu tahan dan ini juga yang menjadi perhatian kita bagaimana hasil penelitian nanti dapat ditemukan tanaman-tanaman yang tahan terhadap iklim itu tadi,” jelasnya.

Foto bersama saat melaksanakan panen raya padi varietas Batan

Anhar Riza menambahkan, kedepan NSTP ini akan diarahkan untuk melakukan inovasi-inovasi baru bukan hanya pada bidang pertanian namun mulai mengarah kepada teknologi lainnya seperti pengawetan makanan, kesehatan dan energi sehingga nantinya akan menggerakkan juga Usaha Kecil dan Menengah.

Diketahui, ada tiga varietas padi hasil litbang Batan pada pertanian terpadu yang disebarkan dan telah dilakukan panen raya pada hari ini, yakni,

  1. Varietas Padi Kahayang yang ditanam
    pada tanggal 18 Mei 2019 dengan jumlah 4 kelompok tani dengan rata-rata per-
    kelompok itu 25 orang dengan luas tanam
    265 haberlokasi di Kecamatan Tugumulyo.
  2. Varietas Padi Mustajab yang ditanam pada tanggal 18 Mei 2019 dengan jumlah 3 kelompok tani dengan rata-rata per-kelompok itu 35 orang dengan luas tanam 130 haberlokasi di Kecamatan Sumberharta.
  3. Varietas Padi Mustajab yang ditanam
    pada tanggal 18 Mei 2019 dengan jumlah 2 kelompok tani dengan rata-rata per-kelompok itu 20 orang dengan luas tanam 50 haberlokasi di Kecamatan Muara Beliti.

Usai melakukan panen raya Padi Batan, rombongan mengunjungi tiga lokasi Agro Techno Park yang ada di Kabupaten Musi Rawas. (Adv)

Editor : J. Silitonga

sumateraheadline

Portal berita sumateraheadline.com akan selalu berusaha menyajikan informasi terkini secara cepat dan akurat. Dikemas dalam sebuah berita yang berimbang dan terpercaya dan beralaskan pada rambu-rambu kode etik jurnalistik dan pedoman media siber. Kami harapkan kritikan dan masukan yang positif dari para pembaca dan pengikut portal berita sumateraheadline.com yang mengarah kepada penyempurnaan situs berita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *