Home / Musi Rawas / Pilkada / Sumsel

Kamis, 2 Juli 2020 - 16:40 WIB

Bawaslu Berharap Peran Serta Masyarakat Awasi Verfak Bakal Paslon Perseorangan Pilkada Musi Rawas

MUSI RAWAS, SH – Pelaksanaan tahapan verifikasi faktual (verfak) bakal pasangan calon (paslon) dari jalur perseorangan di Pilkada Musi Rawas telah berlangsung. Beberapa temuan saat verfak mencuat seperti adanya nama-nama dari penyelenggara, aparatur desa dan panwascam yang dicatut.

Terkait temuan tersebut, Bawaslu Musi Rawas melalui Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Khoirul Anwar mengimbau petugas verfak, pengawas dan PKD untuk dapat bekerja lebih maksimal lagi secara profesional dan menjaga netralitas.

Bila ditemukan adanya nama-nama dukungan dari aparatur desa, ASN, TNI, Polri maka dipastikan itu tidak memenuhi syarat atau TMS untuk menjadi pendukung bakal paslon jalur perseorangan.

Hal itu, jelasnya mengacu pada pedoman teknis kpts KPU 82. “Jika dalam verfak ditemukan nama – nama yang tercamtum dalam pedoman teknis kpts KPU 82 tersebut, secara otomatis di TMS kan,” katanya saat ditemui di ruang kerja nya, Kamis (2/7/2020).

Baca Juga :  Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Harus Ditingkatkan

Baca juga:

Selain itu jelasnya, jika dalam verfak tersebut terdapat nama pendukung yang secara lisan menyatakan tidak mendukung tetapi tidak bersedia menandatangani berkas BA5 – KWK Perseorangan, maka PPS terlebih dahulu wajib meminta rekomendasi PKD.

“Bagi masyarakat yang namanya tercantum dalam pendukungan, jika memang mendukung dimasukan MS, jika tidak tolong diisi berkas BA5,” katanya.

Baca Juga :  Teobosan BKPSDM Musi Rawas dalam Mempercepat Proses Kenaikan Pangkat

Sementara, bila ada masyarakat yang merasa dirugikan terkait adanya dugaan pencomotan nama dalam berkas dukungan ini, bisa menempuh jalur hukum yang disampaikan kepada  Bawaslu.

“Untuk melihat jenis kerugian hukum akibat pencomotan tersebut, akan dikaji oleh sentra Gakumdu (Bawaslu Kepolisian dan Kejaksaan) , guna menentukan apakah masuk dalam ranah pidana atau tidak,” jelas Khoirul.

Khairul juga berharap adanya peran serta masyarakat untuk ikut mengawasi setiap tahapan di pelaksanaan Pilkada Musi Rawas ini, sehingga dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. (Tim)

Editor: J. Silitonga

Bagikan:

Share :

Baca Juga

Hukum

Polres Musi Rawas Sebarkan Maklumat Kapolda Sumsel Tentang Larangan Penyalahgunaan Sajam

Musi Rawas

Buka Sosialisasi SP4N-Lapor, M Rozak : Aplikasi ini Memudahkan Masyarakat Menyampaikan Keluhannya

Musi Rawas

Peduli Gerakan Nasional PAUD Berkualitas, Hj Noviar Marlina Gunawan diganjar Penghargaan

Musi Rawas

380 Kontingen Musi Rawas ‘Go To’ Porprov XII Sumsel

Musi Rawas

Tinjau 5 Puskesmas, Bupati Musi Rawas Pastikan Kesiapan Antisipasi Covid-19

Musi Rawas

‘Coffee Morning’ Pers dan Pemkab Musi Rawas, Bupati Ajak Pers Berkontribusi dalam Membangun Musi Rawas

Musi Rawas

Pemkab Musi Rawas Persiapkan Unit Kerja Kantor Imigrasi

Kriminal

Tim Saber Pungli OTT di Badan Dukcapil Lahat