Home / Advertorial / Musi Rawas / Sumsel

Senin, 1 Maret 2021 - 21:55 WIB

Tekad Ramah-Berarti Wujudkan Musi Rawas ‘MANTAB’

MUSI RAWAS, SH – Mewujudkan Musi Rawas yang Maju, Mandiri dan Bermartabat (MANTAB) menjadi visi Kabupaten berslogan Bumi Lan Serasan Sekentenan dibawah kepemimpinan Duo Srikandi Musi Rawas, Hj Ratna Machmud dan Hj Suwarti (Ramah-Berarti) sebagai Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Periode 2021-2026.

Hal ini diungkapkan Ratna Machmud saat menyampaikan pidato perdananya pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Musi Rawas dalam rangka penyampaian pidato Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2021-2026 sekaligus serah terima jabatan antara pelaksana harian Bupati, EC Priscodesi kepada Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas yang juga dilakukan penyerahan buku memori di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab. Musi Rawas, Senin (01/03/2021).

Dalam pidatonya, Hj Ratna Machmud menegaskan, menjadi bupati dan wakil bupati bukanlah akhir tujuan, namun merupakan alat untuk menyejahterakan masyarakat Musi Rawas.

“Kami bertekat menjadi bupati dan wakil bupati yang akan melayani seluruh masyarakat Musi Rawas bukan hanya menjadi pemimpin untuk masyarakat yang telah memilih kami,” ungkap Bupati.

Dia juga menjelaskan bagaimana konsep dasar yang akan di implementasikan kedalam program kerja nya kedepan. Dan itu juga yang menjadi visi dan misi Kabupaten Musi Rawas lima tahun kedepan yakni mewujudkan Musi Rawas yang Maju, Mandiri, dan Bermartabat atau Musi Rawas Mantab.

Makna filosofi yang terkandung dalam visi Kabupaten Musi Rawas ‘MANTAB’ yakni, MAJU, kondisi masyarakat yang terus bergerak menuju ke arah yang lebih baik, lebih sehat, lebih cerdas, perekonomian lebih mapan, keamanan lebih terjamin, pelayanan lebih baik.

Kemudian, MANDIRI. Musi Rawas dapat mengelola dan mengembangkan potensi daerah nya sendiri secara optimal. Lalu, BERMARTABAT, masyarakat Musi Rawas menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan beretika termasuk di dalamnya Ramah sebagai ciri khas masyarakat Musi Rawas.

Baca Juga :  Bupati Musi Rawas Tinjau Lokasi Banjir dan Salurkan Bantuan di Desa Batu Gane

Untuk mewujudkan visi tersebut, terdapat empat misi yang akan dilaksanakan yakni, mewujudkan birokrasi yang profesional, berbasis teknologi dan informasi. Kemudian, membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Pemerataan infrastruktur berwawasan lingkungan dan memperkuat ketahanan ekonomi dan sosial.

Bupati juga menjelaskan prioritas pembangunan yang akan dikerjakan dalam menuntaskan ke empat misi tersebut, diantaranya, Misi 1, Mewujudkan birokrasi yang profesional yang berbasis teknologi dan informasi yang diprioritaskan kepada,
1. Peningkatan seluruh pelayanan menggunakan teknologi informasi.
2. Peningkatan kualitas SDM aparatur.
3. Tambahan penghasilan pegawai berdasarkan kinerja.

Misi 2, Membangun sumber daya manusia yang berkualitas dengan prioritas,
1. Meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan di pondok pesantren. 2. Meningkatkan fasilitas di bidang keagamaan. 3. Pendidikan gratis sampai jenjang SMP termasuk fasilitas perlengkapan sekolah. 4. Kesehatan gratis dan peningkatan fasilitas kesehatan termasuk didalamnya penanggulangan serta penanggulangan covid19. 5. Beasiswa bagi mahasiswa Musi Rawas yang berprestasi.

Misi 3, Pemerataan infrastruktur berwawasan lingkungan dengan prioritas.
1. Peningkatan kualitas jaringan jalan dan jembatan kabupaten sehingga seluruh jalan dan jembatan dalam kondisi Mantab.
2. Peningkatan kualitas akses jaringan air bersih dan listrik.

Baca Juga :  Kodim 0406 Lubuklinggau Tetapkan Desa Q1 Tambah Asri Lokasi TMMD ke 112

Dan terakhir, Misi 4, Memperkuat ketahanan ekonomi dan sosial pada prioritas.
1. Penguatan pada ekonomi kreatif, usaha mikro, usaha mikro menengah dan kecil.
2. Penggunaan tenaga kerja lokal minimal 80 persen. Bagi perusahaan yang berinvestasi di Musi Rawas untuk mengurangi angka pengangguran.
3. Revitalisasi pertanian untuk mengembalikan kejayaan Musi Rawas sebagai lumbung pangan.

Sementara, lanjut bupati menguraikan, strategi pembangunan kedepannya, diantaranya,
1. Mengoptimalkan berbagai potensi sumber daya alam sebagai sumber daya pendapatan daerah dengan target APBD di atas 3 triliun.
2. Mempercepat pemerataan infrastruktur dengan skema pembiayaan tahun jamak multiyears.
3. Meningkatkan akses kesehatan pendidikan dan perekonomian seluruh lapisan masyarakat.
4. Mempermudah semua layanan birokrasi dengan teknologi.

Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud saat serah terima jabatan dari Pelaksana harian (Plh) Bupati EC Priscodesi. Senin (1/3/2021)


“Inilah konsep yang akan digunakan dalam membangun Musi Rawas di lima tahun mendatang,” tandas bupati mengakhiri pidatonya.

Dalam rapat paripurna DPRD Musi Rawas tersebut, dihadiri Staf Ahli Gubernur, Dandim 0406, Kapolres Mura, Ketua DPRD, WK Ketua DPRD I, WK Ketua DPRD II, Sekda, Forkopimda, OPD dan Camat. (Adv)

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Advertorial

Terima Penghargaan Pembina Kampung ProKlim Terbaik, Musi Rawas Raih Double Winner

Covid-19

Polres Musi Rawas Semprot Disinfektan di Wilayah Muara Kelingi

Musi Rawas

H2G-Mulya dan Partai Pengusung Tanda Tangan Pakta Integritas Pilkada Musi Rawas 2020

Advertorial

H Azhari Resmi Nahkodai KONI Musi Rawas

Musi Rawas

Pengamanan Pilkada, Kapolres Musi Rawas Pimpin Apel Pergeseran Pasukan

Musi Rawas

Buka Lomba Sepeda Hias, Wabup Musi Rawas Ajak Masyarakat Berolahraga

Kriminal

Polisi Ringkus Dua Pelaku Jambret Asal Rejang Lebong

Kriminal

Acungkan Senpira dan Melakukan Perlawanan, Dua Orang Pencuri Kelapa Sawit Akhirnya Menyerah