Home / Advertorial / Sumsel

Rabu, 30 Maret 2022 - 16:14 WIB

Puluhan Tahun Penantian Warga Harapan Makmur Terwujud dengan Adanya Jaringan Listrik

Gubernur Sumsel H Herman Deru berdama Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud didampingi General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumsel dan Jambi, Bambang Dwiyanto meresmikan listrik desa di Desa Harapan Makmur Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, (30/3)

Gubernur Sumsel H Herman Deru berdama Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud didampingi General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumsel dan Jambi, Bambang Dwiyanto meresmikan listrik desa di Desa Harapan Makmur Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas, (30/3)

MUSI RAWAS, Sumatera Headline – Puluhan tahun keinginan warga Desa Harapan Makmur Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas dapat teraliri listrik dan terang benderang  akhirnya terpenuhi. Hal itu ditandai dengan peresmian penyaluran tegangan listrik oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Rabu (30/3/2022).

“Listrik ini sudah menjadi kebutuhan pokok. Saya ingin hadirnya listrik sukses secara paripurna agar ekonomi berjalan, proses belajar mengajar berjalan serta masyarakat bisa dapat informasi dengan baik,” kata Gubernur.

Didampingi Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Mahmud dan General Manager PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumsel dan Jambi, Bambang Dwiyanto, Gubernur menyampaikan, akan berupaya untuk mencapai target Sumsel 100 persen teraliri listrik.

Dengan diresmikannya penyaluran listrik  ke Desa Harapan Makmur ini, jelasnya, menjadikan rasio desa berlistrik di Sumsel naik dari 98, 64 persen menjadi 99,1 persen.

Gubernur berharap, keberadaan listrik jangan hanya dijadikan sebagai alat penerangan semata namun juga dimanfaatkan dalam mempermudah aktifitas, belajar mengajar dan  pemenuhan kebutuhan ekonomi lainnya.

Dia juga meminta kepada Pemkab Musi Rawas untuk segera menuntaskan penyaluran jaringan listrik di desa-desa yang belum teraliri listrik.

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud meresmikan jaringan listrik di Desa Harapan Makmur Kecamatan Muara Lakitan dengan ditandai penghidupan aliran arus listrik, (30/3)

Selain jaringan listrik dan telpon, Gubernur juga menyampaikan bahwa telah dibangun akses jalan yang menghubung Kabupaten Pali dan Musi Rawas, melalui jalur Pali – Simpang Semambang.

Baca Juga :  Gubernur Sumsel Ikuti Pengajian Umum Nisfu Syaban di Kabupaten OKI

Nantinya, warga Lubuklinggau, Musi Rawas dan Muratara yang ingin ke Palembang bisa melalui jalan ini. Telah dibangun sepanjang 55 kilometer jalan rigit beton.

“Tahap 2 jalan Pali-Simpang Semambang sudah berjalan. Lebih kurang 55 km jalan rigit beton dibangun agar warga di tiga wilayah bisa ke Palembang melalui tol tak berbayar ini,” ujarnya.

Sementara Bupati Musi Rawas, Hj Ratna Machmud mengatakan, peresmian penyaluran aliran listrik di Desa Harapan Makmur ini, merupakan momen yang sangat istimewa bagi 1.209 jiwa warga yang ada di desa ini. Mengingat kawasan ini, selama 30 tahun lebih belum menikmati listrik.

Baca Juga :  Ahmad Rizali Dilantik sebagai Pjs Bupati Musi Rawas

“Karena letaknya berada di kawasan Hutan Tanam Industri (HTI) dengan panjang 24 Km jaringan kabel yang harus dipasang. Namun berkat  kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk Pemprov dan PLN akhirnya Desa Harapan Makmur dapat teraliri listrik,” ujarnya.

Bupati juga mengulas awal keinginannya untuk memenuhi harapan warga akan tersedianya jaringan listrik di Desa Harapan Makmur ini. Dengan melakukan pembicaraan bersama suaminya, Reza Novianto Gustam yang tak lain adalah pensiunan PLN, untuk melakukan lobi ke pusat.

Setelah PLN pusat setuju, jelasnya, namun pemasangan jaringan listrik di wilayah tersebut belum dapat dilakukan, karena belum mengantongi izin dari Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan.

Bersama Gubernur Sumsel, akhirnya semua berjalan sesuai harapan. Hingga akhirnya jaringan listrik di wilayah ini dapat terlaksana.

Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menyampaikan kata sambutan di kegiatan peresmian listrik Desa, (30/3)

“Saya bersyukur harapan ini terpenuhi, karena Bapak Gubernur mendukung penuh langkah kami. Sehingga, izin Kementrian Kehutanan bisa kami dapatkan dan akhirnya jaringan listrik bisa masuk di Desa Harapan Makmur dan bahkan juga di dua desa lainnya, yakni Desa Sindang Laya dan Mukti Karya. Semoga, warga di dua desa lainnya, juga dapat segera menikmati aliran listrik,” ujarnya.

Editor: J Silitonga

Share :

Baca Juga

Muratara

Percepat Terwujudnya Kekebalan, Binda Gelar Vaksin di Puskesmas Muara Rupit

Musi Rawas

Kapolres Musi Rawas Sambut 22 Anggota Bintara Remaja Brigadir Polri

Muratara

Pemkab Muratara Terima Penghargaan Nasional Setelah Menetapkan Perbup Kawasan Tanpa Rokok

Musi Rawas

1.100 Pelajar Musi Rawas Ikuti Safari Gerakan Literasi

Lubuklinggau

Pelayanan Vaksin di JM Lubuklinggau Berlanjut

Musi Rawas

Polres Musi Rawas Gelar FGD Bersama‎ Tomas, Toga, Todat dan Toda

Musi Rawas

Anggota Komisi IV DPR RI Serahkan Bantuan Bibit Karet, Riezky Aprilia Berharap Petani Musi Rawas Bangkit Kembali

Musi Rawas

Wabup Minta 88 Desa Ikuti Pelatihan Pengelolaan Informasi yang di Gagas PWI Musi Rawas pada 2022