Home / Palembang / SMSI

Kamis, 9 April 2020 - 01:53 WIB

Gubernur Sumsel Salurkan APD dan Sembako untuk Wartawan

SMSI Sumsel Jalin Kerjasama dengan Pemprov Lawan Covid-19

PALEMBANG, SH – Fungsi pers sebagai kontrol sosial dan pemerintahan terus dilakukan Serikat Media Siber Indonesia Sumatera Selatan (SMSI Sumsel). Hal itu dibuktikan dari kehadiran  pengurus SMSI Sumsel saat Gubernur Herman Deru menyalurkan bantuan paket alat pelindung diri (APD) dan sembako kepada organisasi profesi wartawan. Bantuan itu diserahkan langsung kepada perwakilan wartawan, di Halaman Kantor Gubernur, Kamis (9/4/2020).

Ketua SMSI Sumsel, Jon Heri SSos menegaskan, organisasi media siber yang dikomandoinya sangat mengapresiasi langkah Gubernur Herman Deru. Menurutnya, Pemprov Sumsel begitu memerhatikan tugas wartawan saat meliput di lapangan di tengah risiko pandemi Covid-19 di Sumsel.

“Kami sangat mengapresiasi perhatian Pemerintah Provinsi Sumsel terhadap wartawan dalam melaksanakan tugasnya saat Covid-19 ini. Gubernur Sumsel memberikan bantuan kepada organisasi pers. Yang jelas kami (SMSI Sumsel) membuka pintu kerja sama dengan siapa pun, baik perorangan maupun instansi atau lembaga. Khususnya dalam melawan Covid-19,” ungkap Jon Heri, Kamis (9/4).

Baca Juga :  Alex Noerdin: Tingkatkan Kinerja dan Kualitas Pelayanan Mencapai Target Nasional Perekaman E-KTP

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru mengimbau agar wartawan juga disiplin  melengkapi diri dengan alat pelindung, terutama masker yang merupakan salah satu alat pelindung diyakini mampu mencegah penularan Covid-19.

“Terimakasih kepada para wartawan yang tidak hentinya menyebarluaskan informasi mengenai Covid-19 ini. Wartawan sebagai profesi yang sangat dibutuhkan masyarakat  tentang kondisi ini. Degan begitu, masyarakat sadar virus ini dapat dicegah dan juga dapat diobati. Tergantung narasinya,” ungkap Gubernur.

Baca juga:

Herman Deru menambahkan, wartawan di lapangan selama ini sangat berperan aktif membantu pemerintah menyampaikan informasi dan edukasi terhadap masyarakat. “Saat ini wartawan punya musuh besar, yakni penyebar hoaks yang juga menyampaikan berita. Memang tidak mudah mengatasi ini, harus kerja sama cegah Covid-19,” pungkasnya.

Baca Juga :  Ini Enam Organisasi Perusahaan Pers di Indonesia, SMSI Lahir Saat Pers Sedang Risau

Herman Deru mengungkapkan,  satu kebanggaan saat bantuan terus berdatangan. Ini menandakan bahwa Pemprov Sumsel tidak berkerja sendiri mengatasi wabah Covid 19.

“Virus Corona selama belakangan ini menjadi trending topic di dunia. Tidak hanya virus, tapi juga turunannya, meliputi  kecemasan antar manusia, antara individu serta terhadap penurunan perekonomian. Tidak hanya dirasakan barisan bawah saja, melainkan semua terkena dampaknya,” katanya.

Gubernur menekankan, infeksi virus corona atau Covid-19 bukanlah aib. Menurutnya, Corona justru mengundang batin setiap insan untuk mengulurkan bantuan baik kepada keluarganya maupun yang bersangkutan langsung.

“Corona ini bukan aib. Justru naluri batin diajak  untuk membantu baik keluarganya maupun yang bersangkutan yang terdampak corona ini,”  tegasnya.

Bantuan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru secara simbolis kepada insan pers. Diantaranya PWI peduli, AMSI, Wartawan TV Pemprov, SMSI, IWO dan Pewarta Foto. Bantuan yang diberikan berupa masker kain, hand sanitizer, dan 150 paket sembako.(*)

Editor: J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Palembang

Pertumbuhan Bisnis Media Siber di Indonesia, Sumsel Peringkat Pertama

Pali

Laporan Teregistrasi di MK, Pasangan DHDS Minta Dilakukan PSU di 51 TPS

Hukum

17 Kepala Daerah di Sumsel Komitmen Dukung Pemberantasan Korupsi

Muara Enim

Jelang Ramadhan 1442 H, PTBA Makmurkan 74 Masjid dan 62 Musholla

Lubuklinggau

SMSI Sumsel akan Menggelar HPN 2021 di Lubuklinggau

Palembang

Persiapan Ratas dengan Presiden, Gubernur Sumsel akan Bahas Penanganan Limbah dan Sampah

Palembang

UKW Angkatan XIX di Sumsel Menghasilkan 19 Peserta Kompeten

Palembang

Webinar Nasional, Peluang dan Tantangan Industri Media di Tengah Tatanan Kenormalan Baru