Dodi Reza Alex: SMSI Merupakan Mitra Penting dalam Memajukan Daerah

BANTEN, SH – Keberadaan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang baru saja ditetapkan sebagai konstituen Dewan Pers sebagai organisasi perusahaan media siber, menjadi sangat vital peranannya dalam memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat. Dan harus diakui SMSI merupakan mitra penting pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Musi Banyuasin, Sumsel H Dodi Reza Alex Noerdin saat menjadi nara sumber di kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama SMSI, di Hotel Marbella Anyer, Serang, Banten, Sabtu (26/9/2020).

“Media siber adalah bagian warga kami yang kami anggap mitra penting dan tentu kami bina dengan baik,” kata Dodi.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini menuturkan, peran Media Siber menjadi ujung tombak di era Digitalisasi saat ini sangat penting, media Siber katanya, sebagai Fenetrasi kecepatan informasi sekaligus sebagai fleksibilitas bagi masyarakat secara umum mendapatkan kemudahan berbagai informasi yang terjadi lebih cepat.

“Dulu kita masih sangat merasakan berbagai keterbatasan informasi, apalagi bagi masyarakat awam yang jauh dari dunia perkotaan untuk mengakses berbagai berita dan kabar terupdate, namun dengan hadirnya media Siber bahkan di pedesaan saja masyarakat kami seperti di Muba yang menyadap karet di kebun sudah bisa membaca berita atau akses informasi baru lebih cepat cukup melalui ponsel,” tuturnya.

Lebih lanjut Dodi mengatakan, dirinya juga mohon support dan dukungan semua rekan-rekan SMSI untuk dapat mengkampanyekan kekayaan daerah dan berbagai kemajuan di Kabupaten Musi Banyuasin, melalui konten-konten yang dibutuhkan.

“Saya tantang kawan-kawan SMSI untuk datang ke Bumi Serasan Sekate, apapun informasi yang anda butuhkan kami siap menyediakan, mulai dari kekayaan alam, bahkan gagasan terbaru kami pertama di Indonesia untuk menghadirkan Biofuel dari kebun sawit milik rakyat menjadi energi terbarukan yang dapat menghasilkan Afture, Biodiesel, Minyak Bensin, dll, tentunya konten ini dapat menjadi bahan menarik untuk rekan-rekan di SMSI mengupas lebih dalam,” ungkap Dodi.

Dia juga menyampaikan, untuk di Kabupaten Muba, ada kurang lebih 72 media siber yang menjalin kerjasama dengan Pemkab Muba dan ini menunjukan keberadaan media siber sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam memajukan daerah.

“Tak kurang 72 media siber di daerah kami yang bekerja sama dengan pemkab dalam rangka memajukan dan menyejahterakan masyarakat,” tegas pria yang dijadikan anggota kehormatan PWI ini.

Sementara, Menkominfo Johnny G Plate dalam sambutan virtualnya meminta SMSI ikut berperan menyehatkan demokrasi dan menjadi aktor penting di era digital. Menjadi keharusan SMSI berbenah guna memberikan kontribusi positif sebagai satu aktor bagi Indonesia maju.

“Terutama menanggulangi berita hoaks, kekacauan informasi dan pornografi. Justru hal itu sering muncul di FB, instagram, twitter dan youtube. Butuh peran media siber,” ulas sang menteri.

Dalam Rakernas SMSI pertama tersebut, perwakilan pengurus provinsi yang mengirim utusan pada Rekernas diantaranya, Banten, Lampung, Jatim, Kalteng, Kep. Riau, NTB dan Kalimantan Selatan, Maluku dan Sumatera Selatan.

Sedangkan beberapa provinsi yang mengikuti rakernas via virtual zoom diantaranya, Jogja, Papua, Papua Barat, Kaltim, Kalbar dan Sulut.

Pelaksanaan Rakernas tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang cukup ketat, seperti cek suhu tubuh, menggunakan masker dan mencuci tangan dan menjaga jarak.

Editor: J. Silitonga

sumateraheadline

Portal berita sumateraheadline.com akan selalu berusaha menyajikan informasi terkini secara cepat dan akurat. Dikemas dalam sebuah berita yang berimbang dan terpercaya dan beralaskan pada rambu-rambu kode etik jurnalistik dan pedoman media siber. Kami harapkan kritikan dan masukan yang positif dari para pembaca dan pengikut portal berita sumateraheadline.com yang mengarah kepada penyempurnaan situs berita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *