Home / Musi Rawas / Pariwisata / Sumsel

Minggu, 1 Desember 2019 - 03:05 WIB

‘Dewita’ Salah Satu Objek Wisata Unggulan di Musi Rawas

Advertorial

MUSI RAWAS, SH – ‘Dewita’ merupakan salah satu objek wisata unggulan yang ada di Musi Rawas dan ada banyak lagi objek wisata Musi Rawas yang akan di upayakan untuk dikembangkan dan di ekspose. Sehingga keindahan alam yang ada di bumi Lan Serasan Sekentenan ini dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun luar daerah bahkan mancanegara.

Demikian ungkapan Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan saat melounching Desa Wisata Tematik (Dewita) yang ada di Desa Sri Mulyo Kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas, Minggu (1/12/2019).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini secara resmi saya membuka Desa Wisata Tematik (Dewita). Ayo ngelong (main) dan singgah di Dewita, Desa Wisata Tematik yang berada di Desa Srimulyo Kecamatan Stl Ulu Terawas Kabupaten Musi Rawas ini,” ucap Bupati.

Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan berfoto bersama di lokasi wisata Dewita, dengan latar belakang persawahan

Ada terlihat rasa bangga yang terpancar dari raut wajah orang nomor satu di Musi Rawas ini, dia mengatakan peresmian Dewita hari ini akan tercatat sebagai sejarah. Terlihat begitu antusiasnya masyarakat yang hadir untuk menyaksikan lokasi wisata ini.

Baca Juga :  Musi Rawas Raih Penghargaan Kabupaten Terinovatif ke Empat

“Tentunya kita bersyukur, mulai dari Kementrian Pariwisata, Disbudpar Provinsi Sumsel dan Kabupaten Musi Rawas akan bersinergi untuk menjadikan Bumi Lan Serasan Sekantenan ini sebagai salah satu objek wisata. Bukan hanya skala nasional tetapi juga skala internasional kedepannya,” imbuhnya.

Foto bersama di lokasi wisata Dewita berlatar belakang perbukitan

Melihat keindahan alam desa yang dikemas dengan bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Menjadikan lokasi ini terasa lebih indah dan memanjakan mata untuk dinikmati.

Wisata Dewita ini pun terasa semakin menarik karena menampilkan nuansa Jawa, pernak pernik dan beberapa kegitan khas jawa yang ditampilkan dengan latar belakang persawahan serta perbukitan semakin menggelitik para pengunjung untuk berswa foto.

Sementara untuk kuliner, di wisata Desa Srimulyo Edu Park ini tersedia jajanan rakyat yang disebut Pasar Kangen juga ada panggung terbuka pertunjukan dengan ragam kebudayaan.

Baca Juga :  H2G-Mulya Daftar ke KPU Musi Rawas
Ketua TP PKK Kabupaten Musi Rawas dr Hj Noviar Marlina Gunawan saat mengunjungi jajanan rakyat yakni Pasar Kangen di lokasi wisata Dewita

“Ini contoh yang unik, walaupun baru pertama kali diadakan,” kata Ramlan Kamarullah, Deputi Pengembangan Disetinasi Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kretatif RI.

Desa Srimulyo sendiri, ungkap Ramlan, merupakan perkampungan Jawa bernuansa persawahan. Ke depan perlu dikombinasikan dengan aktivitas atau kegiatan yang ada di sekitar Desa Sri Mulyo ini.

“Misal kearifan lokal seperti cara menanam padi ataupun dengan aktivitas-aktivitas masyarakat yang lain,” ujarnya.

Kegiatan peresmian Desa Wisata Tematik tersebut turut dihadiri perwakilan dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia (RI), Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ( Kadisbudpar ) Provinsi sumsel, Kajari Lubuk Linggau, Kapolres Mura, Dandim 0406 lubuklinggau, Wakil Bupati, Ketua TP PKK, unsur Forkompinda Mura.

Dalam kesempatan tersebut juga diadakan pertunjukan kesenian budaya lokal dengan tema Kampung Jawa di Tanah Melayu dengan diselingi pembagian doorprize untuk menghibur masyarakat pengunjung serta diakhiri dengan lomba menangkap ikan lele (Rogo lele) yang diikuti bupati dan masyarakat sekitar. (Adv)

Editor : J. Silitonga

Share :

Baca Juga

Muara Enim

KPU Muara Enim Menggelar Simulasi Tata Cara Pencoblosan

Musi Rawas

Pemkab Musi Rawas MoU dengan 4 Rektor Perguruan Tinggi

Musi Rawas

Guna Mencegah Karhutla, Polsek Muara Lakitan Kerjakan Sekat Kanal

Musi Rawas

Dengan Semangat AK5 Musi Rawas Mampu Melepas Predikat Daerah Tertinggal

Musi Rawas

Audiensi, PWI dan KPU Mura Kolaborasi Laksanakan Kegiatan Bersama

Musi Rawas

Ahmad Dani Sambut Tim Futsal Puteri Musi Rawas di Jayaloka

Lubuklinggau

30 Anggota DPRD Kota Lubuklinggau Periode 2019 – 2024 Resmi Dilantik

Kriminal

Pelaku Pencuri Sapi ditangkap melalui Jejak Tapak Kaki Sapi