Home / Musi Rawas / Nusantara / Sumsel

Selasa, 19 Desember 2017 - 10:38 WIB

Raih Peringkat IV IGA 2017 Sebagai Kado Terindah di Akhir Tahun ini

JAKARTA, Sumatera Headline – Akhir Bulan Oktober yang lalu, tepatnya Senin 30 Oktober 2017, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan masuk dalam 10 nominator Innovative Government Award (IGA) 2017 oleh Kementrian Dalam Negeri RI. Setelah melalui tahapan penilaian, Senin (18/12/2017) H Hendra Gunawan dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif ke IV dari seluruh bupati se Indonesia.

Penghargaan IGA 2017 tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahit, Jakarta, Senin (18/12/2017).

“Ini merupakan kado akhir tahun yang begitu indah dan spesial bagi seluruh masyarakat Musi Rawas,” ucap Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan.

Dengan prestasi ini katanya, kita harus lebih meningkatkan kinerja, iklas dan sabar untuk menumbuh kembangkan inovasi-inovasi lainnya, sehingga daerah ini terus berprestasi dan sejajar dengan daerah-daerah maju lainnya di bumi nusantara ini.

Baca Juga :  Buka Rakor 'TIK' Musi Rawas, Mefta Joni Ajak Peserta Berinovasi Membangun Desa

Dirinya merasa bangga serta ada rasa tak percaya dengan prestasi yang begitu luar biasa ini. Sebab tiga besar pemenang IGA 2017 ini adalah kabupaten yang benar-benar sudah maju pesat bahkan menjadi salah satu kabupaten berprestasi secara internasional.

“Seperti pemenang pertama Kabupaten Gresik dengan PAD Rp 950 milyar dengan APBD Rp 2,97 Triliun, peringkat kedua Kabupaten Bogor dengan PAD Rp 2,24 Triliun dengan APBD Rp 6,71 Triliun dan peringkat tiga Kabupaten Malang PAD Rp 460 milyar dengan APBD Rp 3,58 Triliun,” urainya.

Sementara Kabupaten Musi Rawas ungkapnya, PAD nya hanya Rp 122 Milyar dengan APBD Rp 1,68 dan saat ini masih menyandang status sebagai daerah tertinggal di Indonesia.

“Apresiasi dan kebanggaan kepada seluruh masyarakat dan perangkat daerah Kabupaten Musi Rawas atas diraihnya prestasi yang luar biasa ini,” kata Kak Gun panggilan akrab masyarakat Musi Rawas ini.

Baca Juga :  1 PDP Covid-19 di Musi Rawas Meninggal Dunia, Hasil Rapid Test Negatif

Diketahui, selain Bupati Musi Rawas, ada sembilan kabupaten dan sepuluh kota serta tiga propinsi yang menerima penghargaan serupa.

Untuk tiga besar tingkat kabupaten peraih IGA 2017 merupakan kabupaten unggulan dari Pulau Jawa yakni, Kabupaten Gresik, Bogor dan Malang.

Selanjutnya peringkat keempat Kabupaten Musi Rawas yang merupakan kabupaten dari Pulau Sumatera sukses menggungguli dua kabupaten dari Sulawesi yakni, Pinrang peringkat 5 dan Bantaeng menduduki peringkat 9.

Bahkan Kabupaten Boyolali yang sudah mendunia peringkatnya berada di bawah Kabupaten Musi Rawas yakni peringkat 6. Untuk peringkat 7 Kabupaten Sleman diikuti Madiun peringkat 8 dan Lebak melengkapi posisi sepuluh besar. (*)

Editor : J. Silitonga

 

 

Share :

Baca Juga

Kriminal

Randi Tewas Usai Ditikam Silvarus

Nusantara

Kerja Sama dengan 30 Bank Penyalur KPR FLPP, Menteri Basuki Tekankan Peningkatan Kualitas Rumah Subsidi

Muara Enim

Komitmen Wujudkan Muara Enim Sebagai Daerah Ramah Investasi

Ekonomi

Sektor Perkebunan Harus Dilakukan Pengembangan Riset Agar Kualitas Komoditas Perkebunan Nasional Meningkat

Musi Rawas

Peningkatan Jalan Desa Kebur Mulai Dilaksanakan

Nusantara

Aksi Solidaritas MPR Bersama PWI Salurkan 1.000 Paket Bantuan APD Cegah Wabah Corona

Muratara

Pemkab Muratara Peringati Sumpah Pemuda Dengan Gelar Aksi Teatrikal

Advertorial

40 Anggota DPRD Lahat Resmi Dilantik