Home / Nusantara / PWI / SMSI

Rabu, 22 Juli 2020 - 03:37 WIB

Dewan Pers dan Konstituen Minta Presiden Keluarkan Kebijakan Untuk Perusahaan Pers di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Segera Tindaklanjuti Masukan Dewan Pers dan Konstituen

JAKARTA, SH – Pemerintah mendapatkan masukan dari asosiasi penerbit media arus utama Konstituen Dewan Pers untuk mendapatkan sejumlah kebijakan di tengah wabah Virus Corona (Covid-19) yang secara jelas mendegradasi sendi ekonomi bangsa tak terkecuali perusahaan media cetak, maupun elektronik.

Pemerintah pun berjanji merespon cepat, dan sepakat dengan semua keinginan yang disampaikan Dewan Pers dan jajaran konstituen dalam pertemuan yang berlangsung di Istana Bogor, Rabu (22/7/2020).

Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerad Plate mengatakan pemerintah akan menindaklanjuti sejumlah kebijakan khusus itu terkait baik pembayaran pajak, pembayaran listrik, BPJS Kesehatan, BPJS Tenaga Kerja, dan pengurangan bea impor kertas koran.

Baca Juga :  91 Petugas Penyelenggara Pemilu Meninggal Dunia, Presiden Jokowi : Mereka adalah Pahlawan Demokrasi

”Tadi Dewan Pers bersama SMSI dan jajaran konstituen menyampaikan beberapa hal penting yang menjadi desakan kita. Baik soal adanya stimulus pembayaran pajak, BPJS kesehatan dan Ketenaga Kerjaan. Ya termasuk pengurangan bea impor kertas koran,” terang Ketua SMSI Pusat Firdaus.

Dan secara garis besar, sambung Firdus, beliau setuju. ”Dewan Pers juga memberikan masukan kepada Presiden, agar menghentikan pemasangan iklan di platform/media asing dan mengutamakan sosialisasi program pemerintah dan BUMN di media arus utama,” papar Firdaus.

Baca juga:

Beberapa poin tersebut, sambung dia, akan ditindaklanjuti Presiden dengan menggelar rapat Kabinet. ”Benar, tadi disampaikan secara gamblang bahwa poin-poin itu akan menjadi pembahasan. Presiden janji Kamis (23/7/2020) akan  menggelar rapat kabinet terbatas untuk menindaklanjuti pertemuan tadi dan hasilnya segera diumumkan dan disampaikan kepada Dewan Pers dan seluruh konstituennya,” jelas Firdaus.

Baca Juga :  Ini Enam Organisasi Perusahaan Pers di Indonesia, SMSI Lahir Saat Pers Sedang Risau

Semoga saja, lanjut dia poin-poin itu direalisasikan, sejalan dengan harapan seluruh media yang ada di Indonesia, khususnya yang menjadi konstituen Dewan Pers.

”Kita kembali berharap kepada Presiden semoga langkah dan realisasi yang akan dilakukan memberi angin segar kepada media arus utama nasional dan daerah agar terus bertahan di tengah Pandemi Covid 19,” jelasnya.

Untuk diketahui, pertemuan dengan Presiden Jokowi merupakan puncak roadshow setelah sebelumnya tim beraudiensi dengan pihak pihak terkait demi memperjuangkan eksistensi jurnalisme yang baik. (*)

Editor: J. Silitonga
Sumber: fin.co.id

Bagikan:

Share :

Baca Juga

Nusantara

SMSI Pilih UKW Berbasis Undang-Undang Pers

Nusantara

Pagu Anggaran Kementrian PUPR Tahun 2021 Sebesar Rp 149,81 Triliun Disetujui Komisi V DPR RI

Nusantara

Pentingnya Sosialisasi untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula dan Milenial

Nusantara

Pentingnya Modernisasi Penggilingan Padi dan Mesin Kemasan

Nusantara

Presiden Jokowi Resmikan PLTB Terbesar di Indonesia

Nusantara

Terbesar di Indonesia, Menkominfo Minta SMSI Sehatkan Demokrasi Lawan Hoax

Ekonomi

Vaksin dan Bansos Jadi Program Prioritas Untuk Dilanjutkan Tahun Depan

Nusantara

Mbak Tutut : Perbedaan dan Keanekaragaman Memperkaya Indonesia