Home / Berita TNI

Sabtu, 14 Oktober 2017 - 14:23 WIB

Hal Ini yang Perlu Dipahami Soal TMMD

BREBES – Ini yang perlu dipahami banyak pihak tentang Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Yakni,
wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen pemerintahan, Lembaga Pemerintah Non Departemen, SKPD Pemerintah Daerah dan komponen bangsa lainnya.

Di program itu, TMMD dilaksanakan dengan terintegrasi bersama masyarakat, untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di pedesaan.
TMMD dilaksanakan sejak tahun 1980, ketika itu masih bernama ABRI Masuk Desa (AMD), dilaksanakan secara menyeluruh dan serentak di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun tujuannya adalah untuk menunjang keberhasilan pembangunan nasional hingga ke pelosok desa. Kepala Staff Angkatan Darat ditunjuk sebagai penanggung jawab operasional TMMD yang hasilnya dilaporkan langsung ke Panglima TNI.

 

Dasar penyelenggaraan TMMD ini adalah Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, Undang-ndang No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, Undang-Undang Pemerintahan Daerah Nomor 32 tahun 2004, Peraturan Presiden RI Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2005-2009 dan Surat Menteri Dalam Negeri RI tentang Pedoman Penyususan Anggaran APBD untuk Program TMMD, serta Surat Keputusan Menhankam/Pangab tentang Pengesahan Buku Pola dasar Konkritisasi Kemanunggalan ABRI dan Rakyat dan Pola Operasional TNI ABRI Masuk Desa.

 

Program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Sasaran-sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, kemudian dibahaas di forum DPRD untuk disyahkan menjadi Program Pembangunan Daerah.

TMMD melibatkan 33 Departemen dan Lembaga Pemerintah Non Departemen yang secara terpadu memasukkan acuan program masing-masing instansi ke dalam program kegiatan fisik atau non fisik TMMD tersebut.
Dengan dukungan TMMD untuk kegiatan fisik dan non fisik dari APBD Pemda setempat, berupa dana hibah. Sedangkan dukungan pergeseran, kodal, makan dan uang saku pasukan TNI menggunakan APBN. Dukungan masyarakat dalam pelaksanaan TMMD di masing-masing daerah dalam bentuk tenaga secara bergiliran. (pendim Brebes)

Share :

Baca Juga

Berita TNI

Ucapan Selamat Diberikan Kepada Tim Peliput TMMD

Berita TNI

Hari Kesepuluh TMMD 100 Atap Poskamling Mulai Dipasang Genteng

Berita TNI

Indonesia Raya Berkumandang di Setiap Gelaran Non Fisik TMMD

Berita TNI

Warga Lansia Cikuya, Sarapan Dengan Satgas TMMD Kodim 0713

Berita TNI

Meski Pakai Alat Manual, Tak Kurangi Semangat Satgas TMMD

Berita TNI

Untuk Pengerahan Warga, Perangkat Desa Koordinasi Dengan Satgsa TMMD

Berita TNI

Meski Tidak Sehat, Perangkat Desa di Cikuya Akan Maksimal di TMMD Reguler

Berita TNI

Setiap Perkembangan TMMD Bisa Dipantu di Kotis