Home / Advertorial

Selasa, 20 April 2021 - 19:13 WIB

Hari Jadi ke 78, Gubernur Beri Hadiah Pembangunan Pasar dan Rumah Sakit untuk Musi Rawas

Advertorial

MUSI RAWAS, SH – Perayaan hari jadi Kabupaten Musi Rawas ke 78 tahun tepatnya 20 April 2021, diperingati melalui Rapat Paripurna DPRD Musi Rawas yang dilaksanakan dalam ruang sidang paripurna DPRD Musi Rawas Kecamatan Muara Beliti.

Rapat Paripurna tersebut dibuka Ketua DPRD Musi Rawas Azandri yang didampingi Waka I Firdaus Cik Ola dan Waka II Hendra Kusuma dengan mengangkat tema Mewujudkan Musi Rawas yang Maju, Mandiri dan Bermartabat (Mantab).

“Saya mewakili masyarakat Kabupaten Musi Rawas menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan selamat datang kepada Bapak Gubernur di Musi Rawas,” ucapnya.

Azandri mengatakan, Kabupaten Musi Rawas telah melahirkan dua wilayah yakni Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). Dari pemekaran tersebut, Kabuapten Musi Rawas mengalami banyak perubahan terutama letak pusat kota yang awalnya di Kota Lubuklinggau kini berpindah di Kecamatan Muara Beliti.

“Di hari jadi Kabupaten Musi Rawas ini, mari kita bersama-sama terus melakukan pembangunan dan peningkatan hingga mencapai keberhasilan baik fisik maupun nonfisik, guna mewujudkan Musi Rawas MANTAB, ” tutur Azandri.

Gubernur Sumsel H Herman Deru (kiri) dan Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud (kanan) saat memberikan kata sambutan di rapat paripurna Dprd Musi Rawas dalam HUT Mura ke 78

Sementara Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud mengawali sambutannya, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Gubernur Sumsel H Herman Deru di Bumi Lan Serasan Sekentenan. Dia juga menyampaikan terimakasih atas kehadiran tamu undangan yang menghadiri kegiatan tersebut walau dalam suasana Pandemi Covid-19 tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Bertepatan dengan HUT Kabupaten Mura ke-78, mari jadikan kegiatan ini untuk melakukan perbaikan dan berkarya, tidak hanya sebatas kegiatan seremonial sehingga apa yang menjadi tujuan bersama untuk mewujudkan Musi Rawas Mantab dapat tercapai,” katanya.

Bupati menguraikan, untuk mewujudkan konsep pembangunan dengan visi terwujudnya Musi Rawas MANTAB, terdapat empat misi yang akan dilaksanakan guna menunjang visi tersebut.

Baca Juga :  Selamat.., Kota Lubuklinggau Raih WTP Kedelapan

“Pertama mewujudkan birokrasi yang profesional berbasis teknologi informasi, kedua membangun sumberdaya manusia yang berkualitas, ketiga, pemerataan infrastruktur berwawasan lingkungan dan keempat memperkuat ketahanan ekonomi dan sosial,” paparnya.

Selain empat misi tersebut, jelasnya, ada sembilan prioritas pembangunan yang akan dijalani, pertama pendidikan gratis dilengkapi dengan fasilitas seragam sekolah. Kedua, kesehatan gratis dilengkapi dengan unit ambulan tiap desa, ketiga peningkatan kualitas SDM dengan pemberian beasiswa bagi yang berprestasi,

Kemudian keempat mengembangkan pondok pesantren dan pondok tahfidz melalui pemberian bantuan keuangan. Kelima, peningkatan infrastruktur dasar, keenam revitalisasi pertanian untuk mengembalikan Musi Rawas sebagai lumbung pangan, keenam stimulus pengembangan UMKM, ketujuh layanan birokrasi berbasis teknologi dan terakhir, kesembilan bantuan amal kematian.

“Program ini tidak bisa dilakukan sendiri, namun butuh bantuan dan support dari semua pihak terutama Provinsi Sumsel, maka dari itu bantuan ini sangat kami harapkan,” tutur mantan Kepala PDAM Tirta Bukit Sulap Kota Lubuklinggau ini.

Foto bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru didanpingi Ketua TP PKK Provinsi Sumsel dan Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud didampingi Ketua TP PKK Musi Rawas

Sementara, Gubernur Sumsel, H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Musi Rawas sangat luar biasa, setelah mengalami pemekaran wilayah, namun daerah yang berslogan Bumi Lan Serasan Sekentenan ini tetap maju dan berkembang.

Dibawah kepemimpinan Dua Srikandi yang merupakan satu-satunya pasangan perempuan di Sumsel sebagai Bupati dan Wakil Bupati, menjadi sebuah catatan sejarah dimana semangat dan kekompakan keduanya patut didukung oleh semua pihak utamanya unsur legislatif sebagai mitra bagi eksekutif dalam mempercepat pemerataan pembangunan di Kabupaten Mura.

“Musi Rawas ini pertama kalinya dipimpin Dua Srikandi, semoga dalam menjalankan tugas tetap kompak sehingga cita-cita untuk menuntaskan visi misinya dapat tercapai,” kata Herman Deru (HD)

Baca Juga :  Kukuhkan PAUD Kecamatan TPK, Bupati Ingatkan Protokol Kesehatan Covid-19

Mendengar 9 program prioritas yang akan dilaksanakan Kabupaten Mura, gubernur mengapresiasi dan menyarankan pelaksanaannya dapat direncanakan secara matang sehingga dapat efektif dan tepat sasaran.

Pada kesempatan itu, gubernur mengungkapkan, akan memenuhi permintaan Bupati Musi Rawas terkait tersedianya pasar dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Musi Rawas. Dimana pembangunannya nanti berada di pusat ibukota kabupaten yakni Kecamatan Muara Beliti.

“Dalam waktu dekat akan kita hibahkan lahan untuk pembangunan pasar. Begitu juga dengan pembangunan rumah sakit. Standarnya setiap kabupaten/kota harus ada rumah sakit minimal tipe B, sebagai kado tahun ke 78 Kabuapaten Musi Rawas, tahun ini akan kita bangunkan RSUD yang modern,” ujarnya.

Menyoal kontraksi angka-angka IPM Kabupaten Mura, Herman Deru mengharapkan agar tidak menjadi konsumsi Politik. karena semua negara mengalami dampak dari pandemi Covid.

“Begitu juga isu covid untuk dapat disikapi dengan wajar dan tidak berlebihan dengan tetap menerapkan prokes 3 M. Berpikir tidak ego sektoral demi kelanjutan proses pembangunan dengan tetap berjaga-jaga,” ucap Herman Deru.

Dia juga menyebut untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat dibutuhkan kerjasama semua pihak. Berbagai upaya dilakukan pemprov dalam mempercepat tercapainya kesejahteraan rakyat.

“Sekarang ini harga karet tidak lagi jadi masalah. Namun kenaikan harga karet ini juga harus diijuti dengan peningkatan kualitas. Naik harga juga dampak dari pandemi corona. Karena negara tetangga sempat menerapkan lockdown. Pemenuhan pasar karet luar negeri dipasok Indonesia. Dinas Perkebunan Mura juga hendaknya koordinasi dengan provinsi untuk peningkatan mutu bongkar getah beku karet,” harapnya.

Diakhir sambutannya Gubernur mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Mura ke 78 Tahun 2021.

“Dirgahayu kabupaten Mura ke 78. Semoga Muari Rawas, Maju, Mandiri dan Bermartabat. Mura Mantap,” tandas Deru. Adv

Editor : J Silitonga

Share :

Baca Juga

Advertorial

Menteri Perdagangan RI Resmikan Unit Metrologi Legal Kabupaten Musi Rawas

Advertorial

Wabup Musi Rawas Serahkan Bantuan Penanganan Covid-19 dari BIN untuk 10 Ponpes di Musi Rawas

Advertorial

Lubuklinggau Raih Penghargaan Kota Layak Anak Predikat Pratama

Advertorial

Bupati Musi Rawas Resmikan Bendungan Sukaraya

Advertorial

Pengambilan Sumpah dan Janji PAW 4 Anggota DPRD Lahat

Advertorial

Danau Gegas Akan Menjadi Destinasi Wisata Nasional

Advertorial

Rapat Paripurna DPRD Musi Rawas Sukses Digelar

Advertorial

40 Anggota DPRD Lahat Resmi Dilantik